Harga Musang Pandan Ekor Putih Baby dan Dewasa

No comment1276 views

Musang pandan atau dikenal dengan nama luwak merupakan satwa yang berpotensi menghasilkan kopi luwak bercita rasa tinggi dan berharga mahal. Musang jenis ini tidak hanya ditemukan dalam varian ekor /biasa, tetapi juga ekor putih. Musang pandan ekor putih biasanya dijual dalam usia dan dewasa dengan biaya adopsi yang tidak bisa dibilang .

Musang pandan ekor putih (sumber: kaskus)

Musang pandan ekor putih (sumber: )

Karakteristik Musang Pandan Ekor Putih

Secara ilmiah, musang pandan memiliki nama Paradoxurus hermaphroditus dan termasuk mamalia dengan persebaran geografis mulai dari Asia Selatan hingga Asia Tenggara.[1] Di Indonesia, musang pandan yang kerap ditemukan adalah jenis ekor hitam dan ekor putih. Dua varian musang ini dibedakan dari warna ekornya. Luwak biasa memiliki ekor berwarna cokelat kehitaman, sementara itu musang pandan ekor putih memiliki ekor berwarna putih keabu-abuan. Meskipun berbeda warna ekor, keduanya memiliki karakteristik yang sama.

Luwak ekor putih dan ekor hitam memiliki sifat yang mudah dijinakkan, apalagi jika dipelihara mulai dari kecil atau baby. Musang pandan ini juga terbilang cerdas, karena mampu mengenali majikannya dengan baik. Mamalia mungil ini tidak akan menggigit orang yang sudah ia kenal.

Baca juga  Harga Terkini Louhan Cencu (Anakan, Dewasa, Kualitas Super)

Musang luwak juga bisa dilatih untuk bermain seperti kucing atau anjing. Anda bisa melatihnya untuk bermain lempar tangkap bola atau duduk dan berguling. Beberapa orang juga melatihnya untuk dijadikan teman lari pagi. Sangat menyenangkan jika Anda bisa berolahraga bersama hewan peliharaan Anda.

Di alam liar, musang pandan lebih suka beraktivitas di malam hari. Karena itu, Anda perlu melatihnya dengan baik jika ingin mengajaknya lari pagi. Sebagai permulaan, Anda bisa mengatur jadwal tidur hewan ini. Latihlah supaya luwak bisa tidur dan bangun di jam yang sama dengan Anda.

Anda bisa membangunkan hewan ini di pagi hari dan mengajaknya bermain hingga siang. Jangan biarkan hewan ini tidur di sore hari, karena akan membuat luwak terjaga di malam hari, sehingga mereka akan sulit untuk diajak lari pagi. Selain itu, biarkan mereka beraktivitas di dalam rumah atau di lokasi yang luas. Ini akan membuat mereka terbiasa dan tidak stres saat diajak lari pagi di halaman rumah atau di area kompleks.

Musang pandan yang sudah jinak biasanya akan mengikuti Anda ke mana pun Anda pergi. Bisa dibilang, hewan ini sangat setia kepada majikannya, seperti kucing atau anjing. Mamalia mungil ini juga tidak suka ditinggal terlalu lama. Jika Anda bepergian terlalu lama dan tidak membawanya bersama Anda, maka ia bisa stres.

Baca juga  Cara Merawat dan Harga Keladi Tengkorak

Selain memperhatikan karakteristik luwak ekor putih, Anda juga perlu memelihara hewan ini dengan tepat. Anda tidak bisa membiarkannya sembarangan jika sudah mengadopsinya. Hal ini karena mamalia mungil tersebut mudah stres dan bisa mogok . Supaya musang pandan ekor putih Anda tidak mengalami hal serupa, Anda bisa melihat tips memelihara musang pandan ekor putih berikut.

Musang pandan ekor putih (youtube: dibuang sayang)

Musang pandan ekor putih (youtube: dibuang sayang)

Tips Memelihara Musang Pandan Ekor Putih

  • Jangan biarkan musang sendirian lebih dari sehari, karena bisa membuat mereka stres, apalagi jika Anda hanya memelihara satu ekor musang pandan ekor putih. Sebagai solusi jika Anda adalah orang yang sibuk dan sering bepergian, Anda bisa menitipkannya di pet hotel atau memelihara lebih dari seekor.
  • Perhatikan jenis pakan yang Anda berikan, karena makanan sangat penting untuk menunjang kesehatan mamalia kecil ini. Anda bisa memberinya pakan khusus yang berbentuk seperti kibles atau pelet sebagai pakan instan. Selain itu, supaya musang tidak bosan, berikan wet food berupa sayur dan . Beberapa orang juga memberikan buah kopi yang sudah matang untuk melancarkan sistem pencernaan hewan peliharaan mereka.
  • Pastikan Anda membersihkan kandang musang setiap hari dan menyemprotkan disinfektan. Hal ini akan mencegah bau tidak sedap dan mengurangi yang ada di kandang. Selain itu, Anda juga perlu menyikat bagian bawah kandang setiap hari untuk mencegah kotoran menempel di kandang.
  • Musang pandan ekor putih juga perlu mandi untuk mencegah jamur dan kutu. Anda bisa memandikannya setiap 2 hingga 3 hari sekali menggunakan shampo khusus hewan.
Baca juga  Harga Terkini Lutino Mata Merah dan Cara Memeliharanya

Merawat musang pandan ekor putih memang gampang-gampang susah, tetapi jika Anda sudah terbiasa, Anda tidak akan merasa kerepotan. Lalu, berapa tarif adopsi musang pandan ekor putih di pasaran?

Harga Musang Pandan Ekor Putih

Varian Musang PandanHarga per Ekor (Rp)
Musang Pandan Ekor Putih Baby500.000
Musang Pandan Ekor Putih Dewasa1.000.000

Harga musang pandan ekor putih di atas telah kami rangkum dari berbagai sumber. Biaya adopsi mamalia tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[1] Dewi, Ni Made Anindya Kumala, Sri Kayati Widyastuti, I Ketut Suatha. 2019. Aktivitas Harian Musang Luwak (Paradoxurus hermaphroditus) yang Dikandangkan. Indonesia Medicus Veterinus Universitas Udayana, Vol. 8(1): 52-60.

author

Leave a reply "Harga Musang Pandan Ekor Putih Baby dan Dewasa"