Harga Parkit Rosella per Ekor dan Sepasang

Anda mungkin sudah pernah mendengar tentang burung parkit. Ini adalah salah satu burung yang menjadi idola banyak orang. Bukan cuma warnanya yang cantik, parkit ternyata juga dapat mengeluarkan kicau yang cukup merdu. Hadir dalam berbagai jenis, seperti parkit rosella dan parkit Australia, harga burung tersebut ternyata dapat menyentuh angka jutaan rupiah per ekor.

Parkit Rosella (sumber: baltana.com)
Parkit Rosella (sumber: baltana.com)

Burung dapat dikatakan sebagai salah satu hewan yang paling sering ditemui. Pasalnya, bangsa burung punya kemampuan berkembang biak yang sangat cepat karena mampu beradaptasi pada lingkungan yang dihuninya.[1] Tidak mengherankan jika ditemukan lebih dari 8 ribu spesies burung yang hidup di seluruh belahan dunia dengan beragam habitat.

Bacaan Lainnya

Dari sekian banyak jenis burung yang dapat ditemukan, parkit adalah salah satu spesies paruh melengkung yang paling akrab dan dikenal banyak orang. Tidak hanya suara kicauannya yang merdu, parkit juga dapat dilatih agar bisa berbicara karena burung ini masih termasuk spesies beo, dan menjadi burung pintar di dalam spesies tersebut.[2]

Parkit terdiri dari sekitar 115 spesies burung yang merupakan burung beo pemakan biji dengan ukuran kecil, tubuh ramping, dan ekor yang panjang dan meruncing. Budgerigar Australia, juga dikenal sebagai “budgie”, Melopsittacus undulatus, mungkin merupakan parkit yang paling umum. Ini pertama kali dijelaskan oleh ahli zoologi pada tahun 1891, menjadi spesies parkit paling populer yang dipelihara sebagai hewan peliharaan di Amerika Utara dan Eropa.

Baca juga  Info Terbaru Harga Cajon Elektrik di Pasaran

Ciri Parkit Rosella

Seperti disinggung di atas, ada banyak jenis parkit yang sudah ditemukan dan salah satu yang menjadi favorit sejumlah penggemar burung di Indonesia adalah parkir rosella. Juga dikenal dengan nama Eastern rosella (Platycercus eximius), ini adalah rosella asli Australia bagian tenggara dan Tasmania. Burung itu juga telah diperkenalkan ke Selandia Baru, dengan populasi liar ditemukan di Pulau Utara (terutama di bagian utara pulau, Taranaki, Waikato, dan di Lembah Hutt) dan di perbukitan sekitar Dunedin di Pulau Selatan.

Secara umum, parkit rosella memiliki panjang tubuh 30 cm (12 inch). Kepalanya rata-rata berwarna merah, sedangkan bagian pipinya berwarna putih. Paruhnya berwarna putih dan iris matanya berwarna cokelat. Dada bagian atas berwarna merah, sedangkan dada bagian bawah berwarna kuning memudar menjadi hijau pucat di atas perut.

Bulu punggung dan bahu varian ini berwarna hitam, dan memiliki tepi kekuningan atau kehijauan, sehingga menimbulkan penampilan bergigi yang sedikit berbeda antara subspesies dan jenis kelamin. Bulu sayap dan ekor sampingnya berwarna kebiruan, sedangkan ekor berwarna hijau tua. Kakinya berwarna abu-abu. Parkit rosella betina mirip dengan jantan meskipun warnanya lebih kusam dan memiliki garis di bawah sayap, yang tidak ada pada jantan dewasa. Bulu usia remaja lebih kusam daripada betina dan memiliki garis bawah sayap.

Baca juga  Info Terbaru Harga Crayon Faber Castell (Semua Varian)

Berbeda dengan parkit Holland yang sulit untuk beradaptasi, parkit rosella malah lebih mudah untuk beradaptasi, bahkan saat ini sudah banyak yang mampu menangkarnya. Penangkaran atau pengembangbiakan burung parkit rosella hampir sama dengan jenis burung parkit lainnya. Makanan burung ini juga sama dengan parkit lainnya, seperti canary seed, millet, merah, dan lainnya.

Karena burung parkit adalah burung yang suka mengasah paruhnya, sebaiknya sediakan mainan atau kayu yang lunak untuk dijadikan bahan kunyah mereka. Ini bertujuan agar burung tidak memiliki perilaku mencabuti bulunya sendiri. Karakter parkit rosella juga cenderung lebih aktif dari jenis parkit lainnya, dan sangat menyukai mandi. Jadi, apabila ingin beternak burung rosella, sebaiknya beri tempat yang dapat digunakan untuk oleh mereka.

Parkit Rosella (sumber: petkeen.com)
Parkit Rosella (sumber: petkeen.com)

Membedakan Parkit Rosella Jantan dan Betina

Cara membedakan jenis kelamin burung parkit rosella jantan dan betina juga tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Seperti disinggung di atas, bagian kepala parkit rosella jantan pada memiliki warna merah yang sangat cerah, sedangkan untuk betina memiliki warna yang sedikit lebih kusam. Selain warna, bisa juga dengan melihat paruhnya. Parkit rosella jantan memiliki pangkal paruh yang lebih besar dibandingkan parkit betina.

Baca juga  Update Harga Gelasan Joker, Huwi & Black Cat (Semua Tipe)

Karena merupakan burung impor, tidak mengherankan jika harga parkit rosella cukup mahal. Di pasaran dalam negeri, burung tersebut rata-rata dijual dengan harga jutaan rupiah per ekor. Banyak juga yang menawarkan parkit rosella sepasang yang cocok untuk mereka yang bertujuan mengembangbiakkan jenis ini.

Harga Parkit Rosella

Varian Parkit Rosella Harga
Parkit Rosella Green Rp3.250.000 per ekor
Parkit Rosella Green Sepasang Rp5.950.000
Parkit Rosella Red Rp7.500.000 per ekor
Parkit Rosella Red Sepasang Rp8.580.000 – Rp9.800.000
Parkit Rosella Rubino Sepasang Rp7.000.000

Informasi harga parkit rosella di atas kami peroleh dari berbagai sumber, termasuk sejumlah toko burung dan sejumlah situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga burung parkit rosella tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga di masing-masing pedagang bisa saja berbeda.

[1] Turut. Rusli. 2012. Memelihara 42 Burung Ocehan Populer. Jakarta: Penebar Swadaya, hlm. 7.

[2] Setiabudi, Hauwdy, dkk. 2015. Perancangan Buku tentang Keunikan Burung Parkit. Jurnal DKV Adiwarna Universitas Kristen Petra.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *