Harga Obat Asam Traneksamat Untuk Hentikan Pendarahan

Untuk beberapa wanita, setiap mengalami siklus bisa menjadi waktu yang cukup menyebalkan dan penuh keterbatasan. Selain membuat aktivitas jadi terbatas, ada juga yang merasa kesulitan karena merasa tidak nyaman, dan yang lainnya tidak dapat melakukan aktivitas favorit atau acara penting mereka.

Ilustrasi: pendarahan (sumber: thesgem.com)

Ilustrasi: (sumber: thesgem.com)

Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menghentikan menstruasi lebih cepat bahkan hanya dalam 1 hari. Beberapa di antaranya aman dilakukan setiap bulan, tetapi yang lainnya hanya boleh digunakan secukupnya atau dengan persetujuan dokter. Dan salah satu hal yang biasa dilakukan adalah mengonsumsi asam traneksamat.

Asam traneksamat () adalah obat yang menginduksi pembekuan darah di rahim, sehingga diklaim mengurangi pendarahan menstruasi yang berat sekitar 30-60 persen. Anda bisa minum 2-3 , 3-4 kali sehari saat menstruasi dimulai. Cara ini dapat berlanjut selama tiga atau empat hari.

Obat antiinflamasi non steroid seperti asam mefenamat, ibuprofen, atau naproxen adalah obat penghilang rasa sakit yang mungkin juga direkomendasikan untuk mengendalikan aliran darah menstruasi. Tablet ini membantu mengurangi kram perut yang berhubungan dengan menstruasi, namun bisa juga mengurangi pendarahan hingga 20-50%. Anda dapat meminumnya 3-4 kali sehari sebelum menstruasi dan teruskan minum sampai menstruasi Anda berhenti.

Gonadotropin-releasing hormone agonists adalah obat yang dapat mengurangi pendarahan selama menstruasi dan mensimulasikan menopause sementara, termasuk hot flashes. Namun, obat ini hanya boleh digunakan secara jangka pendek karena sangat mahal dan bisa menghasilkan efek samping yang serius. Obat ini bekerja dengan mengganggu aktivitas estrogen di tubuh Anda. Penggunaan jangka panjang bisa menyebabkan tulang lemah atau osteoporosis.

Cara Kerja Asam Traneksamat

Asam traneksamat bekerja dengan cara menghambat hancurnya bekuan darah yang sudah terbentuk, sehingga perdarahan tidak terus terjadi. Asam traneksamat digunakan untuk mengurangi perdarahan pada wanita dengan menorrhagia dan mencegah perdarahan saat tindakan cabut gigi pada hemofilia. Namun terkadang asam traneksamat juga digunakan untuk mimisan, hifema atau perdarahan pada mata, perdarahan pasca operasi, dan hereditary angioedema, yaitu kelainan genetik yang mengakibatkan pembengkakan di bawah kulit.

Interaksi Obat

Berikut ini adalah sejumlah interaksi yang dapat terjadi jika menggunakan asam traneksamat bersama dengan obat-obatan lain:

  • Meningkatkan risiko pembentukan gumpalan darah yang dapat menyumbat pembuluh darah, jika digunakan bersamaan dengan hormon estrogen dan faktor pembekuan.
  • Meningkatkan risiko pembentukan gumpalan darah yang bersifat fatal pada penderita leukemia jika digunakan dengan tretinoin.

Efek Samping Asam Traneksamat

Obat asam traneksamat (sumber: aliexpress.com)

Obat asam traneksamat (sumber: aliexpress.com)

Berikut ini adalah efek samping yang mungkin timbul dari penggunaan asam traneksamat tablet atau kapsul:

  • Sakit kepala.
  • Nyeri otot dan sendi.
  • Hidung tersumbat.
  • Nyeri perut.
  • Nyeri punggung.
  • Mual dan muntah.
  • Diare
  • Lemas.
  • Anemia.
  • Migrain.
  • Pusing.

Dosis Asam Traneksamat

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. Selalu konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai .

