Indikasi, Komposisi, Dosis, dan Harga Neurobion Biru

Pastinya Anda sudah cukup familiar dengan Neurobion. Ini memang salah satu jenis obat yang banyak dikonsumsi orang dewasa, terutama lansia.Saat ini, Neurobion telah hadir dalam berbagai macam varian kemasan, salah satunya Neurobion yang dikemas dalam kaplet berwarna biru, dengan harga yang tergolong terjangkau.

Gejala Neuropati Perifer Diabetik pada Lansia (sumber: Klikdokter)

Gejala Neuropati Perifer Diabetik pada Lansia (sumber: Klikdokter)

Indikasi dan Komposisi Neurobion Biru

Alasan Neurobion sering dikonsumsi oleh orang dewasa atau lansia, karena obat tersebut yang biasanya diberikan pada penderita diabetes melitus, mengingat masih jarang ada pasien diabetes melitus dari kalangan remaja atau . Obat ini dapat diberikan pada pasien diabetes melitus yang memiliki komplikasi NPD (Neuropati Perifer Diabetik).

NPD merupakan salah satu jenis komplikasi kronis yang paling banyak ditemukan pada pasien diabetes melitus. NPD sendiri memiliki variasi manifestasi, antara lain dengan keluhan nyeri hebat atau tanpa keluhan. Untuk menurunkan gejala NPD, seperti nyeri, rasa terbakar, paresthesia, mati rasa, dan lain-lain, biasanya akan meresepkan beberapa macam obat, di antaranya antikonvulsan dan neurotropik seperti Neurobion Biru.

Neurobion Biru sendiri merupakan suplemen vitamin neurotropik yang mengandung vitamin B1, B6, dan B12. Vitamin neurotropik seperti ini berfungsi menormalkan fungsi dengan cara memperbaiki gangguan metabolisme melalui pemberian asupan yang dibutuhkan.[1]

Baca juga  Update Harga Minyak Cengkeh (Cengkih) di Pasaran

Selain digunakan sebagai terapi untuk penderita NPD, Neurobion Biru juga memiliki indikasi untuk pasien kekurangan vitamin B, mengatasi gejala anemia, kelelahan atau tubuh melemah, berat badan menurun, kerusakan dan nyeri saraf, kondisi kebingungan, depresi, kepala, masalah ingatan dan risiko demensia, gagal jantung, sistem imun menurun, masalah ginjal, masalah pada kulit, rambut rontok, dan gangguan hati.

Semua indikasi Neurobion di atas tentunya tidak lepas dari komposisinya. Dalam satu tablet Neurobion Biru, dikatakan sudah mengandung vitamin B1 (Thiamine Mononitrate) 100 mg, vitamin B6 (Pyridoxine Hydrochloride) 200 mg, dan vitamin B12 (Cyanocobalamin) 200 mcg.

dan Cara Konsumsi Neurobion Biru

Dilansir dari hellosehat, sebenarnya siapapun bisa mengonsumsi Neurobion Biru. Namun, vitamin ini akan lebih bermanfaat bagi orang yang mengalami defisiensi vitamin B. Kebanyakan pasien yang sering mengalami kekurangan vitamin B, yaitu lansia, ibu hamil, pasien dengan riwayat penyakit kronis, orang yang sering menjalani diet ketat, pasien yang sedang mengonsumsi metformin, dan pasien yang sedang mengonsumsi acid reducer.

Ilustrasi: Mengonsumsi Neurobion Biru (sumber: Kompas.com)

Ilustrasi: Mengonsumsi Neurobion Biru (sumber: Kompas.com)

Neurobion Biru harus diminum sesuai dengan dosis yang dianjurkan oleh dokter. Meski demikian, Anda pun bisa minum Neurobion Biru dengan dosis umum, yaitu 1 tablet dalam sehari. Cara minum Neurobion Biru tidaklah sulit, Anda hanya perlu mengonsumsinya seperti ketika Anda minum obat pada umumnya.

Baca juga  Update Terkini Tarif Iuran BPJS Ketenagakerjaan Terbaru

Minumlah Neurobion Biru setelah makan, ditemani air putih minimal 250 ml atau segelas. Setelah mengonsumsi Neurobion Biru, Anda dianjurkan untuk minum lebih banyak air, minimal 8 gelas setiap hari. Ini akan membantu mempercepat proses penyerapan vitamin dalam tubuh Anda.

Neurobion Biru

Perlu Anda ketahui, meskipun Neurobion Biru bisa Anda dapatkan dengan mudah, Anda tetap harus mengikuti anjuran pemakaiannya. Cara minum yang kurang tepat atau dengan dosis berlebihan, dapat menimbulkan efek samping yang buruk. Selain itu, bagi Anda yang memiliki hipersensitif atau terhadap kandungan Neurobion Biru, tidak disarankan mengonsumsinya.

Manfaat Konsumsi Neurobion (sumber: Alodokter)

Konsumsi Neurobion (sumber: Alodokter)

Ada banyak efek samping yang dapat ditimbulkan oleh Neurobion Biru, antara lain mual, muntah, sakit perut, diare, ruam di kulit, gatal-gatal, mengi atau sesak napas, kesulitan berbicara, sakit tenggorokan, suara serak, dan pembengkakan (di mulut, bibir, lidah, dan tenggorokan). Apabila pasien mengalami gejala tersebut, sebaiknya segera menghentikan konsumsi. Jika gejala masih terus berlanjut, Anda juga harus berkonsultasi dengan dokter dan meminta obat untuk mengurangi atau mengatasi gejalanya.

Baca juga  Info Dosis dan Harga Terbaru Obat Cataflam

Harga Neurobion Biru

Setelah mengetahui indikasi dan cara pemakaiannya, apakah Anda ingin membeli Neurobion Biru? Jika iya, Anda bisa membelinya di terdekat atau secara online dengan harga mulai Rp21.395 hingga Rp23.000 per kemasan isi 25 strip. Perlu Anda ketahui bahwa harga Neurobion di atas tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Khusus bagi pasien dengan penyakit kronis atau penyakit tertentu, harus mendapatkan resep dokter terlebih dahulu jika ingin membeli Neurobion Biru. Ini karena pasien harus mendapatkan dosis dan anjuran minum yang sesuai dengan kondisi penyakitnya.

[1] Dewi, Ratna Sari Kusuma, dkk. 2016. Pemberian Kombinasi Vitamin B1, B6, dan B12 Sebagai Faktor Determinan Penurunan Nilai Total Gejala pada Pasien Neuropati Perifer Diabetik. Jurnal Farmasi dan Komunitas, Vol. 13(2): 97-104.

loading...
author

Leave a reply "Indikasi, Komposisi, Dosis, dan Harga Neurobion Biru"