Update Harga Minyak Zaitun 1 Liter Berbagai Merk

Bagi Anda yang memiliki hobi memasak, pasti tidak asing dengan minyak zaitun. Minyak zaitun kerap dipakai untuk memasak karena dinilai memiliki kandungan lemak lebih sedikit dibanding minyak kelapa atau minyak kelapa sawit. Dengan kelebihannya, harga minyak zaitun juga tergolong lebih mahal dibanding dua jenis minyak tersebut.

Kelebihan Minyak Zaitun

Ilustrasi: Manfaat Minyak Zaitun (credit: Real Simple)
Ilustrasi: Manfaat Minyak Zaitun (credit: Real Simple)

Minyak zaitun sendiri merupakan minyak yang dihasilkan dari buah zaitun, dari proses penyulingan. Minyak zaitun tentunya berbeda dengan minyak kelapa atau kelapa sawit. Sekilas mungkin mirip, tetapi minyak zaitun murni warnanya lebih kehijauan dibanding minyak kelapa atau minyak kelapa sawit.

Bacaan Lainnya

Dilihat dari tingkat kekentalannya, minyak zaitun lebih encer dibanding minyak kelapa dan hampir sama dengan minyak kelapa sawit. Aroma minyak zaitun terbilang khas. Anda bisa mencium sedikit aroma harum yang mirip dengan buah zaitun. Minyak zaitun juga memiliki aroma lemak yang sedikit dibanding minyak kelapa dan kelapa sawit.

Selain dinilai memiliki kandungan lemak jenuh yang sedikit, minyak zaitun juga dinilai mampu menurunkan kadar kolesterol pada darah. Berdasarkan hasil penelitian, minyak zaitun dapat dijadikan sebagai bahan untuk orang dengan gangguan kolesterol, penyakit jantung, dan stroke.[1]

Baca juga  Update Harga Sabun Palmolive di Pasaran (Semua Varian)

Selain mampu menurunkan kadar kolesterol, minyak zaitun juga bagus untuk Anda yang memiliki gangguan tekanan darah tinggi. Kandungan vitamin dan mineral pada minyak ini mampu membantu tubuh untuk mengontrol tekanan darah. Anda bisa mengonsumsi minyak zaitun setiap pagi sesudah atau sebelum makan untuk menjaga kestabilan tekanan darah Anda.

Minyak zaitun tidak hanya eksis di dunia kesehatan, tetapi juga di dunia kecantikan. Banyak orang memanfaatkan minyak tersebut untuk merawat kulit dan rambut. Hal ini karena minyak zaitun memiliki banyak vitamin dan mineral, di antaranya vitamin E dan vitamin A. Dua macam vitamin tersebut sangat baik untuk menjaga kecantikan kulit dan rambut.

Konon, minyak zaitun murni dapat membuat kulit menjadi lebih lembut dan sehat. Hal ini karena ada kandungan vitamin E sebagai antioksidan yang membantu kulit memperbaiki diri dari berbagai macam gangguan, terutama kekeringan. Beberapa ahli juga berpendapat bahwa minyak zaitun mampu membantu meregenerasi kulit.

Baca juga  Update Jadwal dan Harga Tiket Kapal Laut Balikpapan-Surabaya

Untuk mendapatkan manfaat minyak zaitun, biasanya para suka menggunakan minyak ini sebagai masker atau lulur. Untuk masker rambut atau masker kulit, minyak zaitun hanya perlu dioleskan ke kulit dan dibiarkan selama 0 menit agar kandungannya meresap dengan sempurna.

Sementara itu, untuk lulur, biasanya minyak zaitun harus dicampur dengan -rempah. Ada juga orang yang mencampur minyak zaitun dengan bubuk kopi dan menjadikannya sebagai scrub. Minyak zaitun yang dipakai untuk lulur dan masker memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit dan menghilangkan garis-garis halus atau selulit.

Minyak zaitun murni biasanya digunakan sebagai bahan campuran kosmetik dan sabun. Tujuan mencampur minyak ini pada bahan kosmetik dan sabun, yaitu untuk membuat tekstur produk menjadi lebih lembut dan mudah diaplikasikan. Selain itu, produk kecantikan dan sabun dengan kandungan minyak zaitun mampu menjaga kelembapan kulit dan melindungi kulit dari sinar matahari.

Melihat banyaknya manfaat minyak zaitun di atas, apakah Anda tertarik membelinya? Sebelum membeli minyak zaitun, pastikan Anda mengetahui harganya. Tidak sulit menemukan minyak zaitun asli. Bahkan bagi Anda yang ingin memanfaatkan minyak zaitun setiap hari, Anda bisa langsung membelinya dalam banyak atau sekitar 1 liter.

Baca juga  Update Harga Kopi Janji Jiwa
Minyak Zaitun di Supermarket (sumber: grazianobrothers)
Minyak Zaitun di Supermarket (sumber: grazianobrothers)

Harga Minyak Zaitun 1 Liter

Merk Minyak Zaitun Harga
Minyak Zaitun Biomed Rp45.000
Minyak Zaitun Aprilia Rp55.000
Minyak Zaitun Larassanti Rp57.200
Minyak Zaitun Extra Virgin Spanyol Rp60.000
Minyak Zaitun Raja Kimia Rp69.000
Minyak Zaitun Olio D’oliva D’Sansa Rp74.000
Minyak Zaitun Al-Amin Rp105.000
Minyak Zaitun Al Ghuroba Rp120.000
Minyak Zaitun Mueloliva Rp125.000
Minyak Zaitun Sasso Rp14.900
Minyak Zaitun Borges Rp15.000
Minyak Zaitun Bertolli Rp180.000
Minyak Zaitun RS Rafael Salgado Rp184.600
Minyak Zaitun Filippo Berio Rp209.900

Perlu Anda ketahui bahwa informasi harga minyak zaitun di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, harga minyak zaitun saat ini ada yang naik dan turun. Sebagai contoh, Minyak Zaitun Larassanti yang awalnya dijual dengan harga Rp5 ribu, naik menjadi Rp57 ribuan per liter. Sementara itu, Minyak Zaitun Raja Kimia yang awalnya dibanderol Rp75 ribu, turun menjadi Rp69 ribu per liter.

[Update: Almas]

[1] Syamsu, Rachmat Faisal. 2017. Efek Pemberian Minyak Zaitun (Olive oil) terhadap Perubahan Profil pada Tikus Putih (Rattus norvegicus). As-Syifaa Vol. 9(1): 75-84.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *