Info Lengkap Harga Pempek Legendaris Pak Raden di Jakarta

Pempek merupakan salah satu kuliner yang populer di Indonesia. Saat menyebut pempek, pasti Anda akan langsung teringat Kota Palembang, pasalnya makanan yang satu ini memang berasal dari kota dengan julukan Bumi tersebut. Namun, saat ini Anda tak perlu jauh-jauh pergi ke Palembang karena dapat langsung membelinya di outlet pempek terdekat. Khusus di daerah Jakarta, terdapat outlet pempek legendaris yang banyak dikunjungi masyarakat yakni Pempek Pak Raden. Selain menghadirkan banyak varian pempek, jualnya juga relatif terjangkau di kantong Anda.

Ilustrasi: Berbagai Varian Pempek (credit: faktualnews)

Ilustrasi: Berbagai Varian Pempek (credit: faktualnews)

Pempek adalah kudapan khas Palembang yang bahan utamanya terdiri dari daging ikan tenggiri cincang dan sagu dengan kuah cuka. Pempek memiliki rasa yang khas yakni asam, manis, dan pedas.[1] Tak hanya ikan tenggiri, saat ini pempek juga banyak dibuat dari daging ikan gabus dan ikan seluang.

Konon, pempek memiliki sejarah yang dari cerita rakyat yang beredar di Palembang. Pempek sendiri berasal dari nama seorang pria keturunan Tionghoa yang biasa dipanggil Apek sekitar tahun 1617. Awalnya, Apek berpikir untuk mengolah hasil tangkapan ikan di Sungai Musi yang begitu melimpah. Apek akhirnya mengolah ikan dan dicampur dengan tepung lalu digoreng dan menjualnya keliling desa. Makanan yang belum ada namanya itu lalu diberi nama pek pek.

Baca juga  Info Terbaru Harga Kecap Bango Semua Varian

Pempek berkembang dan banyak dijajakan di setiap kota. Salah satu penjual pempek yang legendaris di Jakarta bahkan sejak era orde baru yakni Pempek Pak Raden yang didirikan oleh H M Ridwan Rifa’i. Outlet pertamanya berada di Depok, kemudian Pasar Minggu dan Mampang. Tak heran, jika Pempek Pak Raden menjadi yang pertama kali mendapatkan Sertifikat Halal dari MUI.

Usaha turun-temurun ini tidak mengubah cita rasa cuko (cuka kuah pempek) dari dulu hingga sekarang. Bahan baku yang dibuat untuk membuat pempek juga berasal dari Palembang, mulai dari ikan hingga gula merah. Hal tersebut yang membuat pelanggan setia terus bertambah. Selain pempek kapal selam, Pempek Pak Raden juga menyajikan pempek lenjer besar, varian pempek berukuran kecil mulai telur sampai kulit hingga model dan tekwan juga tersedia. Untuk minumannya, ada khas Palembang, yakni es kacang merah.

Baca juga  Info Terbaru Harga Popcorn XXI
Ilustrasi: Pempek Pak Raden Kapal Selam (credit: tripadvisor)

Ilustrasi: Pempek Pak Raden Kapal Selam (credit: tripadvisor)

Daftar Harga Pempek Pak Raden

Menu Makanan Pempek Pak RadenHarga (Rp)
Pempek Lenjer Kecil8.000
Pempek Ada’an8.000
Pempek Tahu8.000
Pempek Keriting8.000
Pempek Pistel8.000
Pempek Kulit8.000
Otak-otak8.000
Srikaya8.000
Kemplang Kecil10.000
Kemplang Bakar Kecil10.000
Pempek Telor Besar10.000
Pempek Lenjer Besar10.000
Pempek Panggang (per porsi isi 3)10.000
Model10.000
Tekwan10.000
Rujak Mie10.000
Pempek Kapal Selam20.000
Lenggang Goreng25.000
Lenggang Panggang25.000
Kemplang Goreng Besar60.000
Kemplang Bakar Besar60.000
Paket Pempek Pak Raden isi 25 pcs120.000
Paket Pempek Pak Raden Kapal Selam isi 5 pcs125.000
Paket Pempek Pak Raden isi 30 pcs150.000
Paket Pempek Pak Raden isi 38 pcs175.000
Paket Pempek Pak Raden isi 40 pcs195.000

Jika penasaran, Anda dapat mengunjungi outlet Pempek Pak Raden dan mencicipi langsung kuliner khas yang satu ini. Apabila enggan bepergian, Anda cukup memesan pempek Pak Raden secara di sejumlah marketplace. Di Tokopedia paket pempek Pak Raden ditawarkan mulai harga Rp120 ribu untuk 25 pcs dan Rp175 ribu untuk 38 pcs. Anda juga dapat memilih varian lainnya sesuai selera.

Ilustrasi: Salah Satu Outlet Pempek Pak Raden di Jakarta (credit: redaksi24)

Ilustrasi: Salah Satu Outlet Pempek Pak Raden di Jakarta (credit: redaksi24)

Harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet pada 2020. Harga pempek Pak Raden tentu dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak penjual. Mengikuti era milenial, Pempek Pak Raden saat ini sudah dapat dipesan secara online melalui aplikasi Go food dan Grab Food. Bahkan di tahun 2016, Pempek Pak Raden mendapatkan penghargaan dari Go-JEK Indonesia untuk kategori Most Enjoyable Quick Bites di tahun 2016.

Baca juga  Update Harga Menu Marche Plaza Senayan Jakarta

Outlet Pempek Pak Raden

Jalan Raya Serpong, Tangerang Selatan
Jalan Raya Pasar Minggu No 28 Jakarta Selatan
Jalan Radio dalam Gandaria
Jalan Bintaro utama blok J3
Jalan Alternatif Cibubur
Jalan RS Fatmawati No 48 Jakarta Selatan
Jalan Meruya Ilir No 40 Jakarta Barat.

[1] Hoesni, Albertin. SQC: Pempek & Variasinya (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2007), hlm. 5

author
Pengamat dinamika harga. Pengelola toko dan counter. Ex-wartawati media lokal.

Leave a reply "Info Lengkap Harga Pempek Legendaris Pak Raden di Jakarta"