Info Terkini Harga Harley Davidson Street 500 (Baru dan Bekas)

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan merek Harley Davidson. Brand asal Milwaukee, AS ini merupakan salah satu merek kenamaan untuk kategori motor gede (moge) yang biasanya ditujukan untuk touring. Ada banyak varian moge yang telah dirilis oleh Harley Davidson ke pasaran global, salah satunya model Street 500, yang diklaim menjadi model dengan harga termurah yang pernah diluncurkan pabrikan asal AS.

Harley Davidson Street 500 (sumber: columnazero.com)
Harley Davidson Street 500 (sumber: columnazero.com)

Harley Davidson Street 500 (atau biasa disingkat HD Street 500) pertama kali menyapa penggemar otomotif Tanah Air pada akhir tahun 2014 lalu. Kala itu, kuda besi sangar ini dibawa atau didistribusikan oleh PT Mabua Harley Davidson sebagai model tahun 2015. Karena dibekali dengan mesin berkapasitas “hanya” 500cc, HD Street 500 menjadi model terkecil dari semua varian motor keluaran Harley Davidson.

Bacaan Lainnya

Di dalam situs resminya, perusahaan menuliskan iklan mengenai HD Street 500 dengan kalimat “Ini bukan tentang negara yang luas dan jalan raya yang sangat panjang. Ini tentang perjalanan menjelajahi lembah di daerah kota”. Mulai dari mesin Revolution X dengan pendingin cairan dan rem berteknologi ABS opsional yang memberikan kepercayaan diri hingga sasis lincah dan suspensi yang disetel sesuai keinginan, HD Street 500 dibuat khusus untuk menembus jalanan perkotaan.

Untuk penggunaan di dalam kota, kendaraan ini telah dibekali mesin Revolution X dengan pendingin cairan dengan torsi dan dirancang untuk bertahan dalam kondisi kemacetan lalu lintas, selain rangka ringan dengan putaran setang lock-to-lock yang mudah untuk gerakan yang cepat. Sementara, detail style bernuansa hitam seperti pipa hitam, kaca depan bergaya cafe, dan faiter fork mampu mengoptimalkan biker.

Baca juga  Update Harga Autosol di Toko Bangunan (Kecil dan Besar)

Rangkaian model Harley Davidson Street adalah lini produk yang dibuat dengan satu tujuan, yaitu penggunaan secara optimal. Perusahaan telah mempertimbangkan setiap inci bagian motor untuk memenuhi permintaan navigasi di lingkungan perkotaan. Profil ramping dan gesit dengan jarak roda ketat 60,4 inci membantu mempertahankan metode penanganan yang akurat. Pengendara dapat melaju dan menikung dengan cepat dan mudah saat menelusuri jalanan modern dalam kondisi apa pun.

Rangkaian HD Street 500 ini juga dibuat agar terjangkau bagi pelanggan kelas menengah. Meski demikian, pabrikan melakukannya dengan cara mereka sendiri, dan juga tepat. Tangki bahan bakar berbentuk tetesan air terbuat dari baja Milwaukee, sama seperti spakbornya. Perusahaan juga berupaya keras menyelesaikannya dengan salah satu proses pengecatan unggulan, lalu melapisinya dengan simbol chrome 3D, bukan stiker.

Harley Davidson Street 500 - www.harleycentral.com.au
Harley Davidson Street 500 – www.harleycentral.com.au

Jika pengendara menghidupkan mesin HD Street 500 mereka, akan mendengar deru khas mesin V-Twin Harley Davidson, yang disempurnakan dengan fasilitas audio yang canggih dari Wauwatosa, Wisconsin, AS. Dengan kata lain, mulai dari penggerak akhir sabuk yang kokoh hingga layar kecepatan cafe racer yang berasal dari warisan custom pabrikan, motor ini tidak diragukan lagi sebagai 100 persen Harley Davidson sejati.

Ketika meluncurkan produk ini ke Indonesia, PT Mabua Harley Davidson juga sempat mengatakan bahwa HD Street 500 memiliki tiga ciri khas, yaitu urban, authentic, dan soul. Dari sisi urban, terlihat dari sisi fungsional yang diwakili mesin bersistem watercooling yang tetap nyaman dipakai bermacet-macet dan kondisi cuaca panas.

