Info Harga Mutiara Hitam & Cara Membedakannya dengan yang Imitasi

Mutiara sampai sekarang masih menjadi salah satu perhiasan yang disukai oleh wanita di seluruh dunia. Jenis mutiara juga beragam, mulai dari mutiara natural dari laut, mutiara hasil budidaya, mutiara air tawar, hingga mutiara imitasi. Jenis mutiara natural atau alami seperti mutiara hitam juga memiliki harga jual yang tinggi karena keindahan warnanya. Mutiara hitam sering disulap menjadi aneka jenis perhiasan maupun aksesoris yang cantik dan memikat untuk kaum hawa.

Perhiasan dari mutiara hitam (sumber: elleflorence.com)
Perhiasan dari mutiara hitam (sumber: elleflorence.com)

Bentuk mutiara beragam, mulai yang berbentuk bulat sempurna, tidak beraturan (barok), dan semi mutiara (mabe). Mutiara alam Lombok memiliki warna yang beragam, yaitu putih, krem, keemasan, silver, kelabu, hingga warna jambu yang langka.

Bacaan Lainnya

Kualitas mutiara sangat ditentukan oleh kematangannya. Mutiara yang matang dihasilkan dari proses alami. Harga mutiara hasil budidaya air laut cukup mahal dan hanya memiliki tiga warna (putih, emas, dan perak). Mutiara berwarna hitam biasanya berasal dari Tahiti. Sementara mutiara-mutiara air tawar umumnya berukuran lebih kecil.

Mutiara alam biasanya dijual berdasarkan berat dan dinyatakan dalam satuan karat. Sedangkan harga jual mutiara hasil budidaya ditentukan oleh ukuran diameter (dalam milimeter). Nah, Anda tinggal pilih saja mutiara jenis apa yang Anda sukai.[1]Mutiara juga sering dikelompokkan dalam beberapa grade, mulai dari grade B, grade A, hingga grade AA. Semakin tinggi grade atau tingkatnya, tentu harga mutiara hitam tersebut akan semakin mahal pula. Sebagai gambaran, berikut referensi harga mutiara hitam di pasaran saat ini.

Harga Mutiara Hitam

Jenis & Berat Mutiara Hitam Harga (Rp)
Mutiara Hitam Lombok Air Laut Grade A Bersertifikat 1 gram 275.000
Mutiara Hitam Lombok Air Laut Grade AA Bersertifikat 1 gram 390.000
Mutiara Hitam Lombok Air Laut Grade A Bersertifikat 1,5 gr 412.000
Mutiara Air Laut Hitam (black pearl) Lombok grade B 2,5 gram 500.000
Mutiara Hitam Lombok Air Laut Grade AA Bersertifikat 1,5 gr 585.000
Mutiara Hitam Air Laut Original Lombok Grade A 5,13 gr 4.200.000
Mutiara Hitam Laut Jumbo Lombok grade B bersertifikat 6,03 gr 4.824.000

Informasi harga mutiara hitam di atas dirangkum dari berbagai sumber. Harap Anda ingat bahwa harga mutiara hitam asli dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga mutiara hitam yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari promo atau penawaran pihak penjual.

Apabila Anda tertarik dengan mutiara hitam asli atau original, Anda bisa membelinya lewat distributor mutiara hitam terpercaya yang bersedia memberikan sertifikat jaminan keaslian produk. Selain membeli dalam wujud butiran, Anda juga bisa membeli perhiasan mutiara hitam dalam aneka bentuk, seperti gelang, cincin, hingga kalung dengan harga yang bervariasi pula.

Harga perhiasan mutiara hitam biasanya relatif lebih mahal dibandingkan membeli mutiara hitam bijian, apalagi jika dipadukan dengan logam mulia seperti emas atau dirangkai jadi banyak butiran mutiara sekaligus yang cantik dan menawan. Nah, agar Anda tidak tertipu dengan penjual mutiara abal-abal, berikut tips dan trik cara membedakan mutiara alami, budidaya, dan imitasi.

Cara Membedakan Mutiara Alami, Budidaya, dan Imitasi

Cara paling mudah untuk membedakan mutiara alami, budidaya, dari imitasi adalah dengan melakukan tooth test atau tes gigi. Caranya adalah dengan secara perlahan menggosokkan mutiara ke 2 gigi pemotong. Jika dilakukan dengan benar, uji coba dengan teknik ini tidak akan merusak mutiara itu sendiri.[2]

Setelah dilakukan uji coba, bila permukaannya terasa halus dan mulus pada gesekan di gigi, bisa dipastikan itu adalah mutiara imitasi dari plastik, gelas, atau material lain. Jika dibedakan lebih lanjut, mutiara imitasi gelas lebih berat daripada mutiara imitasi plastik.

Namun, bila permukaan mutiara terasa sedikit bertekstur seperti pasir, kasar, atau seperti ampelas halus, itu adalah karena tekstur alami dan nacre-nya sehingga dapat dipastikan itu adalah mutiara yang dihasilkan dari kerang. Meskipun demikian, tidak dapat dikatakan apakah mutiara tersebut alami ataukah hasil budidaya.[3]

[1]Anshori, Y & Adi K. 2011. Jalan-Jalan Lombok Enaknya ke Mana. Jakarta: Elex Media Komputindo, hlm 196.

[2]Gofar, MY. 2010. Mengenal Lebih Jauh tentang Mutiara. Intarina H, editor. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, hlm 9.

[3]Ibid., hlm 10.

Pos terkait