Update Harga Penapis Air Coway Water Filter dan Cara Perawatannya

Air kotor tentunya dapat membahayakan kesehatan pemakainya, apalagi jika dikonsumsi anggota keluarga. Untuk kebutuhan rumah tangga, saat ini tersedia beberapa brand ternama yang meluncurkan produk penapis dan penyaring air (water filter). Salah satu merk populer di pasaran adalah Coway yang tersedia dalam berbagai seri dengan harga yang memang dapat dikatakan cukup mahal.

Ilustrasi: air mineral (pexels: Lisa)
Ilustrasi: air mineral (pexels: Lisa)

air bersih telah tercantum jelas dalam Peraturan Menteri Kesehatan tahun 1975 tentang Syarat-syarat dan Pengawasan Kualitas Air Minum. Syarat fisika diwujudkan dalam bentuk kekeruhan, bau, warna, dan rasa, sedangkan syarat kimia yakni kemungkinan adanya kimia yang terkandung di dalamnya. Ada tiga cara menjernihkan air kotor yang bisa dipakai. Berikut langkah-langkah yang biasa dilakukan agar air lebih jernih.

Bacaan Lainnya

Proses Penjernihan Air

  • Secara kimia: proses penjernihan air dilakukan memakai tawas dan kaporit.
  • Secara fisik: proses penjernihan air dengan memakai aneka ragam sebagai penyaring.
  • Teknik kombinasi: gabungan cara kimia dan fisik.

Pada praktiknya, jarang sekali orang yang memakai cara kimia saja untuk menjernihkan air kotor. Sebagian orang rupanya juga memakai teknik kombinasi untuk menjernihkan air karena cara tersebut dinilai lebih efektif.[1] Nah, apabila Anda membutuhkan water filter untuk air minum di rumah, maka tak ada salahnya membeli produk dispenser dengan water filter dari Coway.

Sekilas Tentang Coway

PT Coway International Indonesia adalah perusahaan yang baru melakukan ekspansi dan membuka cabang di Jakarta pada tahun 2019. Sebelumnya, perusahaan ini sudah berkembang di negara lain seperti Korea Selatan, Malaysia, dan Singapura sejak tahun 1989. Perusahaan tersebut diketahui bergerak di bidang produksi alat-alat kesehatan seperti pemurni air (water filter) dan pemurni udara (air purifier). Jaringan Internasional Coway telah berhasil menjangkau 5 benua dengan anak perusahaan global dan dealer regional yang melayani lebih dari 40 negara, termasuk Indonesia.

Layanan Coway Lady (CODY) akan memaksimalkan gaya hidup pelanggan Coway menjadi lebih baik. CODY adalah staf layanan terlatih yang akan mengunjungi tempat pelanggan setiap 2 bulan dan memeriksa produk, membersihkan dan mengganti filter, dan pencegahan masalah lainnya. Servis Coway sudah menjangkau seluruh wilayah dan berekspansi ke Kota serta Bandung.

Penapis air Coway (sumber: kenyabtsarmy.com)

Untuk produk penapis air atau water filter, Coway memiliki beberapa varian dengan keunggulan teknologinya masing-masing. Water purifier Coway yang terfavorit di pasaran yakni seri OMBAK (CHP-7310R) dan CORE (CHP-671R), diklaim bekerja hingga 4 kali penyaringan. Coway juga memberikan program free trial yang dapat memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mencoba produk water purifier ini. Untuk mengikuti program free trial ini, masyarakat dapat mengunjungi higienisme.coway.id dan mengisi data diri.

Layanan Service Water Filter Coway

  • Layanan perawatan sterilisasi tangki dan saluran air.
  • Layanan pencucian tangki.
  • Penggantian filter.
  • Pemeriksaan keran air.
  • Pembersihan bagian luar.

Menurut review di internet, produk Coway CHP-264L Neo Plus terbilang menawarkan fitur lengkap untuk membantu proses pemurnian air. Berbagai fitur dan yang terdapat pada Coway CHP-264L Neo Plus, yakni Filter Neo-Sense, RO Membrane (Reverse Osmosis), Plus Inno-Sense, hingga Filter antibakteri. Meskipun memiliki ukuran paling ringkas, tetapi water purifier ini tetap memiliki semua fungsi penting, yaitu dapat memberikan tiga suhu air sesuai kebutuhan yakni panas, dingin, dan normal. Lalu, berapa kisaran harga penapis air Coway saat ini?

Harga Penapis Air Coway Water Filter

Varian Penapis Air Coway Harga
Coway CHP-264L Neo Plus Rp8.819.000
Coway Cinnamon P-6320R Rp10.800.000
Coway Core CHP-671R Rp14.500.000
Coway CHP-18AR Villaem II Rp14.620.000
Coway CHP-7310R Ombak Rp20.150.000

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga penapis air Coway water filter di pasaran saat ini cenderung naik. Misalnya, Coway CHP-264L Neo Plus yang semula dijual seharga Rp8,75 juta, sekarang menjadi Rp8,81 jutaan per unit. Begitu pula harga Coway CHP-18AR Villaem II yang naik dari Rp12,1 juta menjadi Rp14,6 jutaan per unit.

Penapis Air Coway Water Filter (youtube: Coway Indonesia)

Informasi harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet. Harga tersebut dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak produsen. Meski tidak semua produk tersedia, sejumlah marketplace seperti Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak juga menawarkan beberapa seri Coway Water Filter dengan harga bersaing.

Anda dapat menghubungi Coway International Indonesia untuk mengetahui produk water filter terbaru. Tak hanya produk terbaru, Anda juga berkesempatan memperoleh cicilan 36 bulan 0%. Paket yang ditawarkan tersebut sudah termasuk semua biaya instalasi, perawatan, sanitasi, penggantian filter, dan layanan purna jual selama 36 bulan. Untuk info lebih lanjut, tak ada salahnya datang ke kantor pusat yang berlokasi di Sequis Tower, Lantai 17, Jalan Jenderal Sudirman Kav. 71, Jakarta Selatan, atau menghubungi nomor (+62) 21 5086 0409.

Cara Merawat Penapis Air Coway Water Filter

  • Rutin ganti filter Coway. Sebagai penyaring air minum, komponen utama pada water purifier adalah filternya, sehingga disarankan mengganti filter setidaknya setiap 6 bulan sekali.
  • Periksa selang saluran air. Apabila selang saluran Coway mulai kotor atau rusak, segeralah ganti dengan yang baru.
  • Pastikan daya listrik stabil. Agar mesin water purifier Coway tidak mudah rusak dan awet, pastikan daya listrik di rumah sesuai dengan daya listrik yang dibutuhkan water purifier.
  • Periksa kondisi air. Supaya filter Coway berfungsi dengan baik, pastikan Anda mengecek kondisi air yang digunakan. Apalagi, kalau sumber air diambil dari sumur, mengingat kondisi air sumur yang berbeda-beda pastinya berpengaruh dengan waktu penggantian filter.

Peranti Coway yang digunakan sebagai penyaring air minum harus dirawat secara berkala agar tetap bekerja dengan baik. Perawatan harus rajin, jika tidak, akan membuat air yang dihasilkan tidak sehat karena sistem penyaringan yang tidak bekerja dengan baik.

[1] Untung, Onny. 1996. Menjernihkan Air Kotor. Jakarta: Puspa Swara, hlm 2.

Pos terkait