Info Dosis dan Harga Obat Sakit Lambung Omeprazole Injeksi di Apotek

Tak hanya pemberian obat secara oral, biasanya dokter juga memberikan obat melalui injeksi atau suntikan. Pasalnya, obat-obatan tertentu yang melalui sistem pencernaan akan terpengaruh oleh cairan di saluran pencernaan. Cara ini dipilih untuk mempercepat penyerapan obat sepenuhnya ke dalam tubuh. Omeprazole menjadi salah satu obat nyeri lambung yang tersedia dalam bentuk tablet dan injeksi. Obat Omeprazole injeksi dapat dibeli berbagai merek di apotek dengan harga bervariasi.

Omeprazole injeksi (sumber: salvavidaspharma.com)

Omeprazole injeksi (sumber: salvavidaspharma.com)

Omeprazole merupakan obat yang dipakai untuk mengatasi gangguan lambung, seperti asam lambung dan tukak lambung. Cara kerja Omeprazole yakni mengurangi asam di dalam lambung. Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi obat untuk meringankan gejala sakit maag dan heartburn. Obat ini juga membantu penyembuhan kerusakan pada jaringan lambung dan kerongkongan.

Obat Omeprazole tidak boleh dikonsumsi secara sembarangan, terlebih bagi wanita hamil dan menyusui. Pasalnya, Omeprazole dapat terserap ke dalam ASI. Untuk itu, Anda harus berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter sebelum menggunakannya. Berikut ulasan dosis yang disarankan saat mengonsumsi obat Omeprazole disesuaikan dengan keluhan pasien.

Baca juga  Dosis, Manfaat dan Update Harga Obat Yusimox

Dosis Obat Omeprazole

  • Penyakit asam lambung (GERD): 20-40 mg per hari.
  • Tukak lambung: 20-40 mg per hari, selama 4 sampai 8 minggu.
  • Sindrom Zollinger-Ellison: 60-360 mg per hari, dibagi menjadi 3 kali pemberian (setiap 8 jam).
  • Ulkus duodenum: 20 mg per hari, selama 4-8 minggu.
  • Infeksi Helicobacter pylori: 20 mg, 2 kali sehari, selama 10 hari.
  • Esofagitis erosif: 20 mg per hari, selama 4-8 minggu.

Dosis di atas ditujukan untuk orang dewasa. Dosis Omeprazole tentu berbeda-beda, tergantung pada kondisi penggunanya. Sedangkan, dosis Omeprazole untuk anak-anak dan penderita gangguan organ hati akan disesuaikan oleh dokter. Omeprazole diminum sehari sekali pada pagi hari. Obat ini tidak menyebabkan sakit perut, sehingga dapat dikonsumsi dengan atau tanpa makanan. Dokter menganjurkan Omeprazole untuk diminum 2 kali sehari, pada pagi dan sore.

Perlu diketahui, obat Omeprazole dapat menyebabkan gangguan ginjal. Untuk itu, Anda perlu memberi tahu dokter jika buang air kecil lebih sedikit dari biasanya atau ada darah pada urine setelah mengonsumsi Omeprazole. Omeprazole dapat menyebabkan nyeri perut dan sakit kepala. Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter jika muncul efek samping tersebut, terutama bila efek samping tidak mereda meski penggunaan obat sudah dihentikan.

Baca juga  Update Harga Obat Dexamethasone (Tablet, Strip, Box)

Efek Samping Omeprazole

  • Rendahnya kadar kalium dalam darah, yang menimbulkan gejala berupa kram , detak jantung yang tidak normal (lambat, cepat, atau tidak beraturan), dan kejang.
  • Bertambah parahnya gejala pada penderita lupus.
  • Gangguan pencernaan, seperti diare yang berkelanjutan serta adanya darah atau lendir pada tinja.
  • Kekurangan vitamin B12, yang menyebabkan keluhan lemas, sariawan, mati rasa, dan kesemutan pada tangan atau kaki.
  • Reaksi alergi obat, seperti munculnya ruam, pusing, hingga sesak napas.
Ilustrasi: obat injeksi

Ilustrasi: obat injeksi

Hampir semua cairan obat injeksi disajikan dalam bentuk ampul untuk sekali pakai. Berbeda dengan obat lambung, obat yang harus diterima pasien untuk waktu cukup lama seperti insulin, biasanya disajikan dalam bentuk vial. Vial adalah suatu botol kaca dengan tutup kuat yang dapat ditembus oleh jarum suntik, akan tetapi sebelumnya harus disterilkan terlebih dulu.[1] Merek dagang Omeprazole terbilang bervariasi mulai dari Omeprazole, Omeprazole sodium, Prilos, Ozid, dan Inhipump, Rocer, Pumpitor. Berikut informasi harga Omeprazole injeksi.

Baca juga  Update Harga Thermolyte Plus di Apotik (Kemasan 10s, 30s, dan 60s)

Harga Omeprazole Injeksi Berbagai Merek

Merek Dagang Omeprazole InjeksiHarga (Rp)
Omeprazole Sodium 40 mg eceran58.000
Pumpitor Omeprazole Sodium injeksi70.000
Ozid i.v. Omeprazole Sodium Injeksi 40mg75.000
Rocer Omeprazole Sodium90.000
OMZ (Omeprazole) 40 miligram per ampul135.000
Inhipump Injection Omeprazole 40 mg 1 ampul 10 ml161.920
Omeprazole Sodium 40 mg isi 10 vial190.000

InformasiĀ  harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet pada 2021. Harga tersebut dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan terlebih dulu. Anda dapat membeli obat nyeri lambung Omeprazole injeksi berbagai merek di toko obat atau apotik terdekat seperti Farma dan K24. Jika ingin lebih praktis, Anda dapat memesan obat di apotek online dengan harga bersaing.

[1] Stevens, dkk. Ilmu Keperawatan (Jakarta: EGC, 1999), hlm. 334

author
Pengamat dinamika harga. Pengelola toko dan counter. Ex-wartawati media lokal.

Leave a reply "Info Dosis dan Harga Obat Sakit Lambung Omeprazole Injeksi di Apotek"