Info Manfaat & Harga Suplemen Osteocal

No comment378 views

termasuk zat yang penting untuk tubuh. Selain dipenuhi dari asupan makanan sehari-hari, kalsium juga bisa diperoleh melalui konsumsi suplemen seperti Osteocal. Di pasaran beredar dua merek Osteocal, yang pertama suplemen Osteocal produksi Nicholas Laboratories Indonesia dan Osteo-cal besutan Sea Quill. Jika dibandingkan dengan Sea Quill, Osteocal milik Nicholas jauh lebih murah.

Ilustrasi: Makanan dan Minuman Sumber Kalsium (credit: healthyfood)

Ilustrasi: Makanan dan Minuman Sumber Kalsium (credit: healthyfood)

Terdapat banyak produk suplemen kalsium yang dijual di pasaran. Suplemen kalsium yang paling banyak dipakai adalah kalsium sitrat, kalsium karbonat, kalsium glukonat, dan kalsium laktat. Kandungan kalsium setiap produk berbeda-beda dan banyak di antaranya belum cukup memenuhi kebutuhan tubuh dalam melindungi tulang dari osteoporosis. Oleh karena itu, perlu diketahui bahwa produk yang dikonsumsi harus cukup mengandung kalsium yang dibutuhkan.

Di samping mengonsumsi jumlah kalsium yang cukup, perlu juga diperhatikan faktor penunjang dan penghambat penyerapannya karena jumlah kalsium yang dikonsumsi tidak akan sama dengan yang dapat diserap oleh tubuh. Penyerapan kalsium sangat bervariasi tergantung umur dan kondisi badan serta jumlah kalsium yang dikonsumsi. Semakin tinggi kebutuhan dan semakin rendah persediaan kalsium dalam tubuh, semakin efisien penyerapan kalsium.[1]

Baca juga  Indikasi dan Update Harga Buscopan (Tablet, Strip, Box)

Hal Penting yang Harus Diperhatikan dalam Mengonsumsi Suplemen Kalsium

  • Pilih suplemen kalsium yang juga mengandung vitamin D. Vitamin D dapat meningkatkan penyerapan kalsium.
  • Untuk permulaan, konsumsilah suplemen kalsium dalam kalsium sitrat karena kalsium sitrat lebih mudah diserap tubuh dibandingkan kalsium karbonat.
  • Pilih suplemen kalsium dengan dosis yang tepat. Sesuaikan juga dengan jumlah kalsium yang telah disuplai dari konsumsi makanan.

Vitamin D dapat merangsang penyerapan kalsium pada mukosa usus dengan cara merangsang produksi protein-protein pengikat kalsium. Makanan yang mengandung lemak juga dapat meningkatkan penyerapan kalsium. Adanya lemak menyebabkan waktu transit makanan di dalam saluran pencernaan menjadi lebih lama sehingga cukup banyak tersedia waktu untuk terjadinya penyerapan kalsium.[2]

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, salah satu produk suplemen dengan kandungan kalsium karbonat yang banyak direkomendasikan untuk dikonsumsi adalah Osteocal. Produk ini termasuk suplemen yang cukup mudah ditemukan di berbagai apotek atau toko obat. Berikut ulasan lengkapnya.

Baca juga  Update Harga Sari Kurma HPAI (Member & Non-Member)
Ilustrasi: Mengonsumsi Suplemen Makanan (credit: popsugar)

Ilustrasi: Mengonsumsi Suplemen Makanan (credit: popsugar)

Tentang Osteocal

Osteocal adalah suplemen yang mengandung Ca karbonat 1.250 mg (setara dengan 500 mg unsur kalsium) yang digunakan untuk mengatasi kekurangan kalsium dan mencegah osteoporosis (pengeroposan tulang). Semakin bertambahnya usia, kemampuan tubuh untuk menghasilkan nutrisi bagi kesehatan tulang akan semakin berkurang. Osteocal Tablet mengandung kalsium karbonat dengan dosis yang diklaim paling sesuai untuk membantu meningkatkan massa tulang serta mencegah penyakit pada tulang akibat defisiensi kalsium.

Osteocal diminum sesudah makan untuk mengurangi ketidaknyamanan pada saluran cerna. Osteocal dapat diminum oleh semua kalangan usia, termasuk wanita hamil dan menyusui.

Komposisi Osteocal

  • Ca carbonate 1.250 mg (setara dengan Ca elemental 500 mg)
  • Vitamin D3 200 IU
  • Magnesium 40 mg
  • Manganese 2 mg
  • Zinc 7,5 mg
  • Natrium fluoride 1 mg

Dosis Osteocal

Osteocal dapat diberikan dengan dosis sebanyak 1-2 tablet per hari, bersamaan dengan makanan atau tanpa makanan. Tablet Osteocal harus dikunyah.

Ilustrasi: Osteocal Tablet (credit: Tokopedia)

Ilustrasi: Osteocal Tablet (credit: Tokopedia)

Efek Samping Osteocal

Konsumsi Osteocal mungkin menimbulkan beberapa efek samping pada pencernaan, seperti kembung, diare, atau konstipasi (sembelit). Sebaiknya hindari konsumsi Osteocal pada pasien dengan gangguan ginjal ringan maupun pasien yang mengalami kesulitan berkemih.

Baca juga  Info Terbaru Kisaran Biaya Laparoskopi (Laparoscopy) di Rumah Sakit Jakarta 

Daftar Harga Osteocal

Nama ProdukHarga
Osteocal Tab per stripRp7.131
Osteocal 1 box isi 12 blister x @6 tabletRp48.000 – Rp67.500
Sea-Quill Osteo-Cal isi 30Rp324.723
Sea-Quill Osteo-Cal isi 60Rp556.200

Informasi harga Osteocal di atas dirangkum dari berbagai sumber, termasuk Apotek K24 dan apotik online. Perlu Anda ingat bahwa harga Osteocal dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga Osteocal yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari promo atau penawaran pihak penjual. Apabila Anda membutuhkan Osteocal, Anda bisa membelinya di toko obat atau apotek terdekat yang ada di sekitar tempat tinggal Anda.

[1] Wirakusumah, ES. 2007. Mencegah Osteoporosis. Jakarta: Penebar Plus, hlm 36.

[2] Ibid., hlm 37.

author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Manfaat & Harga Suplemen Osteocal"