Cara Pakai dan Harga Ovutest Scope dan Strip

No comment164 views

Di zaman modern seperti ini, infertilitas menjadi momok tersendiri bagi banyak pasangan muda, khususnya . Sehingga, tak jarang banyak pasangan yang belum dikaruniai dengan usia pernikahan yang cukup lama. Untuk mengetahui tingkat pada wanita sebenarnya tidaklah sulit. Anda bisa menggunakan Ovutest Scope dan yang harganya tergolong terjangkau.

Alat Tes Kehamilan (sumber: wccsevier.org)

Alat Tes Kehamilan (sumber: wccsevier.org)

Cara Kerja Ovutest Scope dan Strip

Untuk menggunakan alat uji masa subur, tentunya seorang wanita harus sudah memasuki usia subur. Usia subur adalah usia ketika wanita memiliki kondisi organ reproduksi yang berfungsi dengan baik. Dikatakan berfungsi dengan baik jika wanita dapat hamil atau memperoleh keturunan.

Sementara ada banyak cara untuk mengetahui tingkat kesuburan wanita, salah satu cara yang diklaim akurat dan praktis adalah menggunakan Ovutest. Alat uji masa subur tersebut bekerja dengan cara mendeteksi Luteinizing Hormone (LH) pada darah dan urine. Perlu Anda ketahui, kadar LH pada darah atau urine dapat meningkat pada 20 hingga 48 jam sebelum ovulasi.

LH adalah faktor yang menentukan tingkat kesuburan Anda dan menjadi salah satu penanda khusus pada alat uji kesuburan. Semakin tinggi LH yang ada pada urine atau darah saat uji kesuburan, maka semakin baik pula hasil tesnya. Karena LH dapat meningkat lebih banyak saat masa ovulasi, maka Ovutest dapat digunakan pada masa ovulasi.[1]

Baca juga  Info Harga Salep Miconazole Obat Anti Jamur

Ovulasi sendiri adalah masa ketika sel telur siap dibuahi oleh sel sperma yang terjadi setiap bulan sekali. Ovulasi juga merupakan faktor utama jika Anda ingin menjalani tes kesuburan. Wanita dapat dikatakan memasuki usia subur atau eligible women saat mereka memasuki usia produktif, yaitu sekitar 15 hingga 49 tahun, baik yang berstatus belum menikah maupun janda.

Ovutest dapat dibedakan menjadi dua , yaitu Ovutest Scope dan Strip. Meskipun memiliki perbedaan pada bentuk dan cara pemakaian, kedua jenis Ovutest dapat memperlihatkan tingkat kesuburan Anda dengan akurat.

Cara Memakai Ovutest Scope

Dilihat dari bentuk alatnya, Ovutest Scope memang terbilang unik dan menarik. Alat tersebut berbentuk silinder dan sekilas hampir seperti ballpoint dengan ujung alat yang bisa dibuka. Alat uji kesuburan ini dapat digunakan berkali-kali atau biasa disebut dengan reusable/unlimited test. Selain bentuk yang unik, alat tersebut dilengkapi lensa dengan perbesaran 55x. Dengan adanya lensa ini, Ovutest Scope dapat membantu menentukan masa subur sekaligus merencanakan jenis kelamin bayi Anda.

Baca juga  Info Lengkap Obat Kolesterol Lipitor dan Harga di Apotek
Ovutest Scope (sumber: Blanja.com)

Ovutest Scope (sumber: Blanja.com)

Untuk memakai Ovutest Scope, Anda harus melepaskan penutupnya terlebih dahulu. lepaskan lensa optik dari bagian badan alat, lalu bersihkan lensa objek. Ambil air liur secukupnya dan oleskan pada permukaan lensa objek secara merata. Sekitar 7 hingga 10 menit, setelah air liur mengering, pasang kembali lensa pada tempat semula.

Hasil tes kesuburan dapat dilihat dengan cara menekan tombol di samping mikroskop sehingga terlihat cahaya. Dekatkan dengan mata Anda dan putar lensa, sehingga Anda mendapatkan hasil gambaran kristal air liur yang jelas. Bandingkan gambar kristal dengan diagram hasil yang ada pada petunjuk pemakaian di dalam Ovutest Scope. Setelah memakai alat tersebut, bersihkan lensa agar alat bisa digunakan kembali.

Cara Memakai Ovutest Strip

Bagi Anda yang ingin mengetahui kesuburan tanpa ribet, Anda bisa mencoba menggunakan Ovutest Strip. Alat ini bekerja dengan cara mengukur kadar LH pada urine. Ovutest Strip akan bereaksi dengan cara menunjukkan perubahan warna sebagai tanda bahwa Anda sedang dalam masa subur.

Ovutest Strip (sumber: Tokopedia)

Ovutest Strip (sumber: Tokopedia)

Cara memakai Ovutest Strip, Anda hanya perlu mencelupkan ujung alat ke dalam urine. Hasil akan terlihat jika ujung alat berubah warna. Sementara Ovutest Scope dapat digunakan berkali-kali, Ovutest Strip hanya bisa dipakai sekali dan tidak dapat membantu Anda memprediksi jenis kelami bayi.

Baca juga  Info Lengkap Khasiat, Dosis, dan Harga Produk MSI Bio Simapro

Untuk menggunakan Ovutest Strip, Anda baru bisa menggunakannya sehari sebelum menstruasi atau masa ovulasi. Sehingga, hasilnya akan lebih akurat, karena pada masa tersebut kadar LH pada urine lebih banyak.

Setelah Anda mengetahui cara memakai Ovutest di atas, apakah Anda tertarik membeli alat ini? Jika iya, pastikan Anda juga mengetahui harganya.

Harga Ovutest

Varian OvutestHarga (Rp)
Ovutest Scope263.340
Ovutest Strip 10 S27.269

Harga Ovutest Scope dan Strip di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk sejumlah situs jual beli online dan apotek. Perlu Anda ketahui bahwa harga Ovutest Scope dan Strip di atas tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu, tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu.

[1] Purnami, Ratna Wulan. 2012. Pengaruh Penyuluhan Perhitungan Ovulasi terhadap Pengetahuan Lendir Serviks pada Wanita Usia Subur di Forum Silaturahmi -Ibu (FSI) Surakarta (Karya Tulis Ilmiah). Program Studi D IV Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta.

loading...
author

Leave a reply "Cara Pakai dan Harga Ovutest Scope dan Strip"