Keunggulan dan Harga Minyak Sania 2 Liter (Eceran dan Karton)

Bagi ibu rumah tangga, minyak goreng adalah salah satu wajib yang harus ada di . Sementara ada banyak merek minyak goreng yang beredar di pasaran, minyak goreng Sania merupakan salah satu yang dicari banyak orang. Selain tersedia dalam ekonomis, Sania juga menyediakan minyak goreng 2 liter yang harganya cukup terjangkau.

Ilustrasi: Ibu Sedang Memasak (sumber: kitchenbostonmass)

Ilustrasi: Ibu Sedang (sumber: kitchenbostonmass)

Keunggulan Minyak Goreng Sania

Selain harganya yang terbilang terjangkau, minyak Sania 2 liter masih memiliki banyak keunggulan. Minyak Sania 2 liter tentunya tidak akan cepat habis, karena isinya yang lebih banyak. Selain itu, minyak Sania memiliki yang dikatakan baik dan bermutu, bahkan produk tersebut sudah memiliki sertifikat BPOM dan halal.

Minyak Sania sendiri adalah minyak goreng yang terbuat dari sawit pilihan dan berkualitas premium. Tidak heran jika warna pada minyak ini cenderung bening dan tidak memiliki endapan lemak yang banyak. Karena kandungan lemaknya cenderung sedikit, minyak Sania juga tidak mudah teroksidasi dan menghitam. Anda bahkan bisa memakainya lebih dari 2 kali penggorengan.

Minyak Goreng (sumber: carefoundation)

Minyak Goreng (sumber: carefoundation)

Minyak Sania bisa dipakai untuk berbagai macam bahan , mulai dari tahu, tempe, ikan, hingga telur. Meskipun begitu, terlalu sering memanaskan minyak Sania di dalam penggorengan juga tidak baik. Hal ini dapat menurunkan kualitas minyak yang akan digunakan untuk penggorengan berikutnya.

Baca juga  Info Jenis dan Harga Cuka Beras Berbagai Merek

Hal tersebut tidak hanya berlaku pada minyak Sania. Secara umum, minyak goreng akan mengalami kerusakan dan penurunan kualitas apabila mengalami pemanasan berulang kali, kontak fisik dengan air, udara, dan logam. Kerusakan minyak yang terjadi selama proses penggorengan terjadi karena adanya oksidasi, polimerisasi, dan hidrolisis.

Minyak goreng yang sudah rusak akan membentuk senyawa-senyawa yang tidak diinginkan, seperti polimer, asam lemak bebas (ALB), peroksida, dan kotoran lain yang tersuspensi dalam minyak.[1] Kualitas minyak goreng yang telah menurun dan rusak, ditandai dengan pecahnya komponen volatil dan non-volatil yang larut dalam minyak. Hal tersebut akan berpengaruh pada aroma serta citarasa makanan yang digoreng pada minyak.

Kerusakan pada minyak goreng juga dipengaruhi oleh bahan yang akan digoreng. Bagi Anda yang ingin menjaga kualitas minyak goreng selama proses pemakaian, Anda bisa menghindari beberapa macam bahan makanan untuk digoreng. Salah satu bahan makanan yang dapat merusak minyak goreng dengan cepat, yaitu ikan laut dan berbagai bahan makanan lain yang mengandung asam lemak tidak jenuh atau omega 3. Tak heran setelah Anda menggoreng ikan laut, biasanya minyak akan berbau dan berwarna pekat.[2]

Baca juga  Update Harga Plat Aluminium 2mm dan 3mm per Lembar

Selain itu, Anda juga perlu menghindari bahan makanan yang mengandung . Kebanyakan orang memang suka menggoreng bahan makanan yang dilapisi , seperti karage, ayang goreng , udang goreng , dan lainnya. Namun, cara menggoreng seperti ini akan membuat kualitas minyak goreng lebih cepat menurun dan rusak. Tak heran jika hal ini sering dijumpai pada minyak goreng para pedagang gorengan.

Cara Memanfaatkan Minyak Sania Bekas

Meskipun begitu, minyak goreng yang sudah rusak alias bekas pakai tersebut sebetulnya masih bisa dimanfaatkan. Jika Anda kreatif, Anda bisa membuat berbagai kerajinan dengan bahan minyak goreng bekas, seperti membuat lampu minyak. Untuk membuat lampu minyak dari minyak Sania bekas tidaklah sulit, Anda hanya perlu menyiapkan sumbu dan botol kaca bekas.

Lubangi bagian penutup botol dan pasang sumbu di bagian atasnya. Agar sumbu tidak mudah bergeser, ikatkan karet pada bagian tutup botol yang berlubang. Isilah botol dengan minyak Sania bekas penggorengan ikan atau bahan makanan lainnya dan tutuplah botol dengan tutup yang sudah diberi sumbu. Biarkan minyak meresap dan naik hingga ke bagian sumbu paling ujung, dan Anda sudah bisa menyalakannya. Minyak Sania bekas yang sudah di-filter dan dimurnikan juga bisa dijadikan sebagai bahan campuran untuk membuat lilin dan sabun.

Minyak Goreng Sania 2 Liter (sumber: Tokopedia)

Minyak Goreng Sania 2 Liter (sumber: Tokopedia)

Harga Minyak Sania 2 Liter

Tidak sulit mencari minyak Sania kemasan 2 liter di pasaran, Anda bahkan bisa membelinya di toko kelontong terdekat. Di pasaran sendiri, minyak Sania kemasan 2 liter dijual dengan harga mulai Rp24 ribuan secara ecer, sementara itu ada juga toko yang menjual minyak Sania 2 liter kemasan karton isi 6 dengan harga Rp147 ribuan.

Baca juga  Update Harga Tepung Gandum Utuh Taj Mahal Bogasari (1 Kg dan 2 Kg)

Harga minyak Sania kemasan 2 liter  di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Perlu Anda ketahui bahwa harga minyak Sania 2 liter tersebut tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

[1] Mulasari, S.A. & Risa Rahmawati Utami. 2012. Kandungan Peroksida pada Minyak Goreng di Pedagang Makanan Gorengan Sepanjang Jalan Prof. Soepomo Umbulharjo Yogyakarta Tahun 2012. Arc. Com. Health, Vol. 1(2): 120-123.

[2] Putri, Ranny Indria dkk. 2016. Kajian Kualitas Minyak Goreng pada Penggorengan Berulang Ikan Lemuru (Sardinella lemuru). Jurnal Agroindustri, Vol. 6(1): 1-7.

author

Leave a reply "Keunggulan dan Harga Minyak Sania 2 Liter (Eceran dan Karton)"