Info Terbaru Harga Nanas Kalengan Berbagai Merk

Buah nanas memang cocok dikonsumsi saat musim panas. Betapa tidak, buahnya yang manis dan segar akan seketika menyegarkan tubuh Anda. Tidak hanya itu, nanas memiliki khasiat yang baik untuk pencernaan. Seiring permintaan konsumen, nanas dikalengkan sehingga lebih praktis dikonsumsi di mana saja. Harga nanas kalengan ini juga relatif terjangkau, yakni mulai belasan ribu rupiah per kaleng.

Nanas Kalengan (sumber: pulse.mail.ru)
Nanas Kalengan (sumber: pulse.mail.ru)

Karakteristik Buah Nanas

Nanas dikenal sebagai tanaman herba yang kokoh dengan tinggi mulai 0,5 – 1,5 meter. Pada pangkalnya terdapat tunas yang merayap dengan daun berbentuk pita, tebal, dan ulet. Ujung daun nanas lancip menyerupai duri, begitu pula sepanjang tepi daun yang terdapat duri tempel yang membengkok ke atas.[1] Buahnya berbentuk bulat panjang. Daging nanas berwarna kuning muda, lunak, kering dan memiliki rasa asam manis. Ada juga beberapa jenis buah nanas yang memiliki rasa sangat manis, salah satunya nanas madu.

Bacaan Lainnya

Unsur kimia yang mendominasi nanas adalah potasium, kalsium, dan magnesium. Khasiat nanas dikenal dapat mengobati berbagai penyakit seperti amandel, bengkak yang disebabkan beri-beri, dan sembelit. Nanas menjadi buah yang paling tinggi kemampuannya dalam melarutkan lemak pada saluran pencernaan, sehingga lemak dapat ikut keluar bersama feses. Kandungan bromelin pada nanas merupakan enzim kompleks pemecah protein yang dapat digunakan untuk memperlancar sistem pencernaan. Tak heran, adanya bromelin pada nanas juga dapat menyembuhkan sembelit.

Baca juga  Update Harga Kayu Trembesi Berbagai Ukuran

Untuk mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan tubuh, Anda dapat mengolah nanas menjadi jus dan dikonsumsi sehari sebelum tidur secara rutin. Sebelum membeli nanas, Anda perlu memperhatikan sejumlah hal agar tidak salah pilih. Perhatikan penampilan nanas yang Anda beli. Nanas yang berkualitas seharusnya tampak segar, bersih, dan baunya harum. Hindari memilih nanas yang terlalu atau sebaliknya yang terlalu matang dengan tampilan daun kecokelatan, kering, dan layu.[2]

Untuk memastikan kematangan nanas, Anda dapat menekan permukaan kulitnya dengan menggunakan jari. Apabila ketika ditekan teksturnya cukup empuk, artinya nanas tersebut sudah siap disantap. Namun lain halnya jika masih terasa keras, maka lebih baik pilih nanas lainnya. Mencium permukaan kulit nanas merupakan cara termudah untuk mengenali tingkat kematangannya. Buah-buahan yang telah ranum umumnya akan mengeluarkan bau harum.

Jika Anda tak pernah pas membeli buah nanas yang matang dan berkualitas baik, maka ada baiknya mencoba produk kalengan yang banyak dijual di pasaran. Nanas kalengan terbilang lebih praktis dan siap santap. Anda tak perlu lagi mengupas kulitnya karena tinggal disajikan di atas piring saji.

Baca juga  Update Harga Triplek (Berbagai Jenis dan Ukuran)

Nanas kaleng merupakan produk yang dibuat dengan bahan buah nanas segar dan dicampur dengan larutan sirup sehingga menghasilkan rasa manis asam. Produk nanas yang dikalengkan tersebut sudah terjamin kehigienisannya.

Pionir nanas kalengan adalah dari PT Great Giant Pineapple (GPP). Produk-produk dari perusahaan ini bahkan sudah diekspor sampai Amerika, Timur Tengah, Amerika Latin, Jepang, China, dan Australia. Tak heran, kemudian banyak produk-produk serupa di dengan harga berbeda-beda.

Nanas kalengan (sumber: freepik)
Nanas kalengan (sumber: freepik)

Harga Nanas Kalengan

Nanas Kaleng Harga
Yowe Pineapple Slice Nanas Kalengan Rp18.000
Golden Circle Pineapple Slice in Juice Rp19.500
Nanas Kalengan Duta Sari Buah Lampung Rp25.000
Buah Nanas Kaleng Wilmond Sliced Pineapple 567g Rp25.000
Nanas Kalengan Lily Flower Sliced Pineapple in Syrup 565 gr Rp32.000
Nanas Kalengan Belycs Sliced Pineapple 565 gr Rp35.000
Ayam Brand Pineapple Slice in Syrup 6 kaleng Rp250.000
Eagle Brand Nanas dalam Sirup 1 dus Rp542.000

Harga di atas tentu dapat mengalami perubahan harga sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak penjual. Jika dibandingkan dengan tahun 2020, harga nanas kalengan tahun 2021 hingga 2022 mengalami kenaikan.

Baca juga  Fakta Mahalnya Harga Daun Pisang di Jepang Terbaru

Sebagai contoh, nanas kalengan Belycs Sliced Pineapple 565 gr yang dijual dengan harga Rp27 ribuan tahun 2020, naik menjadi Rp33 ribuan tahun 2021, naik lagi menjadi Rp35 ribu per kaleng tahun 2022. Tersedia juga buah nanas dan rambutan yang dikalengkan menjadi satu, yakni Arroy D yang dijual seharga Rp67 ribu per kaleng tahun 2021, naik menjadi Rp67.500 tahun 2022.

Sementara itu, Naraya yang dijual lebih mahal, sekitar Rp55 ribu tahun 2021, tetapi turun menjadi Rp52 ribu tahun 2022. Anda dapat membeli produk-produk tersebut di sejumlah marketplace terpercaya secara online atau di minimarket terdekat.

[Update: Almas]

[1] Bangun, A. P.,  2013. Mengatasi Problem Pencernaan dengan Terapi Jus. Jakarta: Agro Media, hlm. 35.

[2] Hartanti, Vien. 2010. Jadi Dokter di Rumah Sendiri dengan Terapi Herbal dan Pijat. Yogyakarta: Pustaka Anggrek, hlm. 118.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *