Update Harga Paket First Media Internet Only

Saat ini, tidak sulit mendapatkan provider yang menyediakan layanan Wi-Fi untuk sambungan internet di rumah. Nah, salah satu yang semakin sering digunakan masyarakat Indonesia adalah First Media. Anak usaha Lippo Group ini diklaim sudah memiliki lebih dari 180 ribu pelanggan di seluruh dalam negeri. Tidak hanya menawarkan paket plus TV kabel, First Media juga menyediakan paket internet only dengan harga yang relatif terjangkau.

Ilustrasi: akses internet (pexels: Burst)
Ilustrasi: akses internet (pexels: Burst)

Zaman sekarang, siapa yang tidak mengenal internet. Menjadi yang sudah sangat umum, substansi internet adalah menyangkut komunikasi antar-manusia di seluruh dunia melalui jaringan komunikasi elektronik yang dimungkinkan karena adanya koneksitas jaringan komputer.[1] Dengan kata lain, internet berarti jutaan komputer di seluruh dunia yang saling tersambung. Dalam perkembangannya, internet tidak hanya dapat diakses lewat media komputer atau laptop, melainkan juga smartphone.

Bacaan Lainnya

Pengguna internet dari waktu ke waktu terus bertambah. Menurut laporan The Household Internet Use Survey (HIUS), pada tahun 1999 hingga 2000, jumlah pengguna internet di Kanada meningkat 1,4 juta rumah atau 42 persen.[2] Kemudian, pada tahun 2000 hingga 2001, meski tidak setajam sebelumnya, masih terjadi peningkatan sebanyak 23 persen. Sementara itu, berdasarkan data resmi World Internet User Statistics per 10 Maret 2007, jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 18 juta dari populasi sebesar 224,481 juta jiwa, sekaligus menempati urutan ke-15 dunia dengan penetrasi internet sebesar 8 persen.[3]

Baca juga  Update Syarat, Ketentuan, dan Harga Paket XL Go Izi & Wifi (Mifi)

Paket Internet First Media

Memang, sekarang Anda bisa mengakses internet lewat ponsel pintar dengan membeli kuota internet yang disediakan oleh provider yang Anda gunakan. Namun, terkadang sinyal internet yang disediakan tidak memadai sehingga akses internet menjadi lebih tersendat. Karena itu, banyak yang akhirnya lebih memilih memasang jaringan Wi-Fi di rumah, juga di kantor.

Tidak susah menemukan provider yang menyediakan layanan pemasangan Wi-Fi di rumah. Sebagian besar memang menawarkan paket internet plus, biasanya dengan TV kabel dan sambungan telepon. Namun, tidak sedikit pula yang menyediakan jaringan internet only untuk mereka yang ingin lebih berhemat, salah satunya First Media.

First Media sendiri sebenarnya adalah penyedia layanan triple play, yakni internet, TV kabel, dan komunikasi data. Telah menjangkau berbagai wilayah seperti Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi), Surabaya, Malang, Bandung, hingga Medan, anak perusahaan Lippo Group diklaim sudah memiliki lebih dari 180 ribu pelanggan internet dan lebih dari 130 ribu pelanggan televisi di seluruh Indonesia.

Harga Paket Basic First Media

Varian Paket Harga Paket
Family Plus HD Rp384.000 per bulan
D’Lite HD Rp479.000 per bulan
Elite X1 4K Rp644.000 per bulan
Supreme X1 4K Rp954.000 per bulan
Maxima X1 4K Rp1.799.000 per bulan
Infinite X1 4K Rp3.129.000 per bulan
Baca juga  Update Tarif Berlangganan Paket First Media Family

Informasi harga paket First Media di atas kami kutip dari situs resmi provider yang bersangkutan. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga untuk paket Family Plus HD, D’Lite HD, Elite X1 4K, dan Supreme X1 4K mengalami sedikit kenaikan. Sementara itu, harga paket Maxima X1 4K dan Infinite X1 4K masih tetap, sedangkan paket Ultimate X1 4K sekarang sudah dihapuskan.

Ilustrasi: akses internet (sumber: reviewgeek.com)
Ilustrasi: akses internet (sumber: reviewgeek.com)

Harga Paket Premium First Media

Varian Paket Harga Paket
Combo Supreme X1 Rp730.500 per bulan
Combo Maxima X1 Rp1.364.250 per bulan
Combo Infinite X1 Rp2.361.750 per bulan
Combo 1 GBPS X1 Call

Harga Layanan Tambahan First Media

Jenis Layanan Harga Keterangan
Internet Speedboost Mulai Rp50.000 per bulan Up to 10 Mbps/20 Mbps/35 Mbps/60 Mbps/100 Mbps
Selection Pack Mulai Rp25.000 per bulan Kids Club, Fox Movies HD, Mezzo Live HD, Best Sports HD, HBO Pack HD, Best Entertainment HD, Box Office HD, SPH HD
Add-On Mulai Rp35.000 per bulan India Favorite, Korean, Japanese, Setanta Sports, Chinese World HD
Wireless Modem Mulai Rp60.000 per bulan Optimize Internet Speed, Built in Wireless, Connect Many Devices, 2 Ethernet Ports

Informasi harga layanan tambahan First Media di atas juga kami rangkum dari website resmi provider yang bersangkutan. Jika dibandingkan tahun sebelumnya, harga layanan tambahan internet speedboost turun dari Rp100 ribu menjadi Rp50 ribuan, sedangkan harga layanan tambahan lainnya masih belum berubah.

Baca juga  Info Komposisi dan Update Harga Serum Royal Jelly Jafra
Booth layanan First Media (sumber: investor.id)
Booth layanan First Media (sumber: investor.id)

Khusus untuk jaringan internet, First Media menamakan layanan mereka dengan sebutan FastNet. FastNet dikatakan memiliki keunggulan seperti harga yang murah dibandingkan penyedia jasa internet lainnya dengan kecepatan serupa. Jaringan ini menggunakan standar teknologi DOCSIS (Data Over Cable Service Interface Specification) untuk menyalurkan layanan internet ke pelanggan. Di sisi pelanggan, dibutuhkan Cable Modem DOCSIS agar dapat memakai layanan internet FastNet.

Harga First Media Internet Only

Kecepatan Internet Harga Paket
FastNet 2 Mbps Rp196.900 per bulan
FastNet 6 Mbps Rp361.900 per bulan
FastNet 10 Mbps Rp493.900 per bulan
FastNet 30 Mbps Rp823.900 per bulan
FastNet 100 Mbps Rp2.391.500 per bulan
FastNet 200 Mbps Rp3.430.900 per bulan

Informasi harga paket internet only First Media di atas sudah kami rangkum dari berbagai sumber, terutama agen First Media di beberapa kota. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga paket internet only First Media saat ini cenderung stabil. Paket FastNet 2 Mbps misalnya, masih ditawarkan dengan harga Rp197 ribuan per bulan, sudah termasuk PPN dan satu unit modem Wi-Fi.

[1] Rustam, Muhammad. 2017. Internet dan Penggunaannya (Survei di Kalangan Masyarakat Kabupaten Takalar Provinsi Sulawesi Selatan). Jurnal Studi Komunikasi dan Media, Vol. 2(1): 13-24.

[2] Ibid.

[3] Imran, Hasyim Ali dan Hanif Hoesin. 2007. Literasi Komputer Masyarakat Pedesaan. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, Vol. 11(2).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *