Update Harga Pakan Ternak Ayam Pedaging Malindo

Pakan adalah salah satu hal yang wajib diperhatikan bagi seseorang yang menekuni bisnis peternakan. Untungnya, saat ini tidak sulit menemukan makanan ayam ternak. Ada banyak merek pakan ternak di pasaran, salah satunya Malindo, yang dijual dengan harga mulai ratusan ribu rupiah per 1 sak (karung kemasan 50 kg).

Pakan ayam (sumber: bitcoinist.com)
Pakan ayam (sumber: bitcoinist.com)

Pakan termasuk salah satu faktor keberhasilan usaha ternak. Karena itu, banyak peternak yang menginginkan kualitas pakan yang bagus. Selain itu, pakan yang bergizi dan bernutrisi tepat akan membuat ayam gemuk, sehat, dan kuat. Apalagi dalam beternak, bobot ayam menjadi hal yang paling penting dalam penentu kesuksesan penjualnya. Biaya pakan kadang bisa sampai menempati urutan teratas dalam usaha peternakan.

Bacaan Lainnya

Untuk besarannya sendiri, tergantung dari peternakan yang digeluti. Namun, jika dipukul rata, biasanya untuk kebutuhan pakan tidak mungkin lebih kecil dari 50% dari total biaya produksi, bahkan usaha peternakan biaya pakannya bisa mencapai 80% dari total biaya produksi.

Ada beberapa pakan pelengkap ayam yang bisa Anda berikan, yaitu gula merah yang berfungsi untuk menambah karbohidrat, buah tomat memiliki manfaat sebagai pelancar pencernaan ayam. Selain itu, kunyit juga bisa memperlancar sistem pencernaan ayam. Harga pakan ayam yang kompetitif dengan kualitas yang baik biasanya berdasarkan komposisi, aroma, kemasan dan jangka waktu (kedaluwarsa).

Pakan Ternak Malindo

Malindo Feedmill Tbk sendiri merupakan perusahaan multinasional yang memproduksi pakan ternak yang bermarkas di Jakarta, Indonesia. Perusahaan ini bergerak dalam bidang produksi dan perdagangan pakan ternak, terutama pakan untuk ayam broiler (pedaging) dan ayam layer (petelur). Selain itu, Malindo juga memiliki anak usaha yang memproduksi dan memasarkan parent stock DOC (Day Old Chicks), DOC komersial dan ayam broiler.

PT Malindo Feedmill Tbk berdiri pada tahun 1997. Bergerak dalam bisnis pakan ternak, pembibitan ayam, peternakan ayam pedaging serta makanan olahan, Malindo memiliki beberapa anak perusahaan yaitu PT Bibit Indonesia, PT Prima Fajar, PT Leong Ayamsatu Primadona, PT Quality Indonesia, serta PT Malindo Food Delight.

Malindo pertama kali mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2006 dan hingga saat ini telah menjadi perusahaan publik. PT Malindo Feedmill Tbk terus berkembang di semua sektor bisnisnya. Hal ini ditunjukkan dengan berdirinya breeding farm dan pabrik pakan baru di beberapa daerah di Indonesia seperti di Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

Pakan ayam pedaging starter Malindo (sumber: mirahps.blogspot.com)

Tanggal 25 November 2013, Malindo melengkapi bisnisnya dengan meluncurkan produk makanan olahan dengan merek Sunny Gold dan Ciki Wiki. Produk makanan olahan ini diproduksi oleh PT Malindo Food Delight, salah satu anak perusahaan di bawah naungan Malindo Group.

Selama 4 tahun berturut-turut, sejak tahun 2011 hingga tahun 2014, PT Malindo Feedmill Tbk telah menerima penghargaan ‘Best of The Best’ dari majalah bisnis dan keuangan Forbes Indonesia. Malindo juga mendapatkan penghargaan Bisnis Indonesia Award 2014 untuk kategori Emiten Terbaik Sektor Industri Dasar dan Kimia dari surat kabar Bisnis Indonesia.

Semua pengakuan yang diperoleh tersebut menunjukkan bahwa dalam kiprahnya selama puluhan tahun, Malindo telah berhasil meletakkan landasan yang kokoh untuk terus berkembang secara pesat dan berkelanjutan selaras dengan ekspansi bisnisnya di tahun-tahun yang akan datang.

Perusahaan mengungkapkan bahwa pihaknya mengapresiasi kebijakan-kebijakan untuk memperbaiki industri pakan ternak dan penjualan ayam. Beberapa tahun lalu, ketidakseimbangan antara pasokan dan permintaan sempat membuat harga ayam jatuh di pasaran, sehingga pemerintah menginstruksikan pemusnahan ayam jenis parent stock (PS) kepada pelaku usaha.

Dilansir melalui situs resminya, pemilihan bahan pakan mulai dari jagung, bungkil kedelai dan bahan pakan lainnya dilakukan melalui seleksi pengendalian mutu (Quality Control) yang ketat agar dihasilkan pakan dengan kualitas terbaik. Didukung oleh tenaga yang profesional dan berpengalaman di bidangnya selama puluhan tahun serta research & development, menjadikan pakan Malindo pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan pakan ayam dan ternak lainnya.

Dengan berbagai pilihan jenis pakan sesuai dengan tahap pemeliharaannya dan jenis ternaknya, yaitu pakan broiler, layer, pakan pedaging, serta ternak lainnya, menjadikan Malindo sebagai salah satu mitra terbaik bagi peternak. Selain itu, jajaran marketing yang andal selalu siap memenuhi kebutuhan para pelanggan dengan produk-produk yang berkualitas tinggi dan kompetitif didukung oleh technical service yang juga berperan menjadi pendamping peternak dalam membantu manajemen budidaya ternak yang baik. Tak hanya sukses memproduksi pakan ternak, PT Malindo juga memiliki lini pembibitan anak ayam, ternak ayam ras pedaging, dan produk konsumen yang berada di bawah naungan PT Malindo Food Delight (MFD).

Produk dan Lini Usaha PT Malindo Feedmill Tbk

PT Malindo Feedmill Tbk (sumber: liputan6.com)

PT Malindo Food Delight (MFD) yang beroperasi pada bulan Agustus 2013 menjadi pelengkap sektor hilir perseroan. MFD yang berlokasi di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat merupakan unit pengolahan makanan dengan produk bermerek SunnyGold dan Ciki Wiki. Kehadiran SunnyGold dan Ciki Wiki dalam bentuk sudah matang (fully cooked) akan menjadi pilihan masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan. Hal ini dikarenakan tingkat kesibukan yang demikian padat, sehingga membuat mereka membutuhkan makanan yang mudah penyajiannya, sehat, dan bergizi.

Selain itu, SunnyGold dan Ciki Wiki menjadi alternatif sumber protein hewani di tengah rendahnya konsumsi protein hewani masyarakat Indonesia dibandingkan negara lain di Asia Tenggara. SunnyGold dan Ciki Wiki terdiri dari beraneka ragam produk seperti nugget, chicken tempura, chicken stick, chicken wings, tulip wings, chicken karaage, chicken drumstick, chicken sausage, dan varian pack (kombinasi) yang tersedia dalam kemasan 500 gram dan 250 gram. SunnyGold dan Ciki Wiki diklaim diproduksi dengan bahan baku ayam yang memenuhi kaidah ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal).

Sementara itu, untuk produk pakan, Malindo selalu memberikan yang terbaik untuk peternak. Hal ini dibuktikan dengan akreditasi ISO 9001 dan ISO 22000 Food Safety Management untuk pabrik-pabrik pakan Malindo. Pakan ternak Malindo yang beredar di pasaran terdiri dari berbagai jenis. Beberapa di antaranya yakni Malindo 8103, Malindo 9203, Malindo 8202-SE, dan beberapa jenis lainnya dengan harga jual yang bervariasi per karung.

Harga Pakan Ternak Malindo

Pemberian pakan pada ayam pedaging (sumber: pwmaines.co.uk)
Jenis Pakan Ternak Malindo Harga per sak (Rp)
Malindo 9203 367.000
Malindo 8201 435.000
Malindo 8202-SE 602.000
Malindo 7605 635.000
Malindo 8502 655.000

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, saat ini, di pasaran pakan ternak, harga pakan starter ayam broiler (pedaging) dari Malindo dari 2019 berkisar antara Rp335.500 hingga Rp440.000 per satu sak. Dalam kurun waktu dua tahun, harga tersebut tidak mengalami perubahan yang signifikan. Bahkan nominal tersebut setara dengan pakan ternak merk Comfeed. Namun, sedikit lebih murah jika dibandingkan dengan merk Pokphand yang dijual di kisaran Rp378 ribuan per karung.

Menginjak tahun 2021, harga pakan ternak Malindo mengalami kenaikan yang cukup signifikan jika dibandingkan penjualan 2020 lalu. Misalnya, jenis Malindo 9203 yang semula ditawarkan seharga Rp335.500, kini Anda harus merogoh kocek mulai Rp367 ribuan satu sak berisi 50 kilogram. Malindo 8502 terbilang cukup mahal karena saat ini mencapai Rp655 ribu per saknya.

Sementara itu, tahun 2022, harga pakan ternak Malindo ada yang naik dan turun dibandingkan tahun 2021. Sebagai contoh, Malindo 8202-SE yang dibanderol Rp550 ribu tahun 2021, naik menjadi Rp602 ribu tahun 2022. Sementara itu, Malindo 8201 yang dibanderol Rp616 ribu tahun 2021, turun menjadi Rp435 ribu  tahun 2022.

 

[Update: Almas]

 

Pos terkait