Update Terlengkap Harga Toyota Yaris 2018 di Indonesia

Toyota merupakan mobil hatchback kecil yang diproduksi oleh Toyota Motor Corporation. Kendaraan ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1999 di Eropa dengan desain, performa mesin, dan jaminan keselamatan, serta konsumsi yang optimal. Setahun setelah dirilis, memperoleh penghargaan European Car of The Year Award, selain diakui sebagai standar model kendaraan compact two box di Jepang dan Amerika Utara.

Toyota Funtime - www.allcarindex.com

Toyota Funtime - www.allcarindex.com

Generasi pertama mobil ini meluncur pada tahun 1999 untuk menggantikan posisi Starlet. Mobil konsepnya yang bernama Funtime pertama kali dipamerkan pada pameran mobil di Frankfurt, Jerman pada akhir tahun 1997. Nama Vitz secara hanya digunakan di Jepang. Sementara, di Eropa, mobil ini dikenal sebagai Yaris, dan di Australia, Selandia Baru, Canada, dan beberapa negara Asia diberi nama Echo Hatchback.

Di Jepang, kendaraan Vitz tersedia dalam trim level B, F, U, Clavia, dan RS. Clavia adalah model bergaya klasik, sedangkan RS adalah model sporty. Sementara, mesin yang diusung adalah 1SZ-FE 1.000cc, 2SZ-FE dan 2NZ-FE 1.300 cc, atau 1NZ-FE 1.500cc bensin, serta mesin 1ND-TV 1.400cc yang hanya tersedia di Eropa.

Pada tahun 2005, Toyota meluncurkan generasi kedua Yaris dan mulai dipasarkan ke seluruh dunia setahun kemudian. Sementara itu, di Indonesia, Yaris didatangkan pertama kali dalam bentuk impor utuh (CBU) dari Thailand dengan model E dalam transmisi manual dan automatic, serta model S dan S Limited yang tersedia dalam transmisi automatic.

Yaris memperoleh facelift pertama pada tahun 2009 yang menghadirkan revisi pada bumper depan, grille, dan lampu belakang tanpa LED. Sebagai tambahan, untuk model dasar atau model J yang tidak memiliki SRS airbag, dipasarkan dengan di bawah model E. Model S dengan transmisi manual menggantikan versi lama yang otomatis, sedangkan model paling mahal tetap S Limited.

Selang tiga tahun kemudian, Yaris kembali menerima facelift dengan ubahan minor pada bumper depan dan lampu kabut, bumper dan lampu belakang yang mirip Vitz Jepang. Ubahan ini dirancang oleh desainer Toyota Astra Motor Indonesia yang mengambil basis Vitz TRD Jepang dan merupakan desain untuk pasar Asia selain Jepang.

Toyota Yaris generasi ketiga diperkenalkan di Jepang pada akhir Desember 2010 dan direncanakan masuk pasar ekspor pada tahun 2011. Mesin yang diusung kendaraan ini adalah berkapasitas 1 liter, 1,3 liter, dan 1,5 liter bensin, serta mesin common rail diesel berkapasitas 1.400cc untuk pasar Eropa. Yaris generasi ketiga ini juga menerima penyegaran pada bulan April 2014.

Di Indonesia, PT Toyota Astra Motor sebenarnya merencanakan peluncuran Yaris generasi ketiga (NCP130) pada tahun 2012, tetapi urung terjadi. hanya melakukan facelift Yaris generasi kedua. Akhirnya, pada bulan Mei 2013, Yaris generasi ketiga (NCP130) resmi diluncurkan, yang berbeda dengan Yaris generasi ketiga yang dipasarkan di Jepang dan negara lain. Model ini dirakit secara lokal di Karawang, Jawa Barat dan tersedia dalam tiga , yaitu E, G, dan TRD Sportivo dengan pilihan transmisi manual dan otomatis. Sementara, mesin yang digunakan pada ketiga model ini masih sama seperti yang digunakan Yaris generasi sebelumnya.

Toyota Yaris Heykers (sumber: iotomotif.com)

Pada tanggal 3 November 2016, sebuah penyegaran dilakukan oleh Toyota untuk pasar Indonesia, sekaligus menyediakan juga terbaru, yaitu Yaris Heykers yang menggunakan mesin 1.500cc 2NR-FE dengan Dual VVT-i. Mesin ini juga dipakai oleh mobil Toyota Avanza facelift generasi kedua dan juga Toyota Sienta generasi kedua.

Secara tampilan, model terbaru Toyota Yaris ini menawarkan bodi sporty, yang tampak pada penggunaan headlamp dengan model lebih sipit dan tajam, grille depan bercorak hitam dengan desain minimalis, bumper depan dengan spoiler yang juga bercorak hitam, serta lampu kabut yang tetap mempertahankan bentuk bulat. Selain itu, terdapat juga LED Daytime Running Light (DRL) yang ditempatkan di bawah bumper.

Beralih ke bagian samping, desain Yaris dibangun mengikuti lekukan ke belakang. Konsepnya tidak membawa terlalu banyak lekukan tajam, selain bagian jendela yang kini dirancang dengan bentuk yang lebih kecil. Untuk menambah kesan sporty, terdapat tape stripe dan side skirt yang didesain untuk menampilkan kesan hatchback yang futuristik.

Seperti bagian eksterior, Toyota juga melakukan perubahan pada bagian Yaris. Di bagian dashboard, warna hitam masih mendominasi dengan material yang tidak murahan dengan tambahan beberapa aksen krom. Di bagian ini, dapat ditemukan display LCD untuk menunjang kebutuhan entertainment sekaligus penunjuk navigasi.

Untuk jok, juga sudah terjadi peningkatan kualitas dengan menggunakan material semibucket seat yang sangat nyaman digunakan sebagai tempat duduk. kabin pada Toyota Yaris ini masih sama dengan versi lamanya, yakni sanggup menampung empat orang dewasa. Toyota pun mengubah penataan bagasi pada All New Yaris sehingga daya tampung bagasinya kini lebih luas.

Untuk bagian jantung pacu, Toyota Yaris terbaru membawa mesin 1NZ-FE, DOHC VVT-i, 4 silinder segaris, 16 katup, berkapasitas 1.496cc. Dengan modal tersebut, Toyota Yaris mampu meletupkan tenaga maksimal 107 PS pada putaran 6.000 rpm dan mencapai torsi puncak di angka 14,3 kg-m pada putaran 4.200 rpm melalui sistem transmisi manual atau otomatis.

Saat ini, PT Toyota Astra Motor menghadirkan Yaris terbaru dalam enam varian. Berikut terbaru harga Toyota Yaris di pasar Indonesia.

Harga Toyota Yaris

Toyota-Yaris-TRD-Sportivo (sumber: toyotacikupa.com)

Tipe Toyota YarisHarga (Rp)
Yaris E Grade M/T235.550.000
Yaris G Grade M/T243.850.000
Yaris E Grade CVT247.350.000
Yaris G Grade CVT254.850.000
Yaris TRD Sportivo M/T264.250.000
Yaris TRD Sportivo CVT276.050.000

Harga Toyota Yaris di atas kami rangkum dari situs resmi PT Toyota Astra Motor. Harga Toyota Yaris tersebut tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Untuk informasi lebih detail, Anda bisa langsung mengunjungi dealer resmi Toyota terdekat di sekitar domisili Anda.

 

Baca juga  Update Besaran Tarif Pajak Mobil Honda City i-VTEC
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Terlengkap Harga Toyota Yaris 2018 di Indonesia"