Info Lengkap dan Update Harga Peci Hitam Wadimor

Tak akan lengkap bagi para pria ketika beribadah tanpa menggunakan peci. Selain memproduksi sarung, Wadimor juga terkenal dengan produksi peci dan songkoknya. Peci hitam lokal dari Wadimor tersebut begitu terkenal dengan kualitas bahan dan corak yang dimiliki dibandingkan dengan merek peci lainnya. Harga peci dari Wadimor juga terbilang bervariasi, mulai dari yang murah hingga paling mahal.

Ilustrasi: Anak Laki-Laki Mengenakan Songkok (credit: theculturetrip)
Ilustrasi: Laki-Laki Mengenakan Songkok (credit: theculturetrip)

Peci berasal dari kata Pe (artinya delapan) dan Chi (artinya energi), sehingga peci diartikan sebagai alat penutup bagian tubuh yang dapat memancarkan energinya ke delapan penjuru angin. Penutup kepala khas ini, ada juga yang menyebutnya songkok yang memiliki makna kosong dari mangkok yakni hidup ini seperti mangkok yang kosong, sehingga harus diisi dengan ilmu dan berkah. Sedangkan kata kopiah berasal dari kosong karena dipuah dengan arti kosong karena dibuang.

Bacaan Lainnya

Peci hitam alias songkok menjadi identitas Indonesia sejak lama. Biasanya peci hitam dikenakan oleh para ahli ibadah seperti ustadz, modin, santri, sehingga meninggalkan image sebagai muslim yang baik bagi pemakainya.[1] Namun, peci hitam telah masuk dalam fashion muslim yang saat ini kerap dipakai. Terlebih, ragam detail juga ditambahkan melengkapi tampilan peci hitam.

Produk peci dari Wadimor ternyata juga eksis di pasaran internasional. Tak heran, jika beberapa wisatawan Asia kerap menjadikannya sebagai oleh-oleh khas Indonesia. Bahkan, produk Wadimor telah banyak diekspor ke beberapa negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, Dubai, Yaman, Afghanistan, Brunei, Thailand, Somalia, Djibouti, Sudan, dan sebagian Myanmar. Peci hitam Wadimor diproduksi oleh PT Sukorejo Indah Textile (Sukorintex) yang memakai benang impor demi menjaga kualitas peci.

Sukorintex tercatat memiliki tenaga kerja sebanyak 3.074 orang dengan komposisi 1.810 orang laki-laki dan 1.264 perempuan. Dari jumlah tersebut, 85% di antaranya merupakan masyarakat Kecamatan Kandeman, Jawa Tengah yang berada di sekitar lokasi pabrik. Bekerja sama dengan para desainer andal, tenaga ahli mesin tenun, karyawan yang sangat berpengalaman, dan ditunjang mesin berteknologi canggih brand yang tumbuh melalui tagline “Wadimor Sarung Kita” terus melejit di pasaran. Nah, sebagai gambaran, berikut kami rangkum harga peci hitam Wadimor pada tahun 2021 dan 2022.

Peci Hitam Wadimor (credit: Tokopedia)

Daftar Harga Peci Hitam Wadimor

Varian Peci Hitam Wadimor Harga Sebelumnya (Rp) Harga Sekarang
Peci Polos Hitam Wadimor 45.000 50.890
Peci Songkok Kopiah Wadimor Non AC 50.000 52.700
Peci Wadimor Bordir Songkok Nasional 65.000 68.000
Wadimor Songkok Bordir Kopiah Peci Original 70.000 75.000
Peci Wadimor khusus size 8-9 Bordir 65.000 78.999
Peci Wadimor Eksklusif AC 75.000 88.200
Wadimor Songkok Peci Exclusive Ori Hitam Premium 475.000 475.000
Wadimor Songkok Peci Bordir Premium Exclusive 550.000 550.000

Jika dibandingkan dengan tahun 2020, harga peci hitam Wadimor tahun 2021 dan 2022 mengalami perubahan. Sebagai contoh, peci polos hitam Wadimor yang dibanderol Rp44.500 tahun 2020, sedikit naik menjadi Rp45.000 tahun 2021, naik lagi menjadi Rp50.890 tahun 2022.

Ada juga produk songkok yang harganya relatif stabil dari tahun sebelumnya. Harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet. Anda dapat membeli produk peci atau songkok Wadimor di berbagai pusat perbelanjaan dengan harga bersaing. Apabila kesulitan, Anda juga lebih mudah memesan peci Wadimor di sejumlah situs online. Ada baiknya Anda meneliti produk sebelum membeli menghindari barang tiruan yang berkualitas buruk.

Ilustrasi : Pria Menggunakan Peci (sumber: osirisguide.com)

Tips Membeli Peci Hitam Wadimor

Periksa Ukuran Peci Hitam Wadimor

Anda perlu memeriksa ukuran peci yang akan dibeli kemudian menyesuaikannya dengan ukuran lingkar kepala. Setiap ukuran memiliki lingkar kepala yang berbeda. Namun, ada beberapa produk yang memiliki ukuran all size sehingga Anda perlu mengetahui detail ukurannya. Ukuran peci yang pas akan menambah kenyamanan Anda saat memakainya.

Perhatikan motif dan detail Peci Hitam Wadimor

Detail pada peci memiliki beragam bentuk, seperti motif, bordir, jaring, dan lainnya. Setiap detail tersebut memberikan manfaat yang berbeda pula menambah penampilan Anda. Jika Anda ingin penampilan lebih classy, maka peci hitam Wadimor dengan detail bordir akan cocok dipilih.

Peci hitam Wadimor umumnya memiliki model songkok yang begitu populer bagi masyarakat. Di Indonesia, songkok hitam polos biasa digunakan acara resmi, seperti upacara nasional, pemakaman, pengajian, akad nikah, dan lainnya. Peci hitam Wadimor akan menambah kesan maskulin pada penampilan Anda.

[Update: Almas]

[1] Martha, Sukendra. 2009. Haji Tamatu: Haji Tangi Mangan Turu. Tangerang: Pustaka Alvabet, hlm. 9.

Pos terkait