Kelebihan dan Harga Pasir Lumajang 1 Truck

No comment5419 views

Selain batu, semen, dan kapur, pasir menjadi salah satu bahan penting dalam konstruksi bangunan. Material ini secara umum dipakai untuk merekatkan semen, serta dapat dipakai sebagai campuran membuat batako dan batu bata. Nah, untuk mengurangi biaya pembelian semen, salah satu pasir yang kerap diincar konsumen dan kontraktor adalah pasir Lumajang. Biasanya dijual per bak truk, harganya berkisar jutaan rupiah.

Seperti diketahui, dalam membuat sebuah bangunan, entah itu rumah atau gedung bertingkat, kita tentu membutuhkan bahan-bahan khusus. Setidaknya ada pondasi yang penting, bertugas untuk mendukung berdirinya bangunan di atas lokasi tanah yang dikehendaki. Komponen-kompon tersebut antara lain semen, kapur, pasir, air, dan beton.

Harga Pasir Lumajang - goeastjava.net

Harga Pasir Lumajang - goeastjava.net

Untuk semen, ini adalah suatu bahan perekat hidrolis berupa serbuk halus yang dapat mengeras apabila tercampur dengan air. Sementara, kapur sering dikenal sebagai bahan ikat dalam pembuatan tembok dan pilar, serta sudah digunakan sejak zaman kuno. Kemudian, air adalah bahan pelarut, sedangkan beton adalah campuran dari pasir, kerikil, batu pecah, atau agregat lain.[1]

Manfaat Pasir untuk Bangunan

Bahan lainnya adalah pasir, yang merupakan contoh material butiran. Butiran pasir ini umumnya berukuran antara 0,0635 sampai 2 mm. Materi pembentuk pasir biasanya adalah silikon dioksida. Namun, di beberapa daerah pantai tropis dan subtropis, material pembentuk pasir umumnya adalah batu kapur.[2]

Baca juga  Info Daftar Harga Pulpen Faster Eceran dan Pack

Ada beberapa jenis pasir yang sering digunakan. Pasir urug kerap dipakai untuk menambah level lantai, sebagai landasan kerja, dan juga urug pondasi. Kemudian, ada pasir pasang yang kerap digunakan untuk memasang bata dan plester, pasir putih Bangka yang kerap digunakan sebagai campuran beton dengan kekuatan tinggi, pasir beton, hingga pasir batu atau sirtu.

Sebagai bahan yang sangat penting dalam suatu bangunan, pasir memiliki banyak manfaat, antara lain:

  • Pasir berguna untuk melekatkan batu bata yang satu dengan batu bata yang lain. Seperti yang diketahui, untuk melekatkan dua batu bata, kita memerlukan spesi, dan dalam campuran spesi tersebut terdapat dua komponen penting, yakni pasir dan juga semen.
  • Pasir berguna untuk membuat beton atau concrete, yang dicampur dengan batu dan semen.
  • Pasir berfungsi untuk melapisi dinding batu bata saat kita akan membuat plester (atau pelur dalam bahasa Jawa). Dalam campuran plester ini, kita juga memerlukan pasir dan semen sebagai bahan utamanya.
  • Pasir juga dapat dipakai untuk memasang lantai keramik. Pertama, campuran pasir dan semen sebagai bahan utamanya diletakkan pada dasarnya, lalu keramik digunakan sebagai penutupnya.
  • Jika Anda kebetulan tidak menggunakan bata merah, melainkan batako sebagai bahan utama dinding rumah, maka Anda memerlukan pasir untuk membuat material ini.
  • Pasir merupakan salah satu bahan dalam pembuatan kaca dan keramik.
  • Pasir dibutuhkan dalam proses pengerasan jalan. Baik itu menggunakan beton, paving, ataupun aspal, proses pengerasan jalan pasti membutuhkan pasir.
Baca juga  Kegunaan dan Harga PVC Foam Board per Lembar (Berbagai Ukuran)

Kelebihan Pasir Lumajang

Dari sekian banyak pasir yang sudah beredar, pasir Lumajang agaknya memiliki nilai plus tersendiri di kalangan kontraktor dan . Pasalnya, pasir ini diklaim mengandung besi (Fe) yang tinggi sehingga dapat membuat beton lebih kokoh dibandingkan dengan beton yang terbuat dari pasir asal wilayah lain. Pasir asal Lumajang ini menjadi incaran pengusaha lokal maupun internasional. Bahkan, sejumlah proyek bangunan di Jawa Timur menetapkan pasir Lumajang sebagai spesifikasi bangunan.

Menurut situs Pemerintah Kabupaten Lumajang, daerahnya memiliki potensi cadangan pasir besi paling luas di Indonesia. Area pasir yang mengandung zat besi itu dikatakan bisa mencapai 60 ribu hektare. Rata-rata kadar besinya antara 30 hingga 40 persen. Area tambang pasir besi membentang luas dan memanjang di pantai selatan, yang merupakan muntahan dari Gunung Semeru.

Menurut sebuah penelitian, dari pengujian kuat tekan beton pada Faktor Air Semen (FAS) 0,5 umur 28 hari, diperoleh hasil kuat tekan beton optimal pada material pasir Lumajang sebesar 411,499 kg/cm2. Sementara, hasil kuat beton optimal pada material pasir Gunung Merapi dengan konsentrasi yang sama, sebesar 389,351 kg/cm2.[3]

Baca juga  Info Terbaru Harga Linggis (Kecil, Sedang, Besar)

Karena menjadi incaran banyak perusahaan dan kontraktor, harga pasir Lumajang memang tergolong tinggi. Saat ditambang di Lumajang, pasir ini dijual dengan harga Rp300 ribu hingga Rp400 ribu per satu truk pasir. Namun, ketika dikirimkan ke daerah Surabaya misalnya, harganya bisa naik menjadi hingga Rp2,2 jutaan per satu truk pasir. Berikut kisaran harga pasir Lumajang di pasaran.

Pasir Lumajang 1 Truck - jayawan.com

Pasir Lumajang 1 Truck - jayawan.com

Harga Pasir Lumajang

KawasanHarga
LumajangRp400.000 – Rp750.000 per bak truk
MalangRp1.200.000 – Rp1.600.000 per bak truk
SidoarjoRp1.800.000 per bak truk
SurabayaRp1.750.000 – Rp2.200.000 per bak truk
Rp5.699.000 – Rp13.500.000 per dump truck

Harga pasir Lumajang di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah supplier dan situs jual beli online. Perlu diketahui bahwa harga pasir Lumajang tersebut tidak mengikat dan dapat berbeda-beda di masing-masing wilayah. Untuk informasi, satu bak truk pasir berkapasitas sekitar 6 sampai 7 m3, sedangkan kapasitas bak dump truck berkisar 25 m3.

[1]Tanubrata, Maksum. 2015. Bahan-Bahan Konstruksi dalam Teknik Sipil. Jurnal Teknik Sipil Vol. 11(2): 76-168.

[2] Ibid.

[3]Pertiwi, Dewi dkk.2011. Perbandingan Penggunaan Pasir Lumajang dengan Pasir Gunung Merapi terhadap Kuat Tekan Beton. Jurnal Aplikasi (Media Informasi & Komunikasi Aplikasi Teknik Sipil Terkini) Vol. 9(2): 13-22.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Kelebihan dan Harga Pasir Lumajang 1 Truck"