Update Cara Daftar dan Harga Paket Internet ICONNET (Stroomnet)

Perusahaan Listrik Negara (PLN) saat ini ternyata tidak hanya melayani kebutuhan listrik masyarakat. Pada tahun 2019 lalu, perusahaan tersebut juga meluncurkan paket internet yang dikelola oleh anak usaha mereka, PT Indonesia Comnet Plus (ICON+). Melalui merek dagang Stroomnet (ICONNET), harga berlangganan paket ini bisa dikatakan relatif terjangkau dibandingkan nama-nama yang sudah terlebih dahulu eksis.

Ilustrasi: internet ICON+
Ilustrasi: internet ICON+

Saat ini, selain pangan, sandang, dan papan, internet telah menjadi kebutuhan utama bagi banyak orang. Internet merupakan alat atau media yang paling dominan dalam era new media. Awalnya hanya dimanfaatkan untuk berkirim email dan berselancar di dunia maya, kini ia juga digunakan untuk blog, situs jejaring sosial, situs berbagi video, televisi internet, konferensi video, hingga video game.[1]

Bacaan Lainnya

Internet juga tidak lagi mengandalkan kabel telepon, melainkan sudah memakai teknologi Wireless Fidelity (Wi-Fi). Ini adalah media penghantar komunikasi data tanpa kabel yang bisa digunakan untuk komunikasi atau mentransfer dan data dengan kemampuan yang sangat cepat.[2] Laptop generasi sekarang sudah dilengkapi fasilitas Wi-Fi dan area hot spot yang menawarkan Wi-Fi pun semakin banyak.

Dengan kebutuhan masyarakat akan internet yang semakin besar, terutama melalui Wi-Fi, saat ini tidak sulit menemukan provider yang menyediakan layanan internet. Nama-nama yang sudah cukup populer sebut saja IndiHome, First Media, MyRepublic, Biznet Home, MNC Play, hingga CBR. Nah, pada tahun 2019 lalu, pasar kedatangan kompetitor terbaru yang dirilis anak usaha PLN.

Paket Internet ICON+ (ICONNET)

Layanan ini pertama kali diluncurkan untuk masyarakat Indonesia pada tahun 2019 lalu, bertepatan dengan bertajuk ‘Media di Era Digital’. Menggandeng PT Indonesia Comnet Plus (ICON+), PLN kala itu menyediakan program internet murah yang dikombinasikan dengan program tambah daya bagi pelanggan mulai 450 VA hingga 197 kVA.

Baca juga  Update Harga Makanan Korea di Mujigae Jakarta

Bertepatan dengan HUT RI ke-74, kala itu pelanggan yang ingin menambah daya listrik, akan mendapatkan produk internet unlimited murah. PLN menyediakan paket Stroomnet 5 dengan harga mulai Rp89 ribuan saja per bulan, kemudian paket Stroomnet 20 dengan tarif Rp162 ribuan per bulan, paket Stroomnet 50 dengan biaya Rp308 ribu per bulan, serta paket Stroomnet 100 dengan tarif hanya Rp552 ribuan per bulan.

Selain paket internet, perusahaan menyediakan paket internet plus TV berlangganan, juga dengan harga promo. Paket Stroomnet TV 5 misalnya, ditawarkan dengan tarif langganan cuma Rp273 ribuan per bulan, paket Stroomnet TV 20 punya biaya langganan Rp346 ribuan per bulan, paket Stroomnet TV 50 dengan harga langganan Rp492 ribu per bulan, serta paket Stroomnet TV 100 dengan biaya langganan Rp736 ribuan per bulan.

Setelah promo selesai, tentu saja PLN menerapkan tarif normal bagi mereka yang ingin berlangganan paket Stroomnet. Tidak perlu khawatir, karena harga yang dipatok perusahaan pun relatif terjangkau, bahkan jika dibandingkan merk-merk yang sudah lebih dahulu terkenal. Berikut kami sajikan informasi terbaru harga paket internet ICON alias Stroomnet (ICONNET).

Ilustrasi: internet Stroomnet
Ilustrasi: internet Stroomnet

Harga Paket Internet Stroomnet (ICONNET)

Tipe Paket ICONNET Fasilitas Tarif Langganan
ICONNET 10 Full fiber to the home, up to 10 Mbps download/upload, unlimited quota Rp140.000 per bulan
ICONNET 20 Full fiber to the home, up to 20 Mbps download/upload, unlimited quota Rp188.000 per bulan
ICONNET 50 Full fiber to the home, up to 50 Mbps download/upload, unlimited quota Rp336.000 per bulan
ICONNET 100 Full fiber to the home, up to 100 Mbps download/upload, unlimited quota Rp563.000 per bulan

Jika dibandingkan dengan tahun 2020, tarif paket internet Stroomnet tahun 2021 dan 2022 mengalami penurunan. Sebagai contoh, paket berlangganan Stroomnet 100 yang awalnya dibanderol Rp759 ribu per bulan, turun menjadi Rp563 ribu per bulan. Saat ini juga tersedia paket internet fiber dengan kecepatan yang lebih rendah dan harganya tentu lebih murah, yaitu ICONNET 10 dengan biaya berlangganan Rp140 ribu per bulan. Pemasangan atau instalasi ICONNET juga tidak dipungut biaya, alias gratis sampai Agustus 2022.

