Harga Murai Borneo (Anakan dan Gacor)

Jika Anda mengklaim sebagai kicau mania sejati, pasti sudah tidak asing lagi dengan murai batu. Ini adalah salah satu jenis burung kicau yang memang telah sangat terkenal karena punya suara yang unik dan merdu. Murai batu sendiri hadir dalam berbagai jenis, salah satunya murai batu borneo atau kerap disebut murai borneo saja. Di pasaran, harga satu ekor burung ini bisa mencapai angka jutaan rupiah.

Murai borneo (sumber: rejekinomplok.net)
Murai borneo (sumber: rejekinomplok.net)

Murai batu (Copsychus malabaricus) sering dikatakan sebagai salah satu burung berkicau cerdas terbaik yang punya banyak penggemar. Kepopuleran burung murai batu tidak hanya karena punya suara yang merdu, tetapi juga gaya bertarungnya yang sangat atraktif.[1] Selain itu, ekor panjangnya juga mampu memikat banyak kicau mania.

Bacaan Lainnya

Sering pula disebut white rumped shama, murai batu adalah burung berkicau yang memiliki habitat yang sangat luas. Cakupan habitat burung ini memanjang dari India di bagian utara, Nepal, hingga China. Sementara, di bagian selatan, murai batu sudah menyebar ke Sri Lanka hingga Indonesia, dengan luas habitat global diperkirakan mencapai 1 juta hingga 10 juta km2.[2]

Baca juga  Info Terupdate Harga Es Krim Cornetto Mini

Secara fisik, burung ini memiliki tubuh yang hampir seluruhnya berwarna hitam, kecuali bagian bawah badan yang berwarna merah cerah hingga jingga kusam. Terdapat sedikit semburat biru di bagian kepala. Ekor panjang ditegakkan dalam keadaan terkejut atau berkicau. Badan berukuran 14-17 cm. Varian jantan memiliki bentuk tubuh yang lebih besar daripada betina, dengan suara yang jauh lebih keras.

Ciri Murai Borneo

Seperti disinggung di atas, murai batu masih dapat dibedakan lagi menjadi beberapa jenis, dan salah satunya murai borneo. Dapat ditebak dari namanya, ini adalah spesies murai batu yang berasal dari Pulau Borneo atau Kalimantan. Murai borneo sendiri masih bisa dibedakan menjadi setidaknya tiga spesies, yakni murai batu palangka, murai batu banjar, dan murai batu mahkota.

Untuk murai batu palangka, merupakan jenis yang banyak ditemukan di daerah Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Secara umum, postur tubuh varian ini tergolong sedang, dengan bentuk badan relatif panjang. Murai batu palangka punya panjang ekor sekitar 15 cm hingga 18 cm, dengan warna dada biasanya kecokelatan, warna kaki merupakan kombinasi kehitaman dan cokelat kemerahan. Gaya bertarung ras ini hampir sama dengan ras lainnya, yakni dengan cara mengembangkan -bulu yang ada pada bagian perut hingga dada.

Baca juga  Update Harga Joran Kenzi Tiger di Pasaran

Sementara itu, murai batu banjar adalah salah satu ras yang cukup sering diikutkan untuk kontes burung kicau. Dibandingkan murai batu palangka, postur tubuh murai batu banjar lebih bervariasi, mulai kecil, sedang, hingga besar. Namun, panjang ekornya relatif lebih pendek, berkisar 10 cm hingga 15 cm, dengan warna di dada adalah muda. Warna kakinya ada yang cokelat kehitaman, hitam, putih kekuningan, atau cokelat kemerahan. Gaya bertarung varian ini sangat khas, yakni dengan mengembangkan -bulu di dada sampai batas leher sehingga terlihat menyerupai bola.

Terakhir adalah murai batu mahkota, yang punya ciri khas corak putih di bagian kepala sehingga terlihat sekilas mirip mahkota. Ukuran tubuh spesies ini relatif kecil hingga sedang, dengan panjang ekor hanya berkisar 10 cm hingga 13 cm. Warna dadanya hampir sama dengan ras lainnya, yakni muda, dengan warna kaki yang lebih gelap. Gaya bertarung murai batu mahkota mirip dengan murai batu banjar, yakni membulat mirip bola.

Baca juga  Harga Makanan Kucing Bolt Semua Kemasan (1 kg, 5 kg, 8 kg, 20 kg)
Murai borneo (sumber: burungnews.com)
Murai borneo (sumber: burungnews.com)

Nah, apabila Anda kesengsem dengan murai batu borneo, sebenarnya tidak sulit mendapatkan binatang ini. Anda bisa membelinya di berbagai pasar burung atau lewat beberapa situs jual beli online. Namun, karena punya suara dan bentuk yang khas, harga murai borneo memang tidak bisa dikatakan murah, bisa mencapai angka jutaan rupiah per ekor.

Harga Murai Borneo

Jenis Murai Borneo Harga
Murai Borneo Anakan Betina Rp300.000 – Rp750.000 per ekor
Murai Borneo Anakan Jantan Rp500.000 – Rp800.000 per ekor
Murai Borneo Dewasa Gacor Rp1.400.000 – Rp1.650.000 per ekor

Harga murai borneo di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah situs jual beli online dalam negeri. Perlu Anda catat bahwa harga murai borneo tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Bahkan, beberapa tahun lalu, ada pemilik yang mampu menjual satu ekor murai borneo dengan harga Rp135 juta karena sudah memenangkan banyak kontes kicau.

[1] Ma’ruf, A. 2012. Untung Besar dari Memelihara dan Menangkarkan Murai Batu. Jakarta: Arta Pustaka.

[2] Mustaqim, Edo, Tintin Kurtini, Rr. Riyanti. 2016. Karakteristik Sifat Kualitatif Induk Murai Batu (Copsychus malabaricus) Siap Produksi. Jurnal Ilmiah Peternakan Terpadu, Vol. 4(3): -210.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *