Harga Oli Castrol 2T (Castrol Activ 2T, Castrol Power 1, Castrol A747)

Meski sekarang tipe 2-tak sudah semakin jarang ditemukan karena dikatakan punya emisi gas buang yang buruk, tidak lantas kuda besi model tersebut mati sepenuhnya. Karena itu, sejumlah perusahaan pun masih menyediakan oli untuk memfasilitasi 2T, termasuk Castrol. Dibandingkan oli untuk 4-stroke, oli 2T ini punya yang relatif lebih terjangkau.

Secara umum, oli mesin merupakan cairan atau fluida di dalam mesin yang berfungsi untuk melindungi mesin saat bekerja, mendukung performa mesin , dan menghindari kerusakan mesin saat mesin tersebut dijalankan. Secara terperinci, kegunaan oli pada mesin sepeda motor adalah sebagai berikut.

Harga Oli Castrol 2T - deltateknikbelitang.blogspot.com

Harga Oli Castrol 2T - deltateknikbelitang.blogspot.com

Manfaat Oli Motor

  • Sebagai pelumas mesin (lubricating). Oli sebagai pelumas akan bekerja untuk meminimalkan gesekan-gesekan antar-logam (komponen mesin) sehingga gerakan mesin motor menjadi halus atau memiliki sedikit hambatan. Jika tidak diberi pelumas, akan menimbulkan gesekan yang sangat besar, yang akan memengaruhi dan mengakibatkan keausan yang tinggi, berakibat mesin rusak atau macet.[1]
  • Sebagai pelindung mesin. Oli tidak hanya melindungi mesin dari gesekan antar-komponen di dalam mesin, tetapi juga melindungi mesin dari korosi atau karat. Manfaat oli di sini adalah untuk mencegah reaksi oksidasi pada komponen-komponen mesin dan menghilangkan reaksi kimiawi logam dengan panas saat pembakaran yang bisa menyebabkan korosi pada komponen.
  • Sebagai pembersih. Kotoran dapat masuk melalui sela-sela ring dan akhirnya terjadi sisa pembakaran mesin yang menghasilkan kerat. Nah, kerak atau kotoran tersebut akan dilarutkan oleh oli (pelarut kotoran) atau bercampur dengan oli yang selanjutnya dan akan dibuang bersama oli saat Anda melakukan pergantian oli mesin sepeda motor.
  • Sebagai pendingin mesin. Panas yang terjadi akibat pembakaran pada ruang bakar akan merambat ke dalam mesin. Selain itu, panas akibat gesekan antar-komponen dalam mesin juga menambah suhu di dalam mesin. Oli sebagai pendingin akan mengalir pada permukaan komponen-komponen dalam mesin untuk selanjutnya membawa panas tersebut ke penampungan oli, dan panas akan dibuang bersama udara yang mengaliri tempat penampungan oli. Sebagai pendingin, oli sangat berperan besar dalam menjaga komponen sepeda motor agar selalu memiliki performa yang baik. Ingat, panas yang terlalu tinggi (overheat) akan merusak komponen-komponen dalam mesin yang secara kimiawi dapat merusak ikatan logam dan secara fisika dapat menyebabkan pemuaian pada komponen mesin.
Baca juga  Update Harga & Cicilan Kredit Sepeda Motor Second (Bekas) Tanpa DP/Uang Muka 0%

Memang, disarankan untuk memakai oli motor sesuai dengan standar pabrikan. Namun, itu tidak bisa memastikan bahwa oli keluaran pabrikan lebih bagus daripada merk non-pabrikan. Pasalnya, pelumas yang baik adalah yang tidak mudah mengalami perubahan viskositas (kekentalan) jika terjadi peningkatan temperatur di dalam mesin, karena kekentalan oli memang memegang peranan yang sangat penting.[2][3]

Review Oli Castrol 2T

Di pasaran sendiri, sudah tersedia banyak merk oli non-pabrikan yang dikatakan punya kualitas jempolan, salah satunya Castrol. Ini adalah brand yang punya sejarah cukup panjang dalam industri pelumasan sepeda motor serta sudah bekerja sama dengan produsen sepeda motor dan tim balap untuk mendorong batas-batas teknologi oli.

Selain untuk kuda besi 4-tak, Castrol saat ini juga masih memproduksi oli untuk mesin 2-tak. Castrol Activ 2T Low Smoke, demikian namanya, dikatakan sebagai oli modern motor 2-langkah yang berkualitas tinggi karena sudah diperkuat dengan formula Deposit Protection, yang didesain untuk memberikan perlindungan terus-menerus dari penumpukan sisa karbon pada mesin dan busi, sehingga tetap bersih untuk kemudahan ketika motor pertama kali dinyalakan.

Baca juga  Specs dan Update Harga Honda CRF125F Edisi 2021

Selain itu, produk ini juga diklaim dapat melindungi piston dari risiko lecet, memberikan perlindungan terbaik untuk sistem pembuangan motor 2-tak sehingga asap yang keluar dari knalpot dapat diminimalkan, diformulasikan khusus untuk mengurangi pra-pengapian dan deteriorasi katalis, serta dirancang untuk injeksi oli dan sistem pra-campuran hingga 50:1 yang sehingga membuat mesin motor tetap awet.

Ganti Oli Sepeda Motor - www.jpcycles.com

Ganti Oli Sepeda Motor - www.jpcycles.com

Harga Oli Castrol 2T

Varian Oli Castrol 2THarga
Castrol Activ 2T Low Smoke 0,7LRp27.000 – Rp37.000
Castrol Power 1 2T 0,7LRp79.000 – Rp159.000
Castrol A747 2TRp410.000 – Rp900.000

Harga oli Castrol untuk sepeda motor 2-tak tersebut kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk beberapa bengkel dan situs jual online. Perlu dicatat bahwa harga oli Castrol 2T tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga di masing-masing tempat kemungkinan juga bisa berbeda.

Baca juga  Update Harga Kipas Magnet Vespa PX (Baru dan Bekas)

[1] Herlina, Firda, et al. 2018. Pengaruh Berbagai Merk Oli terhadap Temperatur Mesin Honda Scoopy dan Emisi Gas Buang. Jurnal Engine Vol. 2(2): 31-36.

[2] Ibid.

[3] Sudiar, Asrul. 2014. Perbaikan Kualitas Minyak Pelumas dengan Additive. Jurnal Poros , Vol. 6)1): 41-46.

loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Oli Castrol 2T (Castrol Activ 2T, Castrol Power 1, Castrol A747)"