Harga Oasis Botol dan Gelas 1 Dus

No comment1871 views

Jika zaman dulu orang harus merebus air terlebih dahulu sebelum mengonsumsi air mineral, sekarang sudah tidak lagi. Pasalnya, sudah banyak produsen yang merilis air mineral kemasan siap minum, baik dalam wadah botol maupun gelas plastik. Beberapa merk yang populer antara lain Aqua, Ades, Club, Cleo, Total 8+, Cheers, Oasis, Club, Le Minerale, dan sejumlah lainnya, dengan harga yang bisa dikatakan relatif terjangkau.

Air mineral kemasan botol

Air mineral kemasan botol

Saat ini, kebutuhan air mineral dalam kemasan (AMDK) di Indonesia memang kian meningkat seiring dengan jumlah penduduk yang cukup pesat. Selain itu, banyak warga yang memilih produk AMDK dibandingkan air minum biasa karena dinilai lebih praktis. Jadi, wajar jika kemudian yang memproduksi AMDK pun naik tajam, dari 473 perusahaan dengan 1.000 merk pada tahun 2010, menjadi 800 perusahaan pada tahun 2013.[1]

AMDK sendiri dikatakan memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan tubuh. Pasalnya, produk ini sudah mengandung sejumlah mineral yang baik, seperti kalsium yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, sodium yang diperlukan untuk menjaga keseimbangan dalam tubuh, magnesium yang berguna untuk membantu proses pencernaan protein, kalium yang dibutuhkan untuk membantu pembentukan sel, serta bikarbonat yang penting untuk memelihara keseimbangan keasaman darah dan mendukung proses pencernaan dalam perut.

Baca juga  Update Harga Dempul Sanpolac (250 gr, 1 kg, 4 kg)

Selain AMDK, sebenarnya ada juga sebagian masyarakat yang memilih menggunakan produk air minum isi ulang untuk memenuhi asupan cairan harian mereka. Bahkan, konon, konsumsi air minum isi ulang lebih banyak dibandingkan air minum dalam kemasan lantaran harga yang ditawarkan jauh lebih murah, bisa sepertiga atau seperempat dari harga AMDK. Harga yang ditawarkan bisa lebih terjangkau karena depot air minum isi ulang tidak memerlukan pengemasan dan pengiriman, serta modal besar untuk membuka usaha tersebut.[2]

Walau demikian, untuk mereka yang mengedepankan kualitas, AMDK tentu masih menjadi pilihan utama. Pasalnya, AMDK sudah mendapatkan izin untuk usaha produksi, peredaran, serta pengawasan. Sebaliknya, perizinan, pembinaan, dan pengawasan, depot air minum isi ulang kebanyakan masih belum dilaksanakan sebagaimana mestinya sehingga keamanan dan kualitas yang dihasilkan pun relatif meragukan.

Nah, karena semakin banyak pemain yang turut ambil, persaingan untuk meraih konsumen di pasar AMDK pun sangat sengit. Karena itu, merk harus dikelola dengan baik karena dalam era globalisasi seperti sekarang ini, loyalitas konsumen terhadap suatu brand kerap rapuh. Loyalitas konsumen sendiri dapat terbentuk ketika perusahaan mampu menghasilkan produk yang dapat memuaskan keinginan dan kebutuhan mereka, sehingga terpatri dalam ingatan pembeli.[3]

Baca juga  Harga Minyak Tawon Tutup Merah (30 ml, 60 ml, 90 ml, 330 ml)

Nah, dari sekian merk yang sudah beredar di dalam negeri, produk yang mungkin kurang familiar namun dapat menjadi pilihan Anda adalah Oasis. Pasalnya, produk ini diklaim dapat dikonsumsi oleh semua kalangan karena sudah diproses secara higienis menggunakan sand filter, carbon filter, dan UV. Proses tersebut konon menghasilkan ion positif yang akhirnya membentuk air mineral pH 9 yang cukup tinggi.

Harga Air Mineral Oasis

Oasis kemasan botol (sumber: shopee)

Oasis kemasan botol (sumber: shopee)

Kemasan OasisHarga
Oasis Gelas 240 mlRp700
Oasis Botol 300 mlRp2.000
Oasis Botol 600 mlRp2.500
Oasis Botol 1500 mlRp3.000
Oasis+ Botol 500 mlRp5.000
Oasis Gelas 240 mlRp18.000 – Rp23.000 per dus (isi 48 gelas)
Oasis Botol 600 mlRp28.700 per dus (isi 24 botol)
Oasis Botol 1500 mlRp34.700 per dus (isi 12 botol)

Harga air mineral merk Oasis di atas kami rangkum dari sejumlah sumber, termasuk sejumlah situs jual beli online dalam negeri. Perlu diketahui bahwa harga air mineral Oasis tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga air mineral Oasis ini juga bisa berbeda-beda di masing-masing tempat atau toko, tergantung kebijakan penjual.

Baca juga  Harga Bronjong per Lembar (Manual dan Pabrikasi)

Walau diklaim lebih higienis, namun Anda tidak boleh sembarangan ketika membeli AMDK. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk memastikan kualitas produk masih bagus. Perubahan kualitas akan terjadi jika air minum terlalu lama terpapar panas. Selain itu, tidak disarankan membeli AMDK jika kemasan sudah berubah atau penyok meski air di dalamnya masih utuh.

Yang tidak kalah penting adalah perhatikan tanggal expired produk yang bersangkutan, jangan sampai membeli AMDK yang sudah kedaluwarsa karena dijamin tidak baik untuk kesehatan Anda. Perhatikan pula warna, bau, dan rasa produk. Biasanya, AMDK yang berkualitas adalah yang berwarna bening serta berbau layaknya air segar dari daerah pegunungan.

[1] Widjaja, Astriani dan Yonahes Sondang Kunto. 2014. Analisa Persepsi Konsumen Tentang Atribut Produk AMDK. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, Vol. 2(1): 1-8.

[2] Parimin, dkk. 2016. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan Air Minum Isi Ulang di Kota Binjai. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, Vol. 6(2): 103-112.

[3] Purnomo, Agus. 2011. Pengaruh Brand Equity terhadap Loyalitas Konsumen Produk Air Minum dalam Kemasan (AMDK) Merk Aqua di Bandar Lampung. Sosialita Universitas Bandar Lampung, Vol. 1(2).

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Oasis Botol dan Gelas 1 Dus"