Baca juga  Harga Susu Bendera Sachet (di Indomaret, Alfamart, & Situs E-Commerce)

Sementara, sisi authentic diwakili oleh ciri khas Harley Davidson yang tidak hilang, mulai dari mesin V-Twin, tenaga, karakter, hingga suaranya yang sama seperti keluarga Harley Davidson dengan mesin yang lebih besar. Adapun dari sisi soul, semua model Harley Davidson, termasuk Street 500 ini, memiliki jiwa yang menyatu dengan konsumennya melalui kemudahan kustomisasi sehingga motor tetap terasa “personal” dengan penggunanya.

Secara dimensi, HD Street 500 memiliki ukuran panjang 2.225 mm, dengan ketinggian jok 710 mm (tanpa beban), dan jarak bebas ke tanah mencapai 145 mm serta jarak poros roda sepanjang 1.535 mm. Motor ini dibekali dengan tangki bahan bakar yang mampu menampung bensin 13,1 liter, ban depan berukuran 100/80 R17, dan ban belakang berukuran 140/75 R15.

HD Street 500 mempunyai bobot pengiriman 223 kg dan bobot laik jalan seberat 233 kg. Sementara, bagian penghenti roda didukung rem disc kaliper 2 piston yang disokong sistem ABS (opsional). Roda depan dan roda belakang berwarna hitam dan berjenis 7 jari-jari aluminium cor dengan rim highlight diproses dengan mesin.

Beralih ke bagian jantung pacu, pabrikan Paman Sam telah membekali motor ini dengan mesin Revolution X V-Twin, berpendingin cairan, dengan kapasitas 494cc, diameter x langkah 69 mm x 66 mm, dan sistem bahan bakar port tunggal Mikuni. HD Street 500 diklaim mampu menyentuh torsi maksimal di angka 40 Nm pada putaran 2.250 rpm, yang disalurkan melalui sistem transmisi manual 6 percepatan. Berikut spesifikasi teknis HD Street 500.

Spesifikasi HD Street 500

Harley Davidson Street 500 - bikereview.com.au
Harley Davidson Street 500 – bikereview.com.au
Panjang 2.215 mm
Tinggi Jok 720 mm
Jarak ke Tanah 145 mm
Trail 115 mm
Jarak Sumbu Roda 1.520 mm
Ukuran Ban Depan 100/80 R17
Ukuran Ban Belakang 140/75 R15
Kapasitas Bahan Bakar 13,1 lt
Kapasitas Oli 3,1 lt
Berat Saat Dikirim 223 kg
Tipe Mesin Liquid-cooled, Revolution X™ V-Twin
Diameter x Langkah 69 mm x 66 mm
Kapasitas Silinder 494cc
Sistem Bahan Bakar Mikuni Single Port Fuel Injection, 35 mm bore
Tipe Velg Depan Black, 7-spoke Cast Aluminum
Tipe Velg Belakang Black, 7-spoke Cast Aluminum
Rem 2-piston floated (depan dan belakang)
Torsi Maksimum 40 Nm @ 3.750 rpm
Pemakaian Bahan Bakar 3,65 lt @ 100 km
Baca juga  Kelebihan dan Update Harga Speaker Kenwood 12 Inch (Baru dan Bekas)

Harga HD Street 500

Untuk model tahun 2019, HD Street 500 ditawarkan dengan harga Rp324.000.000 per unit, sedangkan varian Vivid Black dilepas dengan banderol Rp327.800.000 per unit. Sementara itu, untuk edisi yang diluncurkan tahun 2020, dijual dengan harga Rp340 juta (on the road), sekitar Rp60 juta lebih mahal jika masih berstatus off the road. Namun, mulai tahun 2021, sepeda motor ini lenyap dari daftar jual. Karena itu, harganya sekarang merosot tajam, menjadi ‘hanya’ Rp273 jutaan untuk produk baru.

Jika harga produk baru Anda rasa masih terlalu mahal, sekarang pun sudah banyak yang menawarkan HD Street 500 dalam kondisi bekas. Model yang dirilis tahun 2015 misalnya, dijual dengan harga Rp180 juta hingga Rp235 jutaan, tergantung kondisi barang. Harga produk second sepeda motor ini terpantau turun dibandingkan tahun sebelumnya, yang masih dijual Rp240 jutaan. (Panca)

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.