Info Terbaru Harga Novorapid Flexpen

Novorapid merupakan alat kesehatan yang diproduksi oleh Novo Nordisk Indonesia. Alat ini digunakan untuk mengurangi tingkat gula darah tinggi pada orang dewasa, remaja, dan anak-anak berusia 10 tahun ke atas dengan diabetes mellitus (kencing manis). Produk Novorapid Flexpen dijual dengan harga mencapai ratusan ribu rupiah per box.

Novorapid Flexpen (sumber: globo.com)
Novorapid Flexpen (sumber: globo.com)

Digunakan untuk memasukkan insulin, Novorapid mampu membantu memperbaiki produksi insulin yang dihasilkan tubuh dengan cepat dan modern, dengan cara disuntikkan ke dalam tubuh. Novorapid akan mulai untuk menurunkan gula darah 10-20 menit setelah menyuntikkannya ke dalam tubuh, efek maksimum terjadi antara 1 dan 4 jam setelah injeksi, dan efeknya bertahan hingga 24 jam.

Bacaan Lainnya

Masa kerja Novorapid terbilang cepat, karena termasuk golongan insulin aspart dengan masa kerja obat 15 sampai 30 menit, dengan masa kerja 3-6,5 jam, efektif bila diberikan 5 sampai 10 menit sebelum makan. Analog insulin ini dibuat melalui teknologi DNA rekombinan dengan mengganti asam amino tunggal prolin (Pro) pada B28 dengan asam aspartat (Asp).

Penggantian ini meningkatkan muatan repulse yang dapat mencegah pembentukan heksamer, sehingga analog insulin ini diserap dengan cepat ke dalam aliran darah. Kerja cepat analog insulin ini dianggap sama dengan cara insulin dilepaskan pada orang tanpa diabetes mellitus. Dosis insulin tergantung pada kondisi individu pasien, pada umumnya 0,5-1 IU/kgbb/hari.[1]

Cara Pemakaian Novorapid Flexpen

  1. Cuci tangan dengan air dan sabun.
  2. Siapkan pen insulin yang akan digunakan (apabila baru dikeluarkan dari lemari pendingin, tunggu suhu insulin hingga suhu kamar baru bisa digunakan), dan lepaskan penutup pen insulin.
  3. Jika insulin terlihat keruh, putar/gulung pen di antara kedua telapak tangan.
  4. Ambil jarum dan buka kertas penutup jarum (jangan sentuh jarum dengan tangan secara langsung), kemudian pasang pada pen insulin dengan cara memutar jarum pada ujung (tempat meletakkan jarum) pen insulin.
  5. Lepaskan kemasan plastik dan penutup jarum insulin.
  6. Hilangkan udara dengan cara memutar tombol dosis (1 atau 2 unit), kemudian arahkan pena hingga jarum mengarah tegak lurus ke atas dan tekan tombol dosis hingga insulin muncul /terlihat di ujung jarum. Setelah itu, posisikan dosis ke nol (0).
  7. Kemudian, putar tombol dosis sesuai dengan aturan dosis yang diberikan.
  8. Pilih lokasi tubuh yang akan disuntikkan insulin, biasanya pada bagian perut, paha, atau lengan atas. Tidak dianjurkan untuk menyuntik pada lokasi yang sama terus-menerus dan harus dilakukan rotasi lokasi suntik. Usap dengan alkohol, kemudian tunggu sampai alkohol kering.
  9. Pegang pen dengan 4 jari dan jempol diletakkan pada tombol dosis, cubit bagian kulit yang akan disuntik.
  10. Suntikkan dengan posisi 90 derajat, lepaskan cubitan dan tekan tombol dosis dengan jempol hingga berhenti (klep dosis akan kembali ke nol),kemudian biarkan selama 5-10 detik agar insulin tidak tumpah.
  11. Setelah selesai, lepaskan jarum dari pen dan buang jarum pada tempat yang aman.
Novorapid Flexpen (youtube: Diabetes)
Novorapid Flexpen (youtube: Diabetes)

Harga Novorapid Flexpen

Kemasan Novorapid FlexpenHarga SebelumnyaHarga Sekarang
Novorapid Flexpen Insulin per penRp221.779Rp99.200 – Rp114.000
Novorapid Flexpen Insulin 1 box isi 5 penRp768.500Rp550.000 – Rp565.000

Informasi harga Novorapid Flexpen Insulin di atas dirangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online. Perlu Anda ketahui bahwa harga Novorapid Flexpen tersebut dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Jika dibandingkan dengan tahun 2020 lalu, harga Novorapid Flexpen tahun 2021 mengalami kenaikan, namun turun di tahun 2022. Sebagai contoh, Novorapid Flexpen Insulin per pen yang awalnya dibanderol Rp90 ribu hingga Rp135 ribu, naik menjadi Rp221 ribuan, namun sekarang turun lagi jadi kisaran Rp99 ribuan sampai Rp114 ribuan. Selain itu, harga Novorapid Flexpen yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari penawaran pihak penjual.

Novorapid Flexpen termasuk obat keras yang hanya bisa dibeli dengan resep dokter. Anda bisa membeli Novorapid Flexpen di toko obat atau terdekat yang ada di kota tempat tinggal Anda. Sebaiknya Anda juga lebih waspada saat hendak membeli Novorapid Flexpen. Sebab kabarnya juga beredar Novorapid Flexpen palsu yang justru sangat berisiko untuk kesehatan Anda.

Cara Penyimpanan Novorapid Flexpen

Simpan penfill yang tidak digunakan dalam lemari es (2-8°C) dalam kemasannya, jangan diletakkan dalam atau di dekat freezer dan jangan dibekukan. Simpan agar terhindar dari sinar matahari. Lindungi dari pemanasan yang berlebihan dan sinar matahari. Insulin yang sedang digunakan tidak boleh disimpan dalam lemari pendingin. Harap disimpan di suhu ruang tidak lebih dari 30°C dan dapat disimpan hingga 6 minggu sejak pertama kali dibuka.

[1]Siswandono. 2016. Kimia Medisinal 2 Edisi 2. Surabaya: Airlangga University Press.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *