Harga Oasis Floral Wet Foam (Eceran dan Dus)

No comment338 views

Apakah Anda suka merangkai ? Jika iya, Anda tidak perlu lagi bingung mencari lahan khusus untuk menyalurkan hobi Anda tersebut. Pasalnya, Anda bisa melakukan hobi Anda ini dengan menggunakan floral wet foam. Ada sejumlah brand yang dapat dipilih, termasuk Oasis, dengan busa yang relatif terjangkau, sehingga dapat menghemat anggaran berkebun Anda.

Oasis floral wet foam (sumber: oasisfloralproducts.com)

Oasis floral wet foam (sumber: oasisfloralproducts.com)

Bunga merupakan salah satu hias yang kerap dibudidayakan oleh banyak orang. Tumbuhan ini bisa Anda tanam di rumah, di dalam rumah, atau sebuah khusus. Umumnya, tanaman bunga ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dan tidak rimbun, berbeda dengan pepohonan, sehingga juga membutuhkan lahan yang relatif tidak terlalu luas.

Ada banyak jenis bunga yang dapat Anda pilih untuk dibudidayakan. Salah satu yang sudah hits sejak dulu hingga sekarang adalah mawar. Bunga ini sendiri memiliki sejumlah manfaat, sebagai tanaman hias untuk mempercantik halaman atau teras, dimanfaatkan sebagai bunga potong untuk mempercantik ruangan, hingga digunakan dalam industri pembuatan parfum.[1] Bisa dibilang, tanaman mawar tidak pernah mati digerus zaman.

Selain mawar, anggrek juga merupakan salah satu jenis tanaman hias yang cukup populer dan disukai oleh banyak orang, karena bentuk dan warna bunganya yang unik dan menarik, tahan lama, serta tidak mudah layu.[2] Komoditas ini sendiri dapat digunakan sebagai tanaman hias di taman, pot, atau secara potong, serta digunakan untuk berbagai event penting, seperti resepsi pernikahan, rangkaian bunga untuk ucapan selamat, atau pesta ulang tahun.[3]

Baca juga  Update Harga Udang Windu (Pancet) per Kg di Indonesia

Umumnya, media tanam yang digunakan untuk membudidayakan bunga adalah memakai campuran pasir dan tanah, baik diletakkan di pot, polybag, atau sebuah lahan. Sayangnya, tidak semua orang memiliki lahan yang luas untuk bercocok tanam bunga. Untungnya, saat ini sudah ada floral wet foam yang dapat digunakan untuk menanam maupun merangkai bunga.

Manfaat Floral Wet Foam

Secara sederhana, floral foam dapat dikatakan sebagai bahan yang biasanya digunakan untuk merangkai bunga atau karangan bunga. Floral foam ini dipakai untuk menancapkan batang-batang bunga, baik bunga dalam kondisi (hidup) maupun bunga tiruan (biasanya plastik). Floral foam ini memiliki bobot yang cukup ringan serta rapuh.

Oasis floral wet foam (sumber: koch.com)

Oasis floral wet foam (sumber: koch.com)

Setidaknya, ada dua jenis floral foam yang beredar di pasaran, yakni floral foam basah dan floral foam . Floral foam , seperti namanya, tidak dapat menyerap air dan karenanya lebih sering dipakai untuk menanam atau menancapkan bunga tiruan. Sementara, floral foam basah atau wet, dapat menyerap air dan karena itu cocok digunakan untuk menancapkan bunga segar karena tidak membuatnya layu.

Baca juga  Harga Buah Peach Segar dan Kering di Pasaran

Selain untuk merangkai bunga, floral foam, khususnya yang basah, juga kerap digunakan sebagian orang untuk budidaya tanaman dengan sistem cangkok. Pasalnya, floral wet foam ini punya daya simpan air yang sangat tinggi serta memiliki ruang pori yang sangat banyak. Apabila digunakan sebagai bahan cangkok, pertumbuhan akar dikatakan bisa mudah terjadi karena ketersediaan air yang sangat tinggi, serta tekstur yang cukup rapuh dan lembut sehingga mudah ditembus akar-akar muda sekalipun. Dengan demikian, pertumbuhan akar relatif cepat dan mudah diamati.

Saat ini, ada banyak produk floral wet foam yang sudah dijual di pasaran, baik yang bermerk maupun tanpa brand. Jika Anda membutuhkan produk yang berkualitas, salah satu yang kerap direkomendasikan adalah Oasis. Pasalnya, brand ini diklaim telah merevolusi industri bunga sejak tahun 1954 silam dengan produk yang dirancang untuk membantu desainer dan menghemat waktu dan uang mereka yang berharga saat merangkai bunga.

Baca juga  Info Cara Menanam, Manfaat, dan Harga Bibit Rumput Odot

Harga Oasis Floral Wet Foam

Tidak susah mendapatkan produk floral foam basah buatan Oasis karena sudah dijual bebas di pasaran. Anda bisa membelinya di berbagai florist maupun lewat situs jual beli online. Jika membeli secara eceran, harganya mulai Rp6.500 per , namun ada juga yang menjual Rp10 ribuan per . Sementara, apabila Anda membeli satu dus, harganya dipatok Rp125 ribu hingga Rp200 ribuan berisi 20 brick dengan ukuran masing-masing 23 x 10,5 x 7,5 cm.

[1] Suhertitha, Fivi, Kelin Tarigan, Salmiah. 2013. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Budidaya Mawar. (Studi Kasus: Desa Bangun Sari, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang). Journal of Agriculture and Agribusiness Sosioeconomics Universitas Sumatera Utara.

[2] Andri, Kuntoro Boga, dkk. 2015. Potensi Pengembangan Agribisnis Bunga Anggrek di Kota Batu Jawa Timur. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum, Vol. 2(1): 19-30.

[3] Amarta (Agribusiness Market and Support Activity). 2007. Penilaian Rantai Nilai Sektor Florikultur Tropis di Indonesia. USAID (United States Agency for International Development).

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Oasis Floral Wet Foam (Eceran dan Dus)"