Update Harga Musang Bulan per Ekor (Anakan dan Dewasa)

Musang bulan atau musang galing merupakan hewan mamalia kecil yang tersebar di hutan hujan tropis Indonesia dan bukan termasuk satwa endemik yang berada di bawah naungan Undang-Undang Perlindungan RI.[1] Hal ini yang membuat omnivora mungil tersebut kerap dijadikan sebagai hewan peliharaan. Kendati demikian, harga musang bulan tidaklah murah, baik itu anakan maupun dewasa.

Ilustrasi: Musang Bulan Flickr (credit: 57Andrew)
Ilustrasi: Musang Bulan Flickr (credit: 57Andrew)

Meskipun bukan termasuk satwa yang tidak dilindungi, spesies ini diklasifikasikan IUCN (Uni Internasional untuk Konservasi Alam) sebagai hewan yang berisiko rendah, karena banyak bermunculan di wilayah yang dilindungi. Dikhawatirkan, populasi musang bulan setiap tahunnya bisa menurun jika tidak dilakukan tindakan pelestarian. Untungnya, saat ini sudah banyak breeder hewan yang mencoba melestarikan tersebut.

Bacaan Lainnya

Memiliki nama ilmiah Paguma larvata, musang bulan juga disebut sebagai musang bertopeng dan diketahui berasal dari Timur dan Tenggara. Di Indonesia sendiri, spesies ini banyak dijumpai di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Bengkulu, Lampung, dan Kalimantan.

Dulunya, musang bulan tidak diperjualbelikan dan lebih dikenal di beberapa daerah sebagai hama buah-buahan dan sayur. Namun, seiring berjalannya waktu, beberapa orang menawarkan hewan mungil ini untuk dipelihara, karena keberadaannya yang semakin berkurang. Tak hanya dipelihara, beberapa breeder dan kucing mencoba menngembangbiakkannya.

Karakteristik Musang Bulan

Populasi musang bulan yang kian meningkat, membuat little civet ini menjadi salah satu hewan peliharaan yang terbilang cukup populer. Hewan ini memiliki corak bulu yang unik. Dilansir dari Bina Swadaya, musang bulan memiliki ciri khas bentuk wajah yang lebih lebar dibandingkan musang lainnya. Tubuhnya didominasi dengan warna hitam. Sementara itu, ujung ekor mamalia mungil ini berwarna putih.

Seperti namanya, musang bertopeng ini juga memiliki corak khusus di wajahnya. Bagian atas matanya berwarna putih terang dan sekilas mirip dengan yang tebal, sedangkan bagian lainnya didominasi dengan warna dan cokelat tua. Sekilas, mamalia mungil ini memang seperti sedang memakai topeng.

Memiliki sifat pemberani dan keras kepala, beberapa orang meyakini, tingkat kecerdasan musang galing lebih tinggi dibandingkan musang lainnya. Dengan sifatnya itu, ia dapat dilatih seperti atau kucing. Tak hanya bisa diajak bermain lempar tangkap bola, little civet bisa dilatih untuk berguling, duduk, dan memainkan alat musik sederhana.

Musang bulan juga terbilang mudah dijinakkan. Tak butuh trik khusus, hanya perlu merawatnya dengan tepat dan memberi makan secara teratur, maka musang akan ramah pada tuannya. Berikut cara memelihara musang bulan yang tepat.

Ilustrasi: Cara Memelihara Musang Bulan (credit: Tremarctos)

Cara Memelihara Musang Bulan

  • Siapkan kandang yang cukup luas, karena musang tidak suka dikekang dan memiliki hobi menjelajah.
  • Biarkan musang bulan berkeliaran di rumah Anda. Mereka yang sudah jinak tidak akan merusak perabotan atau mencakar Anda.
  • Selalu ganti air minum musang setiap pagi dan sore untuk mencegah penyakit.
  • Pilihlah pakan khusus yang mengandung lemak, protein, dan vitamin seimbang.
  • Pakan basah dan kering atau buatan pabrik harus diberikan secara berselang-seling untuk mengatasi rasa bosan musang dan mencegah mogok makan.
  • Selalu bersihkan kandang setiap hari untuk menghindari aroma tidak sedap, jamur, parasit, dan penyakit yang bisa ditularkan ke manusia.
  • Mandikan musang bulan secara rutin setiap 3-5 hari sekali menggunakan shampoo khusus hewan. Anda bisa memakai shampoo dan kucing atau anjing.
  • Grooming seperti membersihkan telinga dan potong kuku juga sangat penting untuk musang peliharaan supaya mereka lebih jinak dengan manusia lain.
  • Luangkan waktu Anda untuk bermain dengan musang, setidaknya 10-15 menit setiap hari supaya mereka tidak stres.
  • Sikat bulu musang setiap hari untuk mencegah kutu dan rontok bulu.

Harga Musang Bulan

Musang Bulan (sumber: Jagat Tani)
Usia Musang Bulan Harga Ekor
Musang Bulan Baby Rp1.900.000
Musang Bulan Dewasa Jantan Rp2.999.000
Musang Bulan Dewasa Betina Rp3.500.000

Harga musang bulan di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Perlu diingat, harga musang bulan tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga musang bulan tahun 2022 mengalami kenaikan. Sebagai contoh, musang bulan baby yang dibanderol Rp1,7 juta ekor di tahun 2021, naik menjadi Rp1,9 juta per ekor di tahun 2022. Untuk informasi terkait harga musang bulan teraktual, Anda bisa langsung mengunjungi pet shop terdekat.

[Update: Almas]

[1] Suyanto, Agustin. 2008. Keanekaragaman Mamalia Kecil di Hutan Lindung Gunung Lumut, Kabupaten Pasir, Kalimantan Timur. Jurnal Fauna Tropika Zoo Indonesia, Vol. 17(1): 1-6.

Pos terkait