Update Harga Vespa Baru dan Bekas (Semua Tipe)

No comment 11491 views

, jika menyebut motor yang satu ini, yang pertama terlintas di benak tentunya unik dan legendaris. memang bisa disebut salah satu legenda dalam sejarah roda dua, tak hanya di Indonesia, melainkan juga di seluruh dunia. Karena itu, selain baru, Vespa kuno dan bekas pun masih banyak diburu oleh sebagian masyarakat, meski harganya bisa melambung tinggi.

Sejarah Vespa dimulai lebih dari seabad silam, tepatnya 1884. Saat itu, Rinaldo Piaggio mendirikan sebuah perusahaan angkutan bernama Piaggio di Genoa, Italia. Awalnya, bisnis Rinaldo berfokus pada peralatan kapal. Namun, di akhir abad ke-19, Piaggio juga memproduksi rel kereta, gerbong kereta, bodi truk, , hingga kereta api.

Vespa Medley 150 ABS I-GET - moto.motorionline.com

Vespa Medley 150 ABS I-GET - moto.motorionline.com

Pada Perang Dunia I, perusahaannya sempat memproduksi pesawat terbang dan kapal laut. Lalu, pada tahun 1917, Piaggio membeli pabrik baru di Pisa dan 4 tahun kemudian ia mengambil alih sebuah pabrik kecil di Pontedera, di daerah Tuscany, Italia. Pabrik ini kemudian menjadi pusat produksi pesawat terbang beserta komponen-komponennya.

Namun, nasib nahas dialami Piaggio pada akhir Perang Dunia II. Pabriknya dibom oleh pesawat sekutu. Setelah perang usai, anak Rinaldo Piaggio, yaitu Enrico Piaggio, mengambil alih perusahaan dari tangan sang ayah. Karena keadaan perekonomian yang memburuk usai Perang Dunia, Enrico Piaggio memutuskan untuk membangun sebuah alat transportasi yang murah dan efisien. Saat itu, masyarakat Italia memang sangat membutuhkan kendaraan yang murah dan praktis.

Untuk tujuan tersebut, Enrico Piaggio menggandeng Corradino D’Ascanio, seorang insinyur penerbangan yang juga berpengalaman mengonsep dan menerbangkan helikopter modern pertama dari Piaggio. D’Ascanio kemudian membuat konsep sebuah kendaraan roda dua yang dibuat dengan bodi monocoque atau unibody, garpu depan layaknya ban pesawat yang sedang mendarat, plus mesin 2-tak efisien yang saat itu memang sedang populer untuk penghematan bahan bakar.

Pada tahun 1945, purwarupa anyar dari Piaggio bernama MP5 (Moto Piaggio 5) atau dikenal juga dengan nama Paperino (Donald Bebek) akhirnya selesai. Disebut demikian karena motor ini mengusung rangka monokok berbahan baja dengan lekukan membulat di bagian belakang, persis bentuk karakter kartun Donald Bebek.

Selain itu, motor ini juga dibekali berbagai mutakhir di masanya. Sebut saja tuas persneling yang dioperasikan via handle kiri, yang menghubungkan transmisi langsung ke roda belakang (menanggalkan final drive rantai di sebelumnya), serta bodi depan yang dibuat melebar sebagai proteksi bagi pengendara. Uniknya, bagian stater dirancang dengan menggunakan komponen bom di pesawat Piaggio terdahulu, dan rodanya diambil dari roda pesawat tempur.

Meski sudah bisa dikatakan mutakhir, namun Enrico Piaggio tidak menyukai rancangan purwarupa tersebut, yang menurutnya aneh, terutama di sektor desain. Lalu, sang insinyur lantas mengonsep ulang kendaraannya dan melabeli purwarupa-nya tersebut dengan nama MP6 (Moto Piaggio 6). Saat Enrico Piaggio melihat desain MP6 untuk pertama kalinya, ia secara tak sengaja berseru “Sambra Una Vespa”, yang artinya terlihat seperti tawon. Akhirnya, seruan tak sengaja itulah yang kemudian menjadi nama kendaraan ini, yaitu Vespa (tawon, dalam bahasa Indonesia).

