Harga Minyak Samin Cap Onta (Cup, Kaleng, Sachet, & Repack)

Minyak samin merupakan jenis minyak hewani yang mengandung lebih banyak lemak dan protein dibandingkan minyak goreng nabati, seperti minyak kelapa dan sawit.[1] Memiliki aroma yang khas, umumnya minyak samin dipakai untuk membuat aneka masakan berempah, seperti martabak. Nah, salah satu merek minyak samin yang cukup populer di pasaran adalah Minyak Samin Cap Onta yang dijual dengan harga terjangkau. Anda bisa membelinya di minimarket seperti dan Alfamart atau situs e-commerce.

Minyak Samin Cap Onta (youtube: Blue Band Kitchen Master)
Minyak Samin Cap Onta (youtube: Blue Band Kitchen Master)

Membuat Minyak Samin

Termasuk salah satu bahan masak favorit banyak orang, minyak samin diklaim memiliki cita rasa lebih gurih dengan aroma yang khas. Juga dikenal dengan ghee butter, minyak samin memiliki tekstur lebih padat dibandingkan dengan jenis minyak pada umumnya. Sekilas, itu lebih mirip mentega, hanya saja lebih lembut dan creamy.

Bacaan Lainnya

Dilansir dari hellosehat, minyak samin merupakan jenis minyak berbahan dasar mentega, itulah kenapa teksturnya cenderung padat. Pada dasarnya, minyak samin terbentuk dari clarified butter, yakni mentega tanpa kandungan air dan padatan susu. Nah, selain bisa membelinya di toko bahan masak, Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah.

Baca juga  Review Layanan Pijat dan Update Tarif Kamar Fortune Hotel & Spa

Untuk membuat ghee butter, didihkan mentega biasa dengan suhu rendah atau api kecil di atas panci. Jika bisa, gunakan double boiler untuk mendidihkannya. Dengan suhu panas yang tepat dan konsisten, mentega akan pecah menjadi padatan susu dan lemak cair. Pisahkan padatan susunya menggunakan sendok. Lalu, masukkan lemak cair mentega ke dalam wadah khusus. Dinginkan dan Anda akan mendapatkan minyak samin yang berwarna kuning keemasan.

Tanpa padatan susu, ghee butter bisa disimpan di wadah kedap dengan suhu ruang. Anda tidak perlu menyimpannya dalam lemari pendingin, karena bisa merubah rasa dan tekstur. Apalagi, minyak samin buatan sendiri tidak berbahan pengawet. Umumnya, ghee butter buatan rumahan bisa bertahan selama satu di suhu ruangan. Meskipun disimpan di suhu ruang, minyak samin yang sudah akan memadat. Ini karena kandungan lemaknya tidak hilang.

Penggunaan Minyak Samin

Minyak samin yang sudah jadi bisa dikemas dalam plastik untuk dijual atau dikonsumsi sendiri. Umumnya, minyak samin dipakai untuk keperluan memasak menu makanan khas Timur Tengah. Anda bisa menggunakannya untuk memasak briyani, nasi mandhi, panggang, dan daging kambing saus merah.

Baca juga  Update Harga Bakso Afung (A Fung Baso Sapi Asli)

Namun, Anda juga bisa menggunakan minyak samin untuk menggoreng martabak, ayam, dan bebek. Ini akan membuat masakan Anda bercita rasa khas Timur Tengah yang gurih dan lezat. Dalam penggunaanya, minyak samin yang dipanaskan akan mencair dan menjadi seperti minyak goreng pada umumnya.

Beberapa orang juga menjadikannya sebagai olesan untuk membuat roti dan biskuit. Jika Anda ingin menjadikannya olesan, sebaiknya cairkan dulu minyak samin dan campur dengan kocokan kuning telur. Ini akan membuat bagian atas kue Anda berwarna kuning keemasan dengan aroma yang sangat gurih. Supaya lebih nikmat, Anda bisa mencampurkan sedikit cincangan daun parsley dan parutan keju sebelum rotinya dipanggang.

Minyak samin (sumber: nutritionadvance.com)
Minyak samin (sumber: nutritionadvance.com)

Harga Minyak Samin Cap Onta di Indomaret & Alfamart

Tak sulit menemukan Minyak Samin Cap Onta, karena sudah tersedia di terdekat. Dilansir dari website resminya, Minyak Samin Cap Onta kemasan sachet isi 200 gr dijual dengan harga Rp9.200. Tentunya, nilai jual Minyak Samin Cap Onta di Indomaret tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Baca juga  Update Harga Kopi NESCAFE di Indomaret dan Alfamart

Meskipun Minyak Samin Cap Onta dijual di Indomaret, berdasarkan aplikasi resmi Alfagift, Alfamart tidak menjual Minyak Samin Cap Onta. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena bisa membelinya di situs e-commerce dengan referensi harga berikut.

Harga Minyak Samin Cap Onta di Situs E-Commerce

Kemasan Minyak Samin Cap Onta Harga (Rp)
Minyak Samin Cap Onta Repack 50gr 5.500
Minyak Samin Cap Onta Repack 100 gram 8.500
Minyak Samin Cap Onta Sachet 200 G 13.000
Minyak Samin Cap Onta Cup 250 gr 19.900
Minyak Samin Cap Onta Kaleng 2 kg 143.000

Harga Minyak Samin Cap Onta di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Tentunya, harga Minyak Samin Cap Onta tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[1] Zuhrawati, NA. 2014. Pengaruh Minyak Samin dan Minyak Kelapa Sawit terhadap Kadar Kolesterol HDL dan LDL Darah Kelinci Jantan (Oryctologus cuniculus). Jurnal Ilmiah Peternakan Universitas Syiah Kuala, Vol. 2(1): 18-22.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.