Harga Pedal Sepeda BMX (Berbagai Merk dan Tipe)

Seperti namanya, sepeda kayuh, termasuk BMX, tidak akan dapat beroperasi jika tidak memakai pedal. Biasanya sudah terpasang satu set ketika membeli sepeda baru, seiring penggunaan dan faktor usia, pedal juga dapat mengalami kerusakan sehingga fungsinya berkurang. Untung saja saat ini sudah banyak toko yang menjual pedal untuk sepeda dengan harga yang mulai puluhan ribu rupiah.

Ilustras: Seseorang Mengayuh Sepeda BMX (credit: bikechaser)
Ilustras: Seseorang Mengayuh Sepeda BMX (credit: bikechaser)

Sebelum membahas mengenai fungsi pedal, tidak ada salahnya jika kita mengulas sedikit tentang manfaat bersepeda. Seperti diketahui, selain sebagai transportasi, sepeda saat ini juga sering dijadikan media olahraga yang memberikan banyak keuntungan untuk kesehatan. Hanya dengan lima sampai enam menit bersepeda lima atau enam kali dalam seminggu, konon Anda mampu mengurangi berat badan sekitar 11 pon dalam satu tahun, selain juga melatih pernapasan agar organ-organ dapat bekerja secara maksimal.[1]

Bacaan Lainnya

Tidak hanya sepeda konvensional yang mampu menyehatkan tubuh, sepeda statis pun menawarkan manfaat yang serupa. Seperti sepeda, sepeda statis merupakan satu bentuk aktivitas fisik yang tergolong latihan aerobik, yang jika dilakukan secara bertahap dengan pernapasan diafragma, dikatakan dapat meningkatkan VO2 max dan kebugaran penderita asma.[2]

Fungsi dan Jenis Pedal Sepeda

Mirip sepeda motor, sepeda kayuh juga terdiri dari banyak komponen. Seperti sepeda motor pula, salah satu perangkat yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah sepeda kayuh adalah pedal. Tanpa pedal, pesepeda tidak bisa menggerakkan atau menjalankan sepedanya. Selain sebagai tumpuan kaki dan mengayuh, pedal juga bisa mendukung performa bersepeda.

Baca juga  Info Terbaru Harga Ikan Channa di Indonesia

Pedal dapat dibagi menjadi beberapa macam, tergantung jenis sepeda. Pedal yang umum digunakan adalah pedal dengan bahan dasar karet dan plastik. Pedal ini biasanya ada pada hampir semua jenis sepeda, dengan desain yang disesuaikan dengan semua tipe alas kaki (atau tanpa alas kaki). Karena berbahan karet atau plastik, pedal jenis ini cukup nyaman digunakan.

Selain itu, ada juga pedal yang dikhususkan untuk sepeda jenis mountain bike (MTB) dan BMX. Pedal ini biasanya memiliki gigi yang berfungsi mencengkeram alas kaki. Ada pula pedal yang dilengkapi toe clip, yang digunakan untuk mengayuh ke depan maupun ke belakang. Pedal ini sangat cocok digunakan bagi mereka yang sering berhenti di tengah kemacetan.

Sementara itu, dilansir dari situs resmi Rodalink, setidaknya ada empat jenis pedal sepeda. Yang pertama adalah pedal flat, yang berbentuk mendatar dan terdapat paku-paku kecil di permukaannya agar sepatu tidak licin ketika mengayuh sepeda. Pedal ini sifatnya sangat praktis, sehingga sering direkomendasikan untuk para pemula.

Baca juga  Info Terkini Harga Cumi Asin Kering 1kg & Cara Mengolahnya
Ilustrasi: Beberapa Model Pedal Untuk Sepeda BMX (credit: rascalrides)
Ilustrasi: Beberapa Model Pedal Untuk Sepeda BMX (credit: rascalrides)

Jenis yang kedua adalah pedal toe clips, yakni pedal yang memiliki tali dengan strap pengunci di sisi bagian luar pedal, berbentuk seperti perangkap-tikus atau quill, yang berfungsi agar kayuhan lebih maksimal dengan mengikat bagian ujung kaki tetap dalam posisi. Varian ini biasanya digunakan pada sepeda fixie, tetapi sekarang sudah banyak ditinggalkan penggunanya.

Ada pula pedal cleat, yang sering terdapat pada road bike dan MTB. Untuk pedal jenis ini, dibutuhkan sepatu khusus yang pada alasnya memiliki komponen yang dapat menjepit dengan pedal tersebut. Terakhir, pedal folding, yang pada umumnya memiliki bentuk yang hampir sama dengan pedal flat, tetapi bisa dilipat pada pangkalnya, sehingga semakin praktis.

Karena merupakan komponen yang selalu digunakan dalam bersepeda, kondisi pedal juga tidak luput dari kerusakan. Jika pedal dalam kondisi demikian, maka sebaiknya lekas diganti. Pasalnya, jika tidak segera diganti, selain kenyamanan mengayuh sepeda akan terganggu, juga akan membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Untungnya, saat ini sudah tersedia beragam pedal sepeda di pasaran dengan berbagai merk dan variasi harga, yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, keinginan, dan anggaran. Nah, jika kebetulan sepeda milik Anda adalah BMX, berikut kami sajikan informasi terbaru kisaran harga pedal untuk sepeda BMX di pasaran dalam negeri.

Ilustrasi: Kaki di Atas Pedal Sepeda BMX (credit: bikeperfect)
Ilustrasi: Kaki di Atas Pedal Sepeda BMX (credit: bikeperfect)

Harga Pedal Sepeda BMX

Tipe/Merk Pedal Sepeda Harga
Pedal Sepeda BMX 16” Rp20.000
Pedal Sepeda BMX 20” As 1/2” Rp20.000 – Rp40.000
Pacific Pedal Sepeda BMX Rp25.000 – Rp55.000
Magnolia Rp27.500
United 808 Pedal Sepeda BMX Rp30.500
Kyte K990 Rp32.500
Syte K896 Rp40.000
Syte ST M421 Rp80.000
Pedal Sepeda BMX Alloy Rp95.000
Promend M29 Rp100.000
Wellgo C25 Rp106.500
Wellgo M195 Rp127.000
Pacific SP-F443 Rp135.000
GUB GC010 Rp208.000
Wellgo F265 Rp224.900
Rockbros Y Yell Rp259.900
Oval Pedal Bearing Rp275.000
MKS BMX Rp300.000
Strummer PD-EM03 Rp305.000
FWD Pedal Gold Sealed Rp348.000
Litepro QR Light Weight Alloy Red Rp525.000
Suntour XC LTD Rp1..000
Sakae Low Fat MTP-126 Rp1.450.000
Baca juga  Kelebihan dan Update Harga Speaker Kenwood 12 Inch (Baru dan Bekas)

Harga pedal BMX di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online. Biasanya, pedal BMX juga dapat digunakan untuk sepeda MTB. Perlu Anda catat bahwa harga pedal sepeda tersebut tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga di masing-masing tempat bisa saja berbeda meskipun produk yang ditawarkan sama.

[1] Helena, Ina. 2015. Studi Rencana dan Strategi Program Bike to School di Kota Bandung. Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota UNISBA, Vol. 15(1): 10-19.

[2] Alamsyah, A. 2005. Pengaruh Pernafasan Diafragma dengan Latihan Sepeda Statis pada Pasien Asma Persisten Sedang (Tesis). Universitas Indonesia Jakarta.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.