Varian Vespa

Hingga detik ini, sudah banyak varian Vespa yang telah diluncurkan ke pasaran global. Beberapa Vespa yang bisa disebut sebagai generasi pertama kendaraan ini di antaranya:

  • Vespa 98 (1946), Vespa pertama di dunia yang mengusung mesin 98cc dan mampu berlari hingga 60 km/jam.
  • Vespa 125 (1948), Vespa pertama bermesin 125cc yang mengusung suspensi baru.
  • Vespa 125 (1953), Vespa bermesin 125cc yang mampu menghasilkan tenaga hingga 5 PS, dengan kecepatan maksimal mencapai 75 km/jam.
  • Vespa 125U (1953), versi utility dari Vespa 125 dengan 40% lebih murah. Vespa ini mengusung headlamp di setang, yang kelak menjadi tren anyar untuk Vespa generasi selanjutnya.
  • Vespa 150 GS (1955), Vespa terlaris di luar negeri saat itu. Jantung pacu skuter ini dibekali mesin 150cc, 2-tak, 4 percepatan, dan mampu mencapai kecepatan 100 km/jam.
  • Vespa 160 GS (1962), penerus kesuksesan model 150 GS. Dibekali desain, karburator, knalpot, serta mesin baru yang mampu memuntahkan daya hingga 8,2 PS.
  • Vespa 150 GL (1963), versi lain dari Vespa 150 GS dengan tampilan yang lebih modern. Banyak kalangan menyebutnya sebagai Vespa kontemporer dengan tampilan terbaik.
  • Vespa 50 (1964), Vespa pertama yang mengusung mesin 50cc. Motor yang hanya dipasarkan di Italia ini sekaligus karya terakhir penggagas Vespa, Corradino D’Ascanio. Selain 50cc, ada juga versi 90cc (PTS 90) dan 100c (P 100 TS), dan di Indonesia lebih dikenal dengan nama Vespa PTS.

Di era modern, Vespa bertransformasi dari mengusung mesin manual 2-stroke menjadi skuter dengan transmisi otomatis. Tampilan motor ini, meski masih unik dan membulat, namun cenderung lebih ramping dan kompak dibandingkan Vespa generasi terdahulu. Beberapa model Vespa yang telah dibekali transmisi otomatis, sebut saja Vespa LX 150, Vespa GTS 250, Vespa S 150 3V, dan juga Vespa S 125.

Vespa S 2013 - www.olx.co.id

Vespa S 2013 - www.olx.co.id

Harga Vespa Baru

Vespa Harga Baru (Rp)
MP3 Yourban 210.000.000
Beverly Touring 180.000.000
New Liberty 150 ABS I-GET 36.850.000
New Liberty 150 ABS “S” I-GET 37.850.000
LXV150 3V 38.500.000
Vespa S 125 3V 31.850.000
Primavera I-GET 38.800.000
Sprint I-GET 40.800.000
GTS Super 3V 45.850.000
Vespa 946 V 181.000.000
Vespa 946 V Armani 210.000.000
Vespa 946 Red 181.000.000
Vespa Medley 150 ABS I-GET 45.800.000
Vespa Medley 150 ABS “S” I-GET 46.800.000

Harga Vespa Bekas

Tipe Vespa Harga Bekas (Rp)
Vespa Super 0.2 1965 10.000.000 – 16.000.000
Vespa PX 1979 2.400.000
Vespa PS 1980 1.350.000
Vespa PX 0.2 1982 8.800.000 – 24.000.000
Vespa Excel 150 1997 6.500.000 – 7.000.000
Vespa LX 2012 17.500.000 – 18.800.000
Vespa Liberty 2012 11.000.000
Vespa S 2012 13.500.000
Vespa Liberty 2013 11.000.000
Vespa LX 2013 20.000.000 – 27.000.000
Vespa S 2013 21.000.000 – 26.000.000

Harga Vespa di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk resmi Piaggio Indonesia dan juga jual beli online. Harga Vespa tersebut tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Untuk Vespa bekas, harga bisa berbeda-beda, tergantung kondisi motor yang bersangkutan.

(Panca)

Baca juga  Harga Gigi Tarik Yamaha Vixion Asli
loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Update Harga Vespa Baru dan Bekas (Semua Tipe)"