Update Harga Palu Besi Kecil dan Besar

Palu adalah salah satu alat pertukangan yang tentunya sudah sangat familiar. Fungsi utama alat ini adalah untuk memukul atau memberikan tumbukan pada sebuah benda kerja, termasuk memaku, memperbaiki suatu benda, menempa logam, atau malah menghancurkan suatu objek. Umumnya, palu terbuat dari material besi, yang dikombinasikan dengan kayu atau fiber pada gagangnya. Sudah tersedia dalam berbagai ukuran mulai kecil hingga besar, palu besi dapat Anda beli dengan harga yang relatif terjangkau.

 Palu Besi Berbagai Ukuran (sumber: alibaba.com)
Palu Besi Berbagai Ukuran (sumber: alibaba.com)

Seperti disinggung di atas, palu adalah salah satu alat pertukangan yang sudah sangat familiar dan bahkan bisa dikatakan sebagai alat pokok. Sering pula disebut martil, palu adalah umumnya terbuat dari kayu yang dibentuk bulat setengah jadi regangan, lalu dihaluskan.[1] Sementara, apabila terbuat dari besi baja, logam tersebut akan dibentuk bulat panjang dengan bagian tengah berlubang yang berguna untuk memasukkan gagang kayu yang sudah dibentuk sebagai pegangan palu.[2]

Bacaan Lainnya

Jenis Palu

  • Palu bulat atau palu konde, biasa digunakan untuk pekerjaan besi, untuk memukul center punch. Ciri khas varian ini memiliki bentuk kepala dengan sisi rata (kepala datar), sedangkan sisi lainnya berbentuk bulat (kepala bundar). Bagian kepala datar digunakan untuk memukul paku keling atau material lainnya pada pekerjaan dengan objek besi, sedangkan kepala bundar digunakan untuk membengkokkan papan besi atau material lainnya.
  • Palu muka ganda, sering pula disebut club hammer, model ini sering digunakan untuk pekerjaan konstruksi umum, pekerjaan lembaran logam atau pembongkaran, dan untuk memukul survey nail. Palu muka ganda punya kepala berbentuk datar di salah satu sisi dan sedikit menggelembung di sisi lainnya.
  • Palu muka rata dan gepeng, biasanya dipakai untuk pekerjaan besi, pekerjaan pembongkaran, dan untuk memukul paku. Satu sisi bagian kepalanya berbentuk runcing, cocok untuk pekerjaan memukul paku.
  • Palu cakar atau nail hammer, punya ciri satu sisi bagian kepala memiliki cakar yang digunakan untuk mencabut paku. Palu ini sangat sering digunakan untuk pekerjaan pertukangan.
  • Palu bingkai sementara, merupakan jenis yang kerap digunakan untuk pekerjaan bingkai sementara. Karena bagian kepalanya yang panjang, relatif lebih mudah untuk mencabut paku yang panjang.
  • Palu terak atau chipping hammer, memiliki kepala datar yang berbentuk persegi dan di sisi lainnya memiliki ujung yang runcing. Anda bisa menggunakan bagian yang runcing tersebut untuk membuat retakan pada batu atau balok, dan menghancurkannya dengan sisi yang datar.
  • Palu godam, punya bentuk lebih lebar daripada palu normal dan biasanya dipakai untuk menghancurkan batu seperti pada proyek penggalian.
  • Palu inspeksi atau test hammer, adalah alat yang digunakan untuk memeriksa apakah terdapat retakan dengan cara mendengarkan suara yang dihasilkan pada saat Anda memukul objek.
  • Palu listrik, sering digunakan untuk konstruksi listrik, bagian bawah pegangan alat ini adalah kunci pas soket.
  • Palu pengelasan, diperlukan untuk proses deburring dalam pekerjaan pengelasan. Kepalanya berbentuk titik atau pahat, yang dapat digunakan sesuai fungsinya masing-masing.
Baca juga  Update Harga Unsalted Butter Anchor dan Merk Lainnya

Selain fungsi, palu juga dapat dibedakan berdasarkan bahan pembuatnya. Ada palu karet, palu plastik, palu tembaga, dan palu besi. Dari sekian model tersebut, palu besi merupakan tipe yang paling sering dipakai. Karena itu, tidak sulit mendapatkan peralatan ini di pasaran. Sebagai referensi, berikut kisaran harga palu besi saat ini.

Ilustrasi: Menancapkan Paku dengan Palu Besi (credit: sciencemag.org)
Ilustrasi: Menancapkan Paku dengan Palu Besi (credit: sciencemag.org)

Harga Palu Besi

Merk/Tipe Palu Besi Harga
Palu Besi 8Oz Rp23.100
Palu Besi FRT 100 Rp25.000
Palu Besi Nasa 8Oz Rp30.000
Palu Besi YS 8Oz Rp30.000
Palu Besi Warron 8Oz Rp30.500
Palu Besi 8Oz Gagang Fiber Rp35.000
Palu Besi Werkline 8Oz Rp35.000
Palu Besi 16Oz Gagang Fiber Rp40.440
Palu Besi Ingco HCH80808 Rp45.000
Palu Besi Lippro 16Oz Gagang Fiber Rp47.900
Palu Besi Norgen 8Oz Rp52.000
Palu Besi Camel 8Oz Rp55.000
Palu Besi Sellery 16Oz Rp58.770
Palu Besi Multipro 16Oz Rp63.000
Palu Besi Norgen 16Oz Rp74.000
Palu Besi Toho 16Oz Rp100.000
Palu Besi Krisbow 16Oz Rp125.000
Palu Besi Strauss 16 Oz Rp127.000
Palu Besi Camel 16Oz Rp129.000
Palu Besi Sherlock 16Oz Rp155.000
Palu Besi Tekiro 16Oz with Fibre Rp189.000
Baca juga  Spesifikasi dan Update Harga Stroller Nuna Semua Varian

Harga palu besi di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko peralatan teknik dan sejumlah situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga palu besi tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga palu tahun 2022 mengalami kenaikan. Sebagai contoh, palu besi 8Oz yang dibanderol Rp20.000 tahun 2021, naik menjadi Rp23.100 tahun 2022. Untuk informasi harga model atau brand yang lainnya, Anda dapat menuju toko bahan bangunan atau alat tukang terdekat di daerah Anda.

[Update: Almas]

[1] Setyowati, Titis. 2010. Istilah Alat-Alat Pertukangan Mebel dan Perkembangannya di Desa Sanggrahan Kecamatan Nogosari Kabupaten Boyolali (Suatu Kajian Etnolinguistik) (Skripsi). Jurusan Sastra Daerah Fakultas Sastra dan Seni Rupa Universitas Sebelas Maret Surakarta, hlm. 57.

[2] Ibid.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *