Dosis dan Update Harga Natrium Benzoat (Semua Merk)

Bagi Anda yang hobi , pastinya sudah tidak asing dengan natrium benzoat atau sodium benzoat. Ini merupakan salah satu bahan pengawet yang aman untuk membuat makanan menjadi lebih tahan lama. Karena tergolong pengawet makanan yang aman, banyak orang telah menjualnya dengan harga yang ternyata cukup terjangkau.

Ilustrasi: makanan kalengan yang diawetkan (sumber: healthline.com)
Ilustrasi: makanan kalengan yang diawetkan (sumber: healthline.com)

Dosis Natrium Benzoat

Pengawet adalah hal yang lazim ditambahkan dalam setiap produk pangan olahan. Bisa dibilang, pengawet merupakan salah satu bahan tambahan untuk mencegah atau menghambat proses fermentasi, pengasaman, atau penguraian lainnya terhadap bahan pangan akibat mikroorganisme. Bahan pengawet makanan hanya ditambahkan pada jenis bahan makanan yang mudah rusak. Selain itu, pengawet makanan juga berfungsi untuk menjaga kadar serta menambah daya simpan makanan.

Bacaan Lainnya

Pengawet yang terbilang murah dan mudah ditemukan adalah natrium benzoat (C7H5O2Na). Natrium benzoat merupakan garam natrium yang dipakai untuk menghambat serta aktivitas mikroorganisme pada makanan. Pengawet tersebut lebih banyak ditemukan pada produk makanan dan minuman, karena memiliki stabilitas dan kelarutan yang baik di air. Bisa dibilang, garam natrium mudah larut di air dalam keadaan normal atau suhu berubah.

Karena memiliki sifat mudah larut, natrium benzoat dapat diserap dengan cepat oleh sistem pencernaan maupun kulit. Setelah garam natrium diserap oleh tubuh, sodium benzoat akan dimetabolisme di hati melalui konjugasi dengan glisin dan menghasilkan asam hipurat. Asam hipurat tersebut nantinya akan diekskresikan melalui urine.

Meskipun asam benzoat terbilang aman untuk kesehatan, karena mudah diserap tubuh dan dapat dimetabolisme dengan cepat, penggunaannya tidak boleh asal-asalan. Pemakaian garam natrium harus disesuaikan dengan dosis dengan rumus terhadap banyaknya adonan atau bahan makanan yang ingin diawetkan.

Menurut penelitian, mengonsumsi natrium benzoat dengan dosis hingga 260 mg/kgBB, atau 75% hingga 100% dari dosis tersebut, akan diekskresikan dalam waktu 6 jam dan sisanya menetap selama 2-3 hari sebelum diekskresikan. Meskipun dapat dimetabolisme dengan cepat, namun semakin banyak natrium benzoat yang masuk ke tubuh, maka semakin lama proses penyerapan dan metabolismenya.

Selain dikeluarkan dari tubuh dalam waktu yang cukup lama, terlalu banyak mengonsumsi natrium benzoat juga tidak baik untuk kesehatan. Efek samping mengonsumsi natrium benzoat dengan kadar di atas normal, antara lain kejadian urtikaria, asma, rinitis, dan syok anafilaktik pada pasien dengan riwayat atopik. Menurut FDA (Food and Drug Administration), konsentrasi natrium benzoat yang aman pada makanan sebesar 0,1%. Sementara itu, menurut WHO, natrium benzoat aman dipakai dengan perbandingan 5 mg/kgBB. Di Indonesia sendiri, aturan pakai natrium benzoat yang aman adalah 1g/kg.[1]

Di samping mengonsumsi makanan dengan tambahan natrium benzoat sesuai aturan di atas, sebaiknya Anda tidak sering mengonsumsinya. Pasalnya, terlalu sering mengonsumsi makanan dengan natrium benzoat juga tidak baik, karena bisa mengganggu proses metabolisme pada tubuh. Natrium benzoat yang belum diekskresikan seluruhnya bisa mengalami penumpukan dalam tubuh dan berisiko menjadi racun.

Natrium benzoat (sumber: alibaba)
Natrium benzoat (sumber: alibaba)

Harga Natrium Benzoat

Merk dan Kemasan Natrium BenzoatHarga
Merak 15 grRp3.500
Lux Chemical X 100 grRp4.000
Koepoe Koepoe 33 grRp7.500
Lux Chemical X 250 grRp8.000
Planet Kimia 100 grRp13.000
Lux Chemical X 500 grRp17.000
Lux Chemical X 1 kgRp30.000
TnT 500 grRp33.300
Multi Jaya Kimia 1 kgRp36.000
PuroxS Grains 500 grRp41.000
Sodium Benzoat Powder 1 kgRp43.300
RRT 1 kgRp77.500
Benzomix 1 kgRp88.000
Koepoe Koepoe 1 kgRp90.000

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga natrium benzoat di saat ini terpantau fluktuatif. Misalnya, natrium benzoat merk Koepoe Koepoe 33 gram yang semula dijual seharga Rp6.500, sedikit naik menjadi Rp7.500. Berbeda dengan harga natrium benzoat kemasan 100 gram dari Planet Kimia yang justru turun dari Rp20 ribu menjadi Rp13 ribu.

Natrium benzoat tidak hanya bisa dipakai untuk mengawetkan bahan makanan atau minuman kemasan, Anda bisa menambahkannya dalam berbagai macam bumbu dapur, seperti kecap homemade, saus homemade, dan persediaan bumbu lainnya yang dibuat sendiri. Selain itu, natrium benzoat bisa dipakai untuk mengawetkan makanan manisan. Caranya tidaklah sulit, Anda hanya perlu memilih aneka buah yang Anda suka, misalnya lemon. Untuk membuat manisan lemon, Anda bisa menuangkan air gula dan buah lemon ke dalam toples yang sudah disterilkan. Setelah itu, tambahkan natrium benzoat sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

[Update: Ditta]

[1] Azmi, Dara Afifah, dkk. 2020. Identifikasi Kualitatif dan Kuantitatif Natrium Benzoat pada Saus Cabai yang Dijual di Beberapa Pasar di Padang. Jurnal Kesehatan Andalas, Vol. 9(1): 113-118.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *