Komposisi dan Harga Osteocare (Tablet dan Syrup), Suplemen Kalsium

Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan kalsium. Ini adalah salah mineral yang punya penting bagi tubuh, terutama untuk kesehatan tulang dan gigi. Selain bisa didapatkan dari beberapa , zat ini juga dapat Anda konsumsi dari , seperti merk Osteocare, Calc-Os, Calnic, Ossoral, Tonar, hingga Renosteril yang dijual bebas di berbagai apotek maupun situs jual beli online dengan cukup terjangkau.

Dilansir dari Alodokter.com, kalsium dikatakan sebagai jenis mineral yang sangat penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan gigi serta tulang. Selain itu, kalsium juga dibutuhkan oleh saraf, jantung, dan pembekuan darah agar bisa berfungsi dengan baik. Senada, Wikipedia menuliskan bahwa kalsium adalah mineral yang amat penting bagi manusia, antara lain bagi metabolisme tubuh, penghubung antar-saraf, kerja jantung, dan pergerakan otot.

Harga Osteocare - www.tokopedia.com

Harga Osteocare - www.tokopedia.com

Kalsium sendiri merupakan mineral yang paling banyak terdapat di dalam tubuh, yakni 1,5 persen sampai 2 persen dari berat badan orang dewasa. Di dalam tubuh manusia, terdapat kurang lebih 1 kg kalsium. Dari jumlah ini, 99 persen dikatakan terletak di dalam jaringan keras, yaitu tulang dan gigi, terutama dalam bentuk hidroksiapatit. 

Di samping itu, kalsium termasuk ke dalam salah satu makro elemen, yaitu mineral yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah lebih dari 100 mg sehari. Kalsium adalah salah satu makro elemen selain natrium, kalium, mangan, phosphor, chlorium, dan sulfur. Makro elemen berfungsi sebagai zat yang aktif dalam metabolisme atau sebagai bagian penting dari struktur sel dan jaringan. Kalsium, mangan, dan phosphor terutama terdapat sebagai bagian penting dari struktur sel dan jaringan, sedangkan elemen lainnya termasuk ke dalam keseimbangan cairan dan elektrolit.

Dalam keadaan normal, sebanyak 30 persen hingga 50 persen kalsium yang dikonsumsi diabsorpsi di tubuh. Kemampuan absorpsi lebih tinggi pada masa pertumbuhan, lantas makin menurun ketika orang menua. Kemampuan absorpsi pada laki-laki lebih tinggi daripada perempuan pada semua golongan usia. Absorpsi kalsium terutama terjadi dibagian atas usus halus yaitu duodenum. Dalam keadaan normal, dari sekitar 1000 mg Ca++ yang rata-rata dikonsumsi per hari, hanya sekitar dua pertiga yang diserap di usus halus dan sisanya keluar melalui feses.

Manfaat Kalsium

  • Membentuk dan memperkuat tulang dan gigi. Tulang dan gigi merupakan struktur tubuh yang paling banyak dibentuk oleh kalsium, 99 persen asupan kalsium akan digunakan untuk fungsi ini. Fungsi kalsium untuk membentuk tulang sudah mulai terjadi sejak di dalam dan akan berlanjut dan mencapai puncaknya pada kisaran umur 30 tahunan. 
  • Membantu menjaga struktur rangka dan fungsinya. Tulang yang padat dan terbentuk sempurna akan secara langsung berdampak pada struktur rangka dan fungsinya. Hal ini terutama terjadi pada masa-masa awal pertumbuhan, sehingga kebutuhan akan kalsium harus terpenuhi untuk menjaga agar tulang tumbuh dengan baik.
  • Menjaga kerja jantung tetap sehat. Meskipun kalsium yang digunakan untuk fungsi lain selain membentuk tulang dan gigi jumlahnya kecil, namun kegunaannya tidak boleh disepelekan. Kalsium dalam darah misalnya, yang memegang peranan penting dalam mengatur ritme dan detak jantung.
  • Kehadiran kalsium dalam otot berperan penting dalam kontraksi dan relaksasi otot. Bagian otot yang disebut serabut otot ini akan mengerut untuk membentuk kontraksi otot dan meregang untuk membentuk merelaksasi otot.
  • Fungsi kalsium lainnya adalah membantu proses pembekuan darah. Kalsium bersama-sama dengan vitamin K dan protein yang disebut fibrinogen akan bekerja jika terjadi luka yang menyebabkan darah mengalir keluar tubuh sehingga perlu dilakukan mekanisme pembekuan darah untuk menutup luka.

Indikasi, Komposisi, dan Dosis Osteocare

Kalsium sebenarnya bisa Anda temukan pada makanan seperti keju, tahu, tempe, bayam, brokoli, kacang-kacangan, dan ikan sarden, serta minuman seperti susu. Selain itu, asupan kalsium juga bisa didapat dari suplemen kalsium. Suplemen kalsium bisa digunakan untuk mengobati dan mencegah defisiensi kalsium, serta mengurangi kadar fosfat.

Suplemen Kalsium - imperfectlynatural.com

Suplemen Kalsium - imperfectlynatural.com

Ada banyak produk suplemen kalsium yang sudah beredar di , salah satunya yang cukup populer adalah Osteocare. Ini adalah suplemen kalsium yang diklaim baik untuk fase pertumbuhan dan perkembangan rangka tubuh, kehamilan dan menyusui, patah tulang, imobilisasi tubuh karena sakit yang lama, osteopenia yang berhubungan dengan gangguan metabolik jangka panjang, hingga terapi steroid jangka panjang. 

Untuk produk atau varian tablet, sudah terdapat kandungan seperti Ca sebanyak 300 mg, Mg sebanyak 150 mg, Zn sebanyak 5 mg, serta vitamin D sebanyak 2,5 mcg. Sementara, untuk varian sirup, dalam setiap 5 ml, sudah terkandung 150 mg Ca, Mg sebanyak 75 mg, Zn sebanyak 3 mg, serta vitamin D3 sebanyak 1,9 mcg.

Jika Anda hendak mengonsumsi varian tablet, dosis yang dianjurkan adalah 1 tablet dua kali sehari, dengan penyajian 15 menit hingga 20 menit sebelum makan. Sementara, untuk dosis varian sirup adalah 20 ml sampai 30 ml per hari untuk orang dewasa dan 5 ml sampai 10 ml per hari untuk -anak, dan paling baik diberikan 15 sampai 20 menit sebelum makan.

Harga Osteocare

Varian OsteocareHarga
Osteocare Tablet1 Strip (6 tablet) : Rp28.750 – Rp30.000
Box (30 tablet) : Rp259.000 – Rp349.000
Osteocare Syrup 100 mlRp52.500 – Rp75.000

Harga suplemen Osteocare di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko , apotek, dan situs jual beli online. Harga suplemen Osteocare tersebut tidak mengikat dan dapat berbeda-beda di masing-masing tempat. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap, Anda bisa mengunjungi apotek terdekat di kota Anda.

Baca juga  Info Terbaru Manfaat dan Harga Minyak Nilam di Pasaran
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Komposisi dan Harga Osteocare (Tablet dan Syrup), Suplemen Kalsium"