Harga Motor Yamaha Fazzio Neo dan Lux

Sebagai salah satu merk sepeda motor populer, memang tidak pernah berhenti menghadirkan sesuatu yang baru untuk konsumen dalam negeri. Pada awal tahun 2022, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memberikan kejutan dengan meluncurkan Fazzio, sebuah skuter matik hybrid yang simpel sekaligus modern. Tersedia dalam dua tipe, yakni Neo dan Lux, harga motor otomatis tersebut dapat dikatakan cukup kompetitif.

Sepeda motor Yamaha Fazzio Neo (sumber: tmcblog.com)
Sepeda motor Fazzio Neo (sumber: tmcblog.com)

Tidak bisa dipungkiri jika sepeda motor masih menjadi andalan banyak orang untuk melakukan mobilitas meskipun sekarang sudah banyak mobil berharga murah yang dirilis. Pasalnya, sepeda motor dikenal sebagai alat transportasi yang lincah dan praktis untuk melibas kemacetan jalanan, serta punya konsumsi yang lebih rendah dibandingkan kendaraan roda empat.[1]

Bacaan Lainnya

Umumnya, sepeda motor memang menggunakan bahan bakar minyak (bensin) agar bisa digunakan. Namun, karena ketersediaan minyak terus menipis sehingga harganya relatif naik, maka banyak pabrikan yang akhirnya melemparkan sepeda motor listrik. Sepeda motor listrik sendiri adalah kendaraan roda dua tanpa bahan bakar minyak yang digerakkan dinamo dan akumulator, yang terbagi dalam dua jenis arus, yakni DC maupun AC.[2]

Review Fazzio

Sudah banyak perusahaan yang melemparkan motor bertenaga listrik untuk pasaran dalam negeri, salah satunya lewat Fazzio. Namun, menyebut motor ini murni sebagai kendaraan listrik memang kurang tepat. Yamaha sendiri sebagai menamakan unit terbaru mereka itu dengan sebutan motor hybrid, yakni kendaraan yang ditenagai lebih dari satu sumber daya.

Baca juga  Review dan Update Harga Keyboard Yamaha PSR 3000

Mengusung nama Fazzio Hybrid-Connected, ini adalah keluarga anyar Classy Yamaha, menghadirkan berbagai keunggulan seperti desain baru yang simpel dan modern, terbaru yang cocok untuk gaya hidup masa kini, serta aksesori port yang mewakili kebutuhan anak muda dalam mengekspresikan diri. Teknologi yang dihadirkan mencakup Blue Core Hybrid yang membuat motor semakin bertenaga, ramah lingkungan, dan andal, dilengkapi dengan Yamaha Motorcycle Connect yang selalu terkoneksi dengan smartphone lewat aplikasi Y-Connect.

Yamaha Fazzio Hybrid-Connected juga menyediakan aksesori port yang memberikan kebebasan pengendara dalam berekspresi sesuai dengan gaya, karakter, dan selera masing-masing. Terdapat tiga aksesori yang dapat dipasangkan pada aksesori port ini, yakni Leg Soft Bag dan Outer Luggage untuk membawa barang bawaan lebih aman dan nyaman, serta Cover Panel berupa plat yang dapat di-custom sebagai penanda ownership.

Sementara itu, untuk urusan jantung pacu, perusahaan sudah membekali Yamaha Fazzio Hybrid-Connected dengan mesin silinder tunggal, SOHC, berkapasitas 124,86cc. Dengan modal tersebut, sepeda motor otomatis ini dikatakan dapat menyemburkan tenaga maksimal 6,2 kW pada putaran 6.500 rpm dan meraih torsi puncak di angka 10,6 Nm pada putaran 4.500 rpm.

Baca juga  Update Harga Grinder Kopi Latina (Semua Tipe)
Sepeda motor Yamaha Fazzio Lux (sumber: otoplus-online.com)
Sepeda motor Yamaha Fazzio Lux (sumber: otoplus-online.com)

Spesifikasi Yamaha Fazzio

Tipe Mesin SOHC, single cylinder, 124,86cc
Diameter x Langkah 52,4 mm x 57,9 mm
Daya Maksimal 6,2 kW @ 6.500 rpm
Torsi Maksimal 10,6 Nm @ 4.500 rpm
Sistem Starter Electric starter
Sistem Pelumasan Wet sump
Kapasitas Oli Mesin 0,84 L
Sistem Bahan Bakar Fuel injection
Tipe Kopling Centrifugal clutch
Tipe Transmisi Automatic
Tipe Rangka Underbone
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Unit swing
Ban Depan 110/70-12 47L
Ban Belakang 110/70-12 47L
Tipe Ban Tubeless
Rem Depan Disc brake
Rem Belakang Disc brake
Dimensi Motor 1.820 mm x 685 mm x 1.125 mm
Jarak Sumbu Roda 1.280 mm
Jarak Terendah ke Tanah 135 mm
Tinggi Jok 750 mm
Berat Isi 95 kg
Kapasitas Tangki 5,1 L
Tipe Busi CR6HSA
Sistem Pengapian TCI
Baterai YTZ6V

Di Indonesia, Yamaha Fazzio hadir dalam dua tipe, yakni Neo dan Lux. Perbedaan dua ini sebenarnya tidak terlalu banyak, terbatas pada warna yang digunakan. Dilansir dari situs resmi YIMM, Fazzio Lux tersedia dalam dua pilihan warna, yakni Prestige Silver dan Matte Black. Sementara itu, pilihan warna Fazzio Neo lebih beragam, yakni Neo Cyan, Neo Red, Neo Beige, dan Neo Black. Penempatan wording Fazzio pada varian Neo dan Lux juga sedikit berbeda.

Baca juga  Review dan Update Harga Selang Rem Morin (60 cm, 95 cm, 120 cm)
Yamaha Fazzio Edisi Quartararo (sumber: kompas)
Yamaha Fazzio Edisi Quartararo (sumber: kompas)

Harga Yamaha Fazzio

Tipe Yamaha Fazzio Harga
Yamaha Fazzio Neo Rp21.890.000
Yamaha Fazzio Lux Rp22.190.000

Harga Yamaha Fazzio di atas kami kutip langsung dari website resmi YIMM dan berlaku OTR (on the road) untuk kawasan Jakarta. Perlu Anda catat bahwa harga Yamaha Fazzio tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga di tiap-tiap daerah bisa saja berbeda, tergantung kebijakan masing-masing dealer.

Harga Yamaha Fazzio Edisi Quartararo

Pada September 2022, selain model standar, salah satu dealer Yamaha SBW meluncurkan Fazzio edisi Fabio Quartararo. Sepeda motor tersebut mengusung warna biru pada bagian headlamp, tebeng depan, dan dashboard. Sementara itu, bagian lainnya menerima kombinasi warna hitam, mirip dengan warna yang dibawa Yamaha YZR-M1 2022. Selain itu, mereka juga merilis Fazzio dengan World GP 60th Anniversary Livery yang didominasi warna putih plus aksen merah dan kuning. Karena edisi spesial, harganya memang lebih mahal, yakni mulai Rp27 jutaan per unit.

[1] Wijayanti, Catur Wuri. 2017. Citra Mahasiswa Menggunakan Kendaraan: Studi Fenomenologi Mahasiswa UNS dalam Membangun Citra Menggunakan Kendaraan Sepeda Motor. Jurnal Analisa Sosiologi, Vol. 6(2) 91-106.

[2] Nurrahmat, Andhika. 2010. Analisis Struktur Kanopi Surya dengan Metode Elemen Hingga (Tugas Akhir). Jurusan Teknik Mesin Fakultas Industri Universitas Islam Indonesia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *