Harga Minyak Masak Kemasan 5 Kg di Pasaran

No comment1199 views

goreng, atau , merupakan salah satu bahan yang hampir mustahil tidak ada di dalam dapur . Pasalnya, meski diklaim mengandung lemak dan kolesterol tinggi, namun saat ini cukup susah menjumpai masyarakat yang tidak menyukai yang digoreng dengan minyak. Karena itu, kemudian beredar banyak minyak masak dengan berbagai dan ukuran, mulai 1 kg, 5 kg, hingga di atasnya dengan harga bervariasi.

Minyak Goreng - seputarhargaterkini.com

Minyak Goreng - seputarhargaterkini.com

Minyak masak sendiri merupakan minyak atau lemak yang berasal dari pemurnian bagian tumbuhan, hewan, atau dibuat secara sintetik yang dimurnikan dan biasanya digunakan untuk menggoreng makanan. Minyak masak umumnya berbentuk cair dalam suhu kamar. Minyak ini juga kebanyakan diperoleh dari tumbuhan, seperti kelapa, seralia, kacang-kacangan, kedelai, atau kanola.

Saat penggorengan dilakukan, ikatan rangkap yang terdapat pada asam lemak tak jenuh akan putus dan membentuk asam lemak jenuh. Nah, minyak masak yang baik adalah minyak yang mengandung lebih banyak asam lemak tak jenuh dibandingkan asam lemak jenuh. Setelah penggorengan berkali-kali, asam lemak yang terkandung di dalam minyak biasanya akan semakin jenuh. Dengan demikian, minyak tersebut dapat dikatakan telah rusak atau sering disebut sebagai minyak jelantah.

Penggunaan minyak berkali-kali akan membuat ikatan rangkap minyak mengalami oksidasi dan membentuk gugus peroksida dan monomer siklik, sehingga berbahaya