Harga Motor Roda Tiga Tossa (Baru dan Bekas)

No comment1313 views

Selain untuk alat transportasi harian, sepeda juga dapat dipakai oleh mereka yang ingin berbisnis, seperti berjualan atau mengirimkan . Nah, untuk memudahkan pengendara membawa barang bawaan, sekarang sudah banyak merk yang merilis motor roda tiga, salah satunya Tossa. Di pasaran, produk ini ditawarkan dengan harga yang relatif terjangkau, mulai belasan juta rupiah per .

Motor Roda Tiga Tossa = fjb.kaskus.co.id

Motor Roda Tiga Tossa - fjb.kaskus.co.id

Meskipun ada mobil, sepeda motor nyatanya masih menjadi alat transportasi yang paling diminati masyarakat Indonesia. Pemilihan sepeda motor sebagai media transportasi, salah satunya karena memiliki ukuran yang relatif kecil sehingga dapat menerjang kemacetan lalu lintas dengan mudah.[1] Selain itu, harga kuda pun rata-rata jauh lebih murah, perawatan yang mudah dan hemat, irit bahan bakar, serta dapat mencapai tujuan dengan lebih cepat.[2]

Dalam memilih tunggangan, konsumen memang disarankan mengetahui karakteristik kendaraan yang bersangkutan, yang meliputi desain atau bentuk sepeda motor, kenyamanan, keamanan, handling, percepatan, hingga harga.[3] Untungnya, sekarang model kuda besi sudah semakin berkembang, tidak cuma memakai dua roda, melainkan ada yang mengusung bak dengan tiga roda.

Khusus untuk sepeda motor roda tiga, kendaraan ini rata-rata dimanfaatkan oleh mereka yang ingin berbisnis, seperti berjualan atau mengirim barang. Pasalnya, motor roda tiga rata-rata sudah dilengkapi dengan bak terbuka berukuran cukup besar di sisi belakang, yang dapat membawa barang dalam jumlah banyak. Bahkan, bak ini dapat dimodifikasi memakai box tertutup.

Ada banyak brand yang telah merilis kendaraan seperti di atas untuk pasaran dalam negeri, dan salah satu nama yang cukup populer adalah Tossa. Didirikan pertama kali pada awal dekade 2000-an di Jakarta, PT Tossa Shakti Divisi Motor merupakan bagian dari Tossa Group yang memang memfokuskan usaha mereka dalam pengembangan sepeda motor.

Tossa diklaim telah menjadi leading brand motor lokal di Indonesia yang memproduksi motor yang unggul, teruji tangguh, andal, dan ekonomis. Saat ini, perusahaan memiliki produk-produk motor niaga roda tiga dengan berbagai jenis model standar dan model yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan konsumen, seperti model box maupun bak terbuka.

Baca juga  Harga Shockbreaker Tabung Matic (Atas dan Bawah)

Dalam kancah industri motor roda tiga di Tanah Air, perkembangan Tossa cukup menjanjikan. Pada tahun 2013 lalu misalnya, Tossa mampu menjual 345 unit kendaraan per bulan.[4] Setahun kemudian, perusahaan bisa melepas 325 unit sepeda motor per bulan. Walaupun jumlahnya sedikit menurun, tetapi penjualan kendaraan Tossa cenderung stabil di tengah gempuran merk-merk lain yang menawarkan produk sejenis. Berikut varian motor roda tiga yang sempat dirilis Tossa.

Pico Hercules XB 100cc

New Pico Hercules XB didesain untuk memberi kemudahan memuat barang dalam kapasitas besar, memberi keamanan, dan melindungi muatan dari maupun hujan. Hal tersebut menjadikan motor roda tiga ini digemari dalam hal pengangkutan barang. Dengan dimensi panjang boks 1.250mm, lebar boks 1.050 mm, dan tinggi boks 800 mm, memaksimalkan fungsi muat pada motor ini.

Keunggulan lainnya adalah bahan boks yang terbuat dari plat besi yang sangat kokoh. Selain itu, dengan pintu boks berada di sisi belakang, membuat proses bongkar muat barang menjadi lebih mudah. Sementara, untuk urusan jantung pacu, New Pico Hercules XB menggendong mesin 4-stroke, silinder tunggal, berkapasitas 108cc. Dengan bekal tersebut, motor ini diklaim mampu memuntahkan tenaga hingga 5,2 kW pada putaran 8.000 rpm yang disalurkan melalui sistem transmisi empat percepatan.

New Super Hercules XB 150cc

Highlight utama motor ini adalah dilengkapi gardan sehingga bisa berjalan mundur. Selain itu, pada sistem pengamanan, selain didukung rem depan maupun belakang, New Super Hercules XB 150cc juga disokong rem tangan untuk menghindari motor melaju sendiri saat berada di jalanan menurun. Pada bagian boks, memiliki dimensi panjang 1.800 mm, lebar 1.230 mm, dan tinggi 300 mm sehingga cukup luas untuk mengangkut berbagai barang bawaan. Selain itu, box bisa dibuka dari samping dan belakang untuk mempermudah proses bongkar muat barang bagi pengguna yang memiliki usaha.

