Update Harga Obat Dexamethasone (Tablet, Strip, Box)

Apakah Anda familiar dengan obat bernama Dexamethasone? Ini adalah obat yang terutama ditujukan untuk mengatasi masalah alergi dan kondisi peradangan yang memberikan respons terhadap terapi kortikosteroid. Di pasaran, sudah banyak merk yang meluncurkan obat Dexamethasone, dan rata-rata dijual dengan yang cukup terjangkau.

Ilustrasi: Obat Dexamethasone dalam Botol (credit: washingtonpost)

Ilustrasi: Obat Dexamethasone dalam Botol (credit: washingtonpost)

Dikutip dari WebMD, Dexamethasone umumnya digunakan untuk mengobati kondisi seperti radang sendi, gangguan darah atau hormon atau sistem kekebalan tubuh, reaksi alergi, kondisi kulit dan mata tertentu, masalah pernapasan, gangguan usus tertentu, dan kanker tertentu. Obat ini juga dipakai sebagai tes untuk kelainan kelenjar adrenal (sindrom Cushing).

Sementara itu, menurut Hellosehat.com, obat Dexamethasone adalah hormon kortikosteroid (glukokortikoid). Obat ini mengurangi respon defensif alami tubuh dan mengurangi gejala seperti pembengkakan dan reaksi alergi. Obat ini juga dapat digunakan untuk mencegah mual dan muntah yang disebabkan oleh kemoterapi kanker.

Dosis Dexamethasone tergantung pada penyakit atau gejala yang ditangani. Biasanya, dosis awal yang diresepkan dokter berada di antara 0,75 mg sampai 9 mg per hari. Perlu diketahui juga bahwa dosis Dexamethasone juga akan disesuaikan dengan perkembangan penyakit atau gejala dan respons tubuh pasien terhadap obat ini. Untuk anak-anak, badan menjadi salah satu tolok ukur dalam menentukan dosis obat.

Pasien disarankan untuk mengonsumsi Dexamethasone sesuai takaran dosis dan frekuensi yang ditetapkan oleh dokter. Jika Anda tanpa sengaja lupa mengonsumsi satu dosis, segera konsumsi dosis yang tertinggal tersebut selama jedanya kurang dari satu hari. Namun, apabila sudah lewat satu hari, jangan menggandakan dosis.

Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaatnya. Untuk membantu Anda ingat, gunakan pada waktu yang sama setiap hari. Penting untuk terus minum obat ini, bahkan bila Anda telah merasa lebih baik. Ikuti penggunaan dosis secara hati-hati, dan minum obat ini persis sesuai dengan yang ditentukan.

Jangan berhenti minum obat ini tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda. Beberapa kondisi bisa menjadi lebih buruk ketika penggunaan obat ini tiba-tiba berhenti. Dosis Anda mungkin perlu diturunkan secara bertahap. Informasikan dokter Anda jika kondisi Anda tidak membaik atau semakin memburuk.

Dosis Dexamethasone

Menurut Hellosehat.com, untuk mengobati Acute Mountain Sickness (AMS), Croup, asma, dan anti-inflamasi, dosis Dexamethasone adalah:

Ilustrasi: Penggunaan Dexamethason Untuk Penanganan Pasien Covid-19 (credit: emra.org)

Ilustrasi: Penggunaan Dexamethason Untuk Penanganan Pasien Covid-19 (credit: emra.org)

  • Oral, infus, dan suntik dalam bentuk natrium fosfat sebesar 0,75 sampai 9 mg per hari dalam dosis yang terbagi setiap 6 sampai 12 jam.
  • Suntikan dalam bentuk asetat sebanyak 8 sampai 16 mg, dapat diulang tiap 1 sampai 3 minggu.
  • Suntik dalam bentuk asetat sebanyak 0,8 sampai 1,6 mg.
  • Suntikan ke sendi atau jaringan lunak dalam bentuk asetat sebanyak 4 sampai 16 mg, dapat diulang tiap 1 sampai 3 minggu.

