Update Harga Ovalet Berbagai Ukuran, Bahan Cake Emulsifier

Bagi mereka yang doyan memasak, terutama membuat kue, pasti sudah tidak asing lagi dengan cake . Ini secara sederhana dapat dikatakan sebagai komponen penting untuk menyatukan bahan-bahan kue yang bertentangan (misal dan air). Cake sendiri tersedia dalam beberapa merek atau jenis, salah satunya ovalet, dan dijual dengan harga yang relatif terjangkau.

SP Kue cap Rajawali (sumber: suryapangan.com)

SP Kue cap Rajawali (sumber: suryapangan.com)

Dirangkum dari berbagai sumber, cake emulsifier adalah bahan penting yang punya manfaat utama untuk mengemulsi bahan-bahan kue yang bertentangan, seperti untuk menyatukan bahan lemak atau minyak dengan zat cair. Selain itu, emulsifier ini juga berguna untuk melembutkan adonan sehingga adonan punya konsistensi yang baik.

Cake emulsifier juga dapat dikatakan sebagai zat penstabil adonan cake agar adonan tidak mudah turun pada saat pengocokan dan hasil akhir cake menjadi lebih lembut.[1] Dengan demikian, fungsi emulsifier adalah untuk menstabilkan adonan dan menstabilkan udara yang sudah masuk ke dalam adonan, juga menambah volume adonan tersebut.

Beberapa bahan alami yang dapat dijadikan sebagai cake emulsifier antara lain kuning telur, madu, mustard, dan kedelai (soybean). Pemakaian cake emulsifier alami yang sukses dapat terlihat pada pembuatan mayonaise. Bahan-bahan tersebut juga mudah ditemui, terutama kuning telur yang memang sudah sering dipakai dalam pembuatan roti, cake, serta kue kering.

Lecithin pada kuning telur dikatakan mempunyai daya emulsi, sedangkan lutein dapat membangkitkan warna pada hasil produk makanan.[2] Namun, telur yang digunakan harus telur segar (pH 7 sampai 7,5), tidak dalam kondisi dingin, dan tidak rusak atau pecah sebelum dipakai. Sebelum digunakan, telur harus dikocok terlebih dahulu.

Baca juga  Info Lengkap Kegunaan dan Harga Castor Oil Berbagai Merek

Sayangnya, tidak selama kuning telur ini dapat Anda andalkan. Pasalnya, menggunakan satu telur dalam adonan berarti perlu tiga kuning telur sebagai emulsi agar hasil akhirnya lembut. Nah, apabila Anda memakai 3 telur untuk satu kue, maka membutuhkan 9 kuning telur. Jadi, bisa dibayangkan berapa biaya produksi untuk membuat kue tersebut. Belum lagi lemak yang tinggi pada kuning telur.

Nah, untuk menghemat biaya, yang akhirnya dapat membuat harga jual kue menjadi lebih murah, tidak ada salahnya Anda menggunakan produk cake emulsifier bermerk yang sudah dijual dengan bebas di . Cake emulsifier ini dapat dipakai sebagai zat ‘pengirit’ telur.[3] Dengan memakai cake emulsifier, telur yang digunakan akhirnya tidak terlalu banyak.

Ovalet Cake Emulsifier - shopee.co.id

Ovalet Cake Emulsifier - shopee.co.id

Jenis/Merk Cake Emulsifier Populer

  • TBM, cake emulsifier ini memiliki fungsi utama untuk menjadikan adonan cake atau kue menjadi lebih lembut. TBM sendiri merupakan merek dagang, dengan komposisi mono dan digliserida. Cara atau komposisi pemakaian TBM adalah 1 sendok teh TBM untuk 5 sampai 6 butir telur. Di pasaran sendiri, harga TMB biasanya lebih mahal daripada beberapa merk cake emulsifier lainnya.
  • SP, juga memiliki fungsi tidak jauh berbeda dengan TBM, yakni membuat adonan kue menjadi lembut dan tidak mudah turun saat dikocok. Selain cake, SP pun dapat dimanfaatkan untuk membuat bolu atau kue-kue lain dengan teknik telur dikocok hingga mengembang kaku. Dibandingkan TBM, dan juga ovalet, SP dikatakan sebagai cake emulsifier paling efektif, sehingga adonan cake menjadi lembut sempurna dan tidak mudah turun ketika dikocok.
  • Ovalet, dapat dikatakan sebagai stabilisator adonan dengan menyatukan dengan lemak, sehingga dapat membantu aerasi dan meningkatkan stabilisator adonan. Fungsi ovalet ini dapat meningkatkan tekstur adonan menjadi lebih , meningkatkan keempukan cake, memperbaiki atau menambah volume, dan memperpanjang umur simpan.[4]
Baca juga  Harga Cairan Ban Tubeless (Motor dan Mobil)

Jika Anda lebih sreg menggunakan ovalet, tidak susah menemukan bahan ini. Pasalnya, ovalet telah dijual bebas di pasaran. Anda bisa mencarinya di berbagai supermarket atau bahan baku kue. Harga ovalet pun lumayan terjangkau sehingga tidak bakal membuat kantong Anda menipis. Berikut kami sajikan kisaran harga ovalet di pasaran Tanah Air.

Harga Ovalet

OvaletHarga
Ovalet Cap Kupu-Kupu 30 grRp7.500
Ovalet Cap Kupu-Kupu 75 grRp13.000
Ovalet Spesial 250 grRp11.500
Ovalet Spesial 500 grRp22.500

Harga produk ovalet di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko bahan baku makanan dan situs online. Banderol ovalet tersebut tidak mengikat dan dapat berbeda-beda di masing-masing tempat. Sebagai perbandingan, pada tahun lalu, harga Ovalet berkisar Rp5.500 hingga Rp22.500. Jika Anda membutuhkan informasi lebih detail, bisa langsung mengunjungi toko bahan-bahan kue terdekat di kota Anda.

Ovalet merek Koepoe Koepoe (sumber: Tokopedia)

Ovalet merek Koepoe Koepoe (sumber: Tokopedia)

Selain cake emulsifier, ada beberapa bahan lain yang juga kerap digunakan saat proses membuat kue. Cream of Tartar misalnya, adalah garam potasium (kalium) dari asam tartrat, yang berbentuk powder atau kristal sehingga memiliki nama kimia potassium tartaric acid atau potassium hydrogen tartrate dan potassium bitartrate. Fungsi Cream of Tartar adalah mengeluarkan gas di dalam adonan sehingga akan dihasilkan volume kocokan telur yang baik, manfaatnya tentu akan dihasilkan tekstur pori-pori cake yang sempurna.

Baca juga  Harga Lampu Neon LED Model Panjang

Bahan lainnya adalah baking powder, bahan pengembang yang digunakan untuk meningkatkan volume dan memperingan tekstur makanan yang dipanggang, seperti muffin, kue bolu, scone, atau biskuit. Baking powder akan mengeluarkan gas karbondioksida saat bertemu dengan cairan dan terkena panas. Biasanya berbentuk bubuk halus berwarna putih, bahan baking powder juga dapat Anda temukan di pasar tradisional, supermarket, atau swalayan modern lainnya dengan mudah.

[Almasshabur]

[1] Ambarini. 2003. Cake Ekonomis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama., hlm. 6.

[2] Faridah, Annie, dkk. 2009. Patiseri. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan., hlm. 300.

[3] Ambarini. Loc. cit.

[4]  Faridah, Annie, dkk. Op. cit., hlm. 303.

loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Harga Ovalet Berbagai Ukuran, Bahan Cake Emulsifier"