Harga Oli Fastron Techno Semua Varian (1 Liter & 4 Liter)

Layaknya makanan untuk manusia, sangat penting bagi kelangsungan hidup kendaraan Anda, termasuk mobil. Seperti diketahui, di dalam mesin, terdapat bagian-bagian yang selalu bergerak dan pelumas ini dimaksudkan untuk menghindari hubungan langsung dari dua bagian yang bergesekan sehingga meminimalkan risiko rusak atau macet.[1] Di pasaran, selain dari pabrikan, banyak juga perusahaan yang merilis oli, termasuk Pertamina lewat merk Fastron Techno. Hadir dalam tiga varian, produk ini dijual dengan harga yang bisa dikatakan masuk akal.

Varian Oli Fastron Techno - kumparan.com
Varian Fastron Techno – kumparan.com

Secara umum, pelumas atau memang memiliki fungsi untuk mencegah atau mengurangi keausan dan gesekan pada mesin kendaraan. Selain itu, pelumas juga berguna sebagai pendingin, peredam getaran, dan mengangkut pada motor bakar.[2] Tidak hanya itu, pelumas pun bisa digunakan sebagai perapat (seal) pada sistem kompresi.

Bacaan Lainnya

Untungnya, tidak sulit mendapatkan pelumas karena sudah ada banyak merk yang dapat Anda jadikan pilihan. Selain produk keluaran pabrikan resmi, sejumlah produsen pun merilis untuk kendaraan, termasuk Pertamina. Dilansir dari situs resminya, perusahaan negara penyedia bahan bakar minyak (BBM) ini telah merilis tidak kurang dari tujuh merk oli untuk mobil atau kendaraan penumpang, salah satunya Fastron Techno.

Varian Fastron Techno

Fastron Techno keluaran Pertamina hadir dalam tiga tipe. Varian pertama adalah Fastron Techno SAE 10W-30, yang dikatakan sebagai minyak pelumas mesin kendaraan bermutu tinggi yang diformulasikan khusus dari bahan dasar base oil synthetic dengan tingkat unjuk kerja memenuhi persyaratan API Service SN atau GF-5.

Produk ini diklaim punya banyak keunggulan. Fastron Techno SAE 10W-30 dikatakan punya kekentalan ganda yang stabil sehingga membuat mesin bekerja secara optimal pada saat start up dan operasi pada temperatur tinggi, ketahanan yang tinggi terhadap oksidasi dan panas sehingga memperpanjang masa pakai pelumas, tingkat penguapan yang rendah sehingga lebih irit, mencegah pembentukan deposit pada piston, menjaga kebersihan mesin sehingga dapat bekerja optimal, memberikan perlindungan yang maksimal terhadap keausan, serta perbaikan pada perlindungan emisi dan penggunaan bahan bakar.

Varian kedua adalah Fastron Techno SAE 10W-40 yang disebutkan sebagai pelumas mesin premium yang diformulasikan dari bahan dasar sintetik dan aditif pilihan, dengan tingkat unjuk kerja tertinggi API SN. Produk ini punya keunggulan seperti mengurangi keausan dan menjaga mesin bersih, teknologi sintetik base oil untuk masa pakai lebih lama, diformulasikan dengan aditif pilihan, mendukung penghematan bahan bakar, gesekan rendah untuk mengurangi suara kasar, dan tingkat penguapan rendah sehingga penambahan pelumas dapat dikurangi.

Sementara, varian terakhir adalah Fastron Techno SAE 15W-50, yang dikatakan sebagai minyak pelumas bensin berkualitas tinggi yang diformulasikan dengan base oil sintetik dan aditif berkualitas tinggi. Kelebihan produk ini antara lain kekentalan ganda yang stabil, ketahanan yang tinggi terhadap oksidasi dan panas, mencegah pembentukan deposit pada piston dan menjaga kebersihan mesin, serta tingkat penguapan pelumas yang rendah sehingga lebih irit.

Jika Anda tertarik menggunakan pelumas Fastron Techno untuk kendaraan roda empat Anda, tidak sulit mendapatkan produk buatan Pertamina ini. Anda dapat membelinya di bengkel mobil terdekat atau lewat situs jual beli online. Harga yang ditawarkan masing-masing toko bervariasi, tetapi tidak terlalu berbeda jauh.

Pelumas untuk Mobil

Harga Oli Fastron Techno

Varian Fastron Techno Harga
Fastron Techno 10W-30 1 L : Rp69.000 – Rp85.000
4 L : Rp260.000 – Rp307.000
Fastron Techno 10W-40 1 L : Rp69.990 – Rp85.000
4 L : Rp266.000 – Rp340.000
Fastron Techno 15W-50 1 L : Rp53.000 – Rp75.000
4 L : Rp205.000 – Rp225.000

Harga oli Fastron Techno di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah situs jual beli online dan sejumlah bengkel kendaraan. Perlu Anda ketahui bahwa harga oli Fastron Techno tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga produk ini juga bisa berbeda di masing-masing tempat meskipun barang yang ditawarkan sama.

Fastron sendiri sudah diakui ketika menerima Top Brand Award 2019 lalu dalam kategori 4 Wheel Lubricant. Kala itu, riset dilakukan di 15 kota besar di Indonesia, yakni Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar, Pekanbaru, Balikpapan, Palembang, Samarinda, Denpasar, Yogyakarta, Malang, Manado, dan Banjarmasin, melibatkan 12.400 responden dengan mengukur tiga parameter top of Mind awareness, last used, dan future intention.

[1] Herlina, Firda, dkk. 2018. Pengaruh Berbagai Merek Oli terhadap Temperatur Mesin Honda Scoopy dan Emisi Gas Buang. Jurnal Engine, Vol. 2(2): 31-36.

[2] Arisandi, M., Darmanto, T. Priangkoso. 2012. Analisa Pengaruh Bahan Dasar Pelumas terhadap Viskositas Pelumas dan Konsumsi Bahan Bakar. Momentum, Vol. 8(1): 56-61.

Pos terkait