Info Terbaru Harga Parutan/Kukur Kelapa Manual (Tradisional) di Pasaran

Parutan/kukur kelapa manual (sumber: shopee)
Parutan/kukur kelapa manual (sumber: shopee)

Kukur kelapa banyak digunakan oleh masyarakat. Bahkan di daerah pedesaan belum tampak adanya peralatan khusus yang akan menggantikan peralatan tersebut sebagai alat parut kelapa. Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika alat ini banyak ditemukan dijual di pasar-pasar. Harga parutan kelapa tradisional ini juga lebih terjangkau dibanding kukur kelapa modern.

Macam parutan atau kukur kelapa saat ini ada banyak. Ada yang terbuat dari bahan kayu atau logam seperti besi dan stainless steel. Karena besi termasuk bahan logam yang mudah berkarat, parutan kelapa kini lebih banyak yang menggunakan material stainless steel yang dikenal lebih tahan karat. Desain parutan kelapa umumnya berupa sebuah papan kayu atau stainless steel yang memiliki permukaan tajam dan berlubang-lubang.

Bacaan Lainnya

Cara menggunakan parutan kelapa manual tersebut dengan cara diberdirikan lalu kelapanya digosokkan ke permukaan parutan yang kasar. Selain parutan model berdiri, ada juga parutan/kukur kelapa manual duduk model putar. Desain parutan kelapa manual satu ini sudah agak modern. Meskipun masih memakai bahan kayu, Anda hanya tinggal memutar tuas pemutar yang ada di parutan tersebut sembari mendorong kelapa ke parutan. Proses pemarutan kelapa pun menjadi lebih cepat dan memungkinkan Anda memarut lebih banyak kelapa.

Nah, hasil parutan kelapa tersebut selain digunakan untuk memasak, biasanya juga untuk diperas hingga menghasilkan santan asli dan segar langsung dari buah kelapa. Santan yang diperas dari parutan kelapa asli memiliki aroma dan rasa yang lebih lezat dibandingkan santan instan. Dengan alasan ini, tak heran jika banyak orang membutuhkan kukur kelapa.

Selain itu, beberapa orang menjual kelapa parut dan menjadikannya sebagai bisnis. Kelapa parut yang dipasarkan sendiri ada dua macam, yakni kelapa parut basah dan kering. Kelapa parut basah biasanya dijadikan untuk santan, sementara kelapa kering lebih umum dijadikan sebagai bahan campuran membuat kue. Perkembangan harga kelapa parut seperti ini jauh lebih tinggi dibanding produk-produk olahan kelapa lainnya, bahkan bisa dua kali lipat dari minyak kelapa.[1]

Meskipun sepintas mungkin terlihat mudah dan sederhana, memarut kelapa juga perlu teknik agar santan kelapa yang dihasilkan kualitasnya lebih baik dan banyak. Berikut ini tips dalam memarut kelapa seperti dilansir dari Grid.id.

Memarut Kelapa (sumber: shutterstock)

Cara Memarut Kelapa

  1. Siapkan baskom, alat parut/kukur kelapa, kain saringan, dan kelapa utuh yang sudah dipotong.
  2. Mulailah memarut kelapa. Dalam memarut kelapa, pastikan arah parutan bergerak memotong serat kelapa. Apabila memarut dengan mengikuti serat kelapa, maka santan yang dihasilkan akan lebih sedikit.
  3. Parut kelapa dengan gerakan dari atas ke bawah.
  4. Setelah kelapa sudah terparut halus, pindahkan ke kain penyaring.
  5. Tambahkan matang pada hasil parutan kelapa.
  6. Kemudian mulailah memeras santan kelapa.

Perasan pertama parutan kelapa itu disebut sebagai santan kental. Untuk berikutnya, hasil parutan kelapa bisa diperas lagi dengan menambahkan matang. Akan tetapi, hasil santan dari perasan parutan kelapa kedua dan seterusnya akan memiliki tekstur yang lebih cair dari perasan pertama. Anda bisa menggunakannya sesuai kebutuhan.

Sebagai informasi, harga parutan atau kukur kelapa manual di pasaran cukup murah, hanya berkisar beberapa ribu hingga puluhan ribu rupiah, tergantung jenis dan bahannya. Berikut ini informasi harga parutan/kukur kelapa manual di pasaran mulai dari yang termurah hingga yang paling mahal.

Parutan Kelapa Manual (credit: Tokopedia)

Harga Parutan Kelapa Manual

Varian Parutan Kelapa Harga
Parutan Kelapa Tradisional Rp5.000
Parutan Kelapa Stainless Steel Rp9.900
Parutan 4 Sisi Rp9.859
Parutan Kelapa Galvanis Rp10.000
Alat Parut / Parutan Kelapa Manual Kayu Jati Model Putar Rp20.000
Alat Parut Kelapa – Kukur Kelapa Manual Tradisional 2 In 1 Kayu Rp35.000

Informasi harga parutan/kukur kelapa manual di atas dirangkum dari berbagai sumber. Jika dibandingkan dengan tahun 2020, harga parutan kelapa manual tahun 2021 hingga 2022 mengalami perubahan.

Sebagai contoh, parutan kelapa stainless steel yang dijual dengan harga Rp7.500 tahun 2020, sedikit naik menjadi Rp7.900 tahun 2021, naik lagi menjadi Rp9.900 tahun 2022.Selain itu, harga parutan kelapa manual yang berlaku di setiap tempat juga bisa berbeda-beda, tergantung dari atau penawaran pihak penjual.

Bagi Anda yang ingin mencari parutan/kukur kelapa manual, bisa mencarinya di toko perkakas atau peralatan rumah tangga terdekat. Namun jika kesulitan untuk menemukan parutan kelapa manual yang sesuai dengan keinginan, Anda juga bisa membelinya secara online di e-commerce terkemuka.

[Update: Almas]

[1] Bahtiar, Arif, Trisna Insan Noor, H. Budi Setia. 2020. Keragaan Agroindustri Kelapa Parut Kering (Desiccated Coconut) ( Kasus pada Agroindustri Kelapa Parut Kering di Desa Cidadali Kecamatan Cikalong Kabupaten Tasikmalaya). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, Vol. 7(1): 182-190.

Pos terkait