Baca juga  Harga ATV Yamaha (Baru dan Bekas)

Sementara, untuk urusan dapur pacu, perusahaan sudah membekali New Super Hercules XB 150cc dengan mesin berkapasitas 144,6cc, silinder tunggal, tipe 4-stroke. Dengan bekal tersebut, motor ini dikatakan mampu memuntahkan tenaga maksimal 9,6 kW pada putaran 9.500 rpm yang disalurkan melalui sistem transmisi manual lima percepatan.

New Super Hercules XB 200cc

Secara tampilan, motor ini sangat mirip dengan New Super Hercules XB 150cc. Bedanya, seperti namanya, kuda besi ini telah disokong mesin berkapasitas 200cc. Secara detail, jantung pacu motor ini menggendong mesin 4-stroke, silinder tunggal, berkapasitas 197cc. Dengan bekal tersebut, New Super Hercules XB 200cc mampu meletupkan daya hingga 11 kW pada putaran 8.000 rpm yang disalurkan melalui sistem transmisi lima percepatan. Selain itu, dengan sistem pendingin cairan, membuat mesin motor ini tidak mudah panas.

New GIGA Hercules 250cc

Bisa dibilang, inilah varian tertinggi motor gerobak milik Tossa, setidaknya hingga detik ini. Sebagai varian tertinggi, motor ini telah dilengkapi fitur khusus, seperti double spring, frame bodi yang besar sehingga mampu memuat barang hingga 1 ton, tangki bahan bakar berkapasitas 19 liter, hingga speedometer yang informatif.

Untuk sektor jantung pacu, New GIGA Hercules mengusung mesin 4-stroke, silinder tunggal, berkapasitas 246,2cc, dengan sistem pendingin radiator. Dengan bekal tersebut, kuda besi tersebut dikatakan dapat menyemburkan tenaga maksimal hingga 15,4 HP pada putaran 7.000 rpm yang disalurkan melalui sistem transmisi lima percepatan.

Sayangnya, pada Januari 2020 lalu, PT Tossa Shakti mengajukan permohonan pailit. Selain mendaftarkan pailit sendiri, perusahaan juga digugat pailit oleh PT United Shipping Indonesia dan PT Maybank Indonesia. Ancaman pailit sendiri sudah dirasakan perusahaan sejak tahun 2018 silam karena gagal menunaikan kewajiban membayar utang sebesar Rp9 miliar.

Baca juga  Update Kisaran Biaya Jasa dan Harga Cat Carbon

Karena perusahaan sudah bangkrut, memang agak susah mendapatkan produk baru motor roda tiga Tossa. Namun, jika Anda membutuhkan kendaraan ini untuk usaha Anda, bisa membeli model bekasnya di beberapa dealer sepeda motor second maupun lewat situs jual beli online. Harga yang dipatok tentunya jauh lebih terjangkau. Sebagai referensi, berikut kisaran harga motor roda tiga Tossa.

Motor Roda Tiga Tossa - (YouTube: IWAN JAYA SOLO)

Motor Roda Tiga Tossa - (YouTube: IWAN JAYA SOLO)

Harga Motor Roda Tiga Tossa

Tipe Motor Roda Tiga TossaHarga BaruHarga Bekas
New Pico Hercules XB 100ccRp18.790.000Mulai Rp7.000.000
New Super Hercules XB 150ccRp21.790.000Mulai Rp8.500.000
New Super Hercules XB 200ccRp22.090.000Mulai Rp8.000.000
New GIGA Hercules 250ccRp24.790.000Mulai Rp13.000.000

Harga motor roda tiga Tossa di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah situs jual beli online dan dealer sepeda motor second. Perlu Anda ketahui bahwa harga motor roda tiga Tossa tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga kendaraan ini di masing-masing tempat kemungkinan bisa berbeda.

[1] Dewi, Hilda Rosdiana dan Dwi Endah Kusrini. 2014. Peramalan Jumlah Kepemilikan Sepeda Motor dan Penjualan Sepeda Motor di Jawa Timur dengan Menggunakan Regresi Data Panel. Jurnal Sains dan Seni POMITS, Vol. 3(2): 332-337.

[2] Djunaidi, Zulkifli dan R. Arnur. 2015. Risiko Ergonomi Ketidaksesuaian Desain dan Ukuran Tempat Duduk Sepeda Motor terhadap Antropometri pada Mahasiswa. Kesmas: Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional, Vol. 9(3): 243-248.

[3] Dantes, Kadek Rihendra. 2013. Karakteristik Prilaku Arah Belok Kendaraan Tossa Hercules Ditinjau dari Sudut Kemiringan Jalan. Jurnal Rekayasa Mesin, Vol. 4(2): 125-132.

[4] Istianah, Siti. 2015. Perancangan Komunikasi Visual PT. Tossa Shakti Divisi Motor untuk Mempromosikan Produk Baru Giga Hercules XB 250 CC (Tugas Akhir). Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Motor Roda Tiga Tossa (Baru dan Bekas)"