Dosis asam traneksamat untuk orang dewasa

Untuk penanganan perdarahan dalam jangka pendek:

  • Tablet oral: Minum 1-1,5 atau 15-25 mg/kg 2-3 kali sehari
  • Suntikan intravena: 0.5-1 gr atau 10mg/kg 3 kali sehari atau 25-50 mg/kg dalam per harinya dalam cairan infus kontinyu

Untuk penanganan angioedema turunan:

  • Tablet oral: 1-1.5 gr 2-3 kali sehari
  • Dosis asam traneksamat untuk -anak

Untuk penanganan perdarahan dalam jangka pendek:

  • Tablet oral: Minum 25 mg/kg 2-3 kali sehari
  • Suntikan intravena: 10 mg/kg 2-3 kali sehari

Untuk penanganan angioedema turunan:

  • Tablet oral: 25 mg/kg 2-3 kali sehari

Dosis asam traneksamat untuk pengobatan perdarahan siklus menstruasi berat pada remaja (usia 12-18 tahun)

  • Minum 1,300 mg (dua 650 mg tablet) tiga kali per hari (3,900 mg/hari) untuk maksimal 5 hari saat menstruasi bulanan.

Dosis dan lama pengobatan adalah berdasarkan kondisi medis Anda dan respon pengobatan. Dosis juga berdasarkan berat badan. Jangan naikkan dosis, jangan gunakan lebih sering, atau menggunakan lebih lama dari resep yang diberikan. Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat terbaik. Untuk membantu Anda mengingat, gunakan pada waktu yang sama setiap harinya. Katakan pada dokter Anda jika kondisi Anda berlangsung lama atau memburuk.

Anjuran Menggunakan Obat Asam Traneksamat Dengan Benar

Ilustrasi: konsumsi obat asam traneksamat (sumber: rd.com)

Ilustrasi: obat asam traneksamat (sumber: rd.com)

Ikutilah anjuran dokter dan bacalah informasi yang tertera pada label kemasan obat sebelum menggunakan asam traneksamat. Jangan menambah atau mengurangi dosis tanpa konsultasi lebih dahulu kepada dokter.

Asam traneksamat oral dapat dikonsumsi sebelum atau setelah makan. Gunakan air untuk menelan asam traneksamat tablet secara utuh. Jangan menghancurkan, mengunyah, atau membelah tablet karena dapat meningkatkan efek samping obat.

Usahakan untuk selalu mengonsumsi asam traneksamat pada jam yang sama setiap harinya. Bagi pasien yang lupa mengonsumsi asam traneksamat, disarankan untuk segera melakukannya begitu teringat, jika jeda dengan jadwal konsumsi berikutnya tidak terlalu dekat. Jika sudah dekat, abaikan jangan menggandakan dosis.

Untuk penanganan perdarahan pada masa menstruasi, asam traneksamat sebaiknya dikonsumsi ketika masa menstruasi dimulai. Jangan mengonsumsi asam traneksamat jika tidak sedang menstruasi, dan jangan mengonsumsi obat ini selama lebih dari 5 hari dalam siklus menstruasi atau 6 tablet dalam 24 jam. Asam traneksamat digunakan untuk mengurangi jumlah darah selama masa menstruasi, bukan untuk menghentikan darah menstruasi. Segera hubungi dokter jika perdarahan tidak membaik atau semakin memburuk.

Harga Obat Asam Traneksamat

Obat Asam Traneksamat bisa dibeli di sejumlah apotik terdekat tempat tinggal Anda. Di K24, obat ini dijual dengan harga Rp2.700 per tablet. Anda juga bisa membelinya dalam bentuk strip berisi 10 tablet. Jangan lupa untuk menyimpan asam traneksamat pada suhu ruangan dan di dalam wadah tertutup, sehingga tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung, dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Baca juga  Update Tarif/Harga Pijat di Nakamura The Healing Touch
loading...

Leave a reply "Harga Obat Asam Traneksamat Untuk Hentikan Pendarahan"