Untuk mengobati edema cerebri, dosis Dexamethasone adalah dosis awal 10 mg IV sekali, diikuti oleh 4 mg suntik setiap 6 jam sampai gejala edema cerebri mereda. Dosis dapat dikurangi setelah 2 sampai 4 hari dan dihentikan perlahan selama 5 sampai 7 hari. 

Sementara, untuk mengobati sindrom Cushing, dosis Dexamethasone adalah tes supresi atau diagnosis sindrom Cushing sebanyak 1 mg per oral pada jam 23:00. Pengukuran kortisol plasma darah pada jam 8:00 pagi keesokannya. Atau, berikan 0,5 mg per oral setiap 6 jam selama 48 jam (dengan pengumpulan urine 24 jam untuk ekskresi 17-hydroxycorticosteroids).

Untuk mengobati mual atau muntah akibat kemoterapi, dosis Dexamethasone adalah:

  • Profilaksis: 10 mg-20 mg per oral atau infus, 15-30 menit sebelum pengobatan selama hari pengobatan.
  • Untuk infus kontinyu dari kemoterapi: 10 mg oral atau infus setiap 12 jam selama hari pengobatan.
  • Untuk terapi ringan emetogenik: 4 mg oral, infus atau suntik setiap 4-6 jam.
  • Mual dan muntah tertunda: 8 mg per oral setiap 12 jam selama 2 hari, kemudian 4 mg setiap 12 jam selama 2 hari. Atau, berikan 20 mg per oral 1 jam sebelum kemoterapi.

Untuk mengobati syok, dosis Dexamethasone adalah:

  • Krisis addisonian/syok: 4-10 mg infus sebagai dosis tunggal, ulangi jika perlu.
  • Syok tidak responsif: 1-6 mg/kg infus sebagai dosis tunggal atau sampai dengan 40 mg untuk dosis awal diikuti oleh pengulangan dosis setiap 2 sampai 6 jam selama syok berlangsung.

Untuk mengobati multiple myeloma, dosis Dexamethasone adalah 40 mg/hari, hari 1-4, 9-12, dan 17-20, diulang setiap 4 minggu (penggunaan tunggal atau sebagai bagian dari pengobatan kombinasi). Sementara, untuk pengobatan multiple sclerosis, dosis yang diberikan adalah oral 30 mg per hari selama 1 minggu, diikuti oleh 4 sampai 12 mg per hari selama 1 bulan.

Ilustrasi: Obat Dexamethasone (credit: rri.co.id)

Ilustrasi: Obat Dexamethasone (credit: rri.co.id)

Harga Dexamethasone

Merk DexamethasoneHarga
Dexaharsen Dexamethasone 0,5 mgRp313 per tablet
Dexaharsen Dexamethasone 0,5 mgRp14.689 per strip
Dexaharsen Dexamethasone 0,5 mgRp42.400 per box
Dexamethasone IF 0,5 mgRp122 per tablet
Dexamethasone IF 0,5 mgRp4.900 per strip
Dexamethasone IF 0,5 mgRp25.000 per box
Cortidex Dexamethasone 0,5 mgRp420 per tablet
Cortidex Dexamethasone 0,5 mgRp38.000 per box
Dexamethasone Kimia FarmaRp227 per tablet

Harga obat Dexamethasone di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko obat, apotek, dan situs jual beli online. Jika dibandingkan dengan tahun 2019 dan 2020, harga obat Dexamethasone tahun ini mengalami sedikit kenaikan. Sebagai contoh, Dexaharsen Dexamethasone 0,5 mg yang semula dijual dengan harga Rp307 per tablet, naik menjadi Rp313 per tablet. Untuk mengetahui informasi lebih detail, Anda bisa mengunjungi langsung toko obat atau apotek terdekat di sekitar domisili Anda.

[: Almas]

Baca juga  Harga Micardis 80 mg (Tablet dan Dus)
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Harga Obat Dexamethasone (Tablet, Strip, Box)"