Baca juga  Update Tarif Nelpon dan SMS IM3 Ooredoo

ICONNET juga menyediakan layanan tambahan berupa OTT Streaming TV Diamond. OTT atau Over The Top adalah layanan dengan konten berupa data, informasi atau multimedia yang berjalan melalui internet.Layanan konten OTT didukung oleh TRANSVISION. Besaran biaya add on OTT ini dipatok Rp149 ribu per bulan, belum termasuk PPN. Dengan demikian, berikut perkiraan biaya berlangganan paket ICONNET plus TV per bulan.

Ilustrasi: koneksi internet menggunakan ICONNET
Ilustrasi: koneksi internet menggunakan ICONNET

Harga Paket Stroomnet (ICONNET) Plus Add On TV

Tipe Paket ICONNET Fasilitas Tarif Langganan
ICONNET 10 Full fiber to the home, up to 10 Mbps download/upload, unlimited quota, OTT streaming TV Diamond (85+ channel live TV & catch up TV) Rp289.000 per bulan
ICONNET 20 Full fiber to the home, up to 20 Mbps download/upload, unlimited quota, OTT streaming TV Diamond (85+ channel live TV & catch up TV) Rp337.000 per bulan
ICONNET 50 Full fiber to the home, up to 50 Mbps download/upload, unlimited quota, OTT streaming TV Diamond (85+ channel live TV & catch up TV) Rp485.000 per bulan
ICONNET 100 Full fiber to the home, up to 100 Mbps download/upload, unlimited quota, OTT streaming TV Diamond (85+ channel live TV & catch up TV) Rp712.000 per bulan

Jika dibandingkan dengan tahun 2020 lalu, biaya paket Stroomnet Plus TV tahun 2021 dan 2022 juga mengalami penurunan. Sebagai contoh, paket Stroomnet TV 100 yang awalnya dibanderol Rp943 ribu, turun menjadi Rp730 ribuan per bulan, dan sekarang menjadi Rp712 ribu saja per bulan. Daftar harga paket internet ICON Plus (Stroomnet) alias ICONNET tersebut kami rangkum langsung dari situs resmi perusahaan dan berlaku untuk area Jawa dan Bali. Berikut informasi cara daftar paket internet ICONNET.

Aplikasi PLN Mobile (sumber: pln.co.id)
Aplikasi PLN Mobile (sumber: pln.co.id)

Cara Daftar Stroomnet (ICONNET)

  1. Download terlebih dahulu aplikasi PLN Mobile di Playstore atau App Store.
  2. Login dengan user PLN Mobile.
  3. Daftarkan IDPEL PLN yang ingin Anda ajukan pemasangan ICONNET di PLN Mobile melalui menu “Tambah IDPEL”.
  4. Pilih menu “ICONNET”.
  5. Status coverage layanan ICONNET dari IDPEL yang Anda daftarkan akan muncul di layar aplikasi.
  6. Masukkan yang ingin Anda cek coverage.
  7. Jika belum ter-cover, silakan mengirimkan data lokasi Anda melalui e-form yang telah disediakan.
  8. Dari daftar IDPEL, jika sudah ter-cover silakan pilih IDPEL PLN yang akan dipasang layanan ICONNET dengan klik tombol “Pasang Sekarang”.
  9. Pilih paket layanan ICONNET sesuai kebutuhan Anda.
  10. Masukkan data pelanggan ICONNET secara lengkap dan pastikan layanan yang Anda pesan sudah benar.
  11. Pilih metode pembayaran yang akan Anda gunakan.
  12. Lakukan transaksi pembayaran sesuai dengan nominal yang tertera di layar konfirmasi pembayaran (terdapat penambahan admin fee dari metode pembayaran yang Anda pilih).
  13. Jika pembayaran berhasil, Anda akan mendapatkan notifikasi di PLN Mobile.
Baca juga  Update Biaya Administrasi Bayar Tagihan Listrik di Bank

Perlu diketahui bahwa masa berlangganan (sewa) layanan ICONNET minimal 1 tahun. ICON+ memberikan garansi untuk perangkat ICON+ Modem dan perangkat ICON+ TV STB (set-top box) dengan jangka waktu selama masa/periode berlangganan dan berlaku setelah status Layanan Pelanggan aktif. Garansi ini tidak berlaku jika kerusakan pada perangkat terjadi akibat kecelakaan dan/atau kelalaian yang disebabkan oleh pelanggan.

Jika Anda membutuhkan informasi lebih detail, bisa menghubungi korespondensi di Jalan KH Abdul Rochim No. 1, Kuningan Barat, Jakarta Selatan, dengan nomor telepon (021) 5253019, email [email protected], atau contact center 1500071.

[Update: Dian]

[1]Situmorang, James R. 2012. Pemanfaatan Internet Sebagai New Media dalam Bidang Politik, Bisnis, Pendidikan dan Sosial Budaya. Jurnal Administrasi Bisnis FISIP Unpar, Vol. 8(1): 73-87.

[2]Karim, Rahmatia, Stevi S. Sumendap, F.V.I.A Koagouw. 2016. Pentingnya Penggunaan Wi-Fi dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Pemustaka pada Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Tidore Kepulauan. E-Journal Acta Diurna, Vol. V(2).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.