Update Harga Yamaha Virago 250 (XV250)

Berbicara mengenai motor tipe cruiser, mungkin benak Anda langsung melayang pada produk-produk buatan Harley Davidson. Padahal, selain pabrikan asal AS tersebut, masih banyak perusahaan otomotif lainnya yang merilis model demikian, salah satunya Yamaha melalui Virago. Ini adalah salah satu sepeda motor cruiser perdana dengan mesin V-twin buatan Yamaha yang hadir dalam beberapa varian, salah satunya kapasitas 250cc, yang kini produk bekasnya dijual kisaran harga puluhan juta rupiah.

Sepeda motor Yamaha Virago 250 XV250 (youtube: WhThHell)
Sepeda motor Yamaha Virago 250 XV250 (youtube: WhThHell)

Spesifikasi Yamaha Virago 250

Menurut situs Wikipedia, Virago merupakan motor Yamaha pertama yang menggunakan mesin V-twin dan sekaligus salah satu kuda perdana yang membawa suspensi belakang monoshock. Motor ini pertama kali diluncurkan pabrikan asal Jepang pada tahun 1981 silam, yang kala itu masih membawa mesin berkapasitas 750cc.

Bacaan Lainnya

Pada tahun 1984, perusahaan melakukan desain ulang pada model ini, mengganti suspensi monoshock menjadi dualshock dan menambahkan tangki gas. berkompetisi dengan Harley Davidson, terutama mengenai perang tarif, Yamaha kemudian merilis model dengan mesin 699cc, selain varian yang lebih besar dengan mesin 920cc dan 1.100cc.

Baca juga  Info Terbaru Harga Shockbreaker Tabung Matic (Atas dan Bawah)

Nah, pada akhir era 1980-an, pabrikan Negeri Matahari Terbit kemudian meluncurkan seri Virago yang membawa mesin 250cc. Ini merupakan motor cruiser yang menyasar pasar entry-level dan diklaim mampu meraih kecepatan maksimal hingga 85 mph. pasaran global, sepeda motor ini juga lebih dikenal dengan nama kode XV250.

dalam situs resminya, Yamaha menyebut motor ini sebagai bintang di segmen cruising. Mesin V-twin berkapasitas 250cc dikatakan dapat menghemat bahan bakar dengan kecepatan rendah yang meyakinkan. Dengan gaya sporty, XV250 telah dilengkapi dengan stang tipe datar yang dipasang di bar riser meningkatkan kenyamanan.

Tanah Air, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (PT YIMM) memang tidak memasarkan kendaraan ini. Namun, di beberapa pasar global, Yamaha Virago berkapasitas 250cc telah memiliki banyak peminat. Bahkan, di Arab Saudi, sepeda motor tersebut sempat dipakai sebagai motor patroli oleh anggota kepolisian negara kerajaan tersebut.

Kuda besi tersebut memang tampil dengan gaya yang ‘sangat’ cruiser, dengan lebih menonjolkan unsur seni dan rupa yang macho. Ciri khasnya adalah tampil sederhana, pendek, dan memanjang. Sementara, mengenai ergonomi, pabrikan menjamin bahwa pengendara akan sangat nyaman ketika mengendarai kendaraan yang satu ini.

Baca juga  Info Terbaru Harga Obat F.G Troches per Tablet dan per Strip

urusan jantung pacu, Virago 250 telah dibekali dengan mesin tipe 4-stroke, berkapasitas 249cc, pendingin udara, SOHC, V-twin 60 derajat, dengan rasio kompresi 10:1 dan transmisi lima percepatan manual. Yang lebih menarik, tempat duduk atau jok hanya memiliki ketinggian tidak sampai 70 cm (68,5 cm) sehingga semakin mengesankan aura cruiser yang kental.

Yamaha Virago 250 (XV250) - commons.m.wikimedia.org
Yamaha Virago 250 (XV250) – commons.m.wikimedia.org

Harga Yamaha Virago 250

Seperti diuraikan atas, Virago 250 telah diproduksi oleh pabrikan asal Negeri Sakura sejak tahun 1988 silam. Bertahan kurang lebih selama 20 tahun, pada tahun 2008, sayangnya produksi sepeda motor tersebut resmi berhenti dan digantikan oleh model V Star 250 yang memiliki spesifikasi yang sebenarnya mirip.

Jika Anda tertarik memiliki sepeda motor Yamaha Virago 250, Anda bisa membeli produk bekasnya. pasaran dalam negeri, unit second sepeda motor ini sekarang dijual dengan harga Rp40 jutaan. Sebagai perbandingan, pada tahun sebelumnya, Yamaha Virago 250 bekas dilepas dengan harga Rp45 jutaan keluaran tahun 2003.

Baca juga  Specs dan Update Harga ATV Yamaha Raptor 250cc (Baru dan Bekas)

Sementara itu, produk baru Yamaha V Star 250 model 2022 sekarang dilepas dengan harga mulai 4.599 dolar AS atau setara dengan Rp68,5 jutaan (kurs 1 dolar AS = Rp14.900). Harganya sedikit naik dibandingkan edisi 2021 yang ditawarkan 4.449 dolar AS per unit. Jika berburu produk bekasnya, saat ini dijual dengan harga mulai Rp26 jutaan, tergantung kondisi motor.

(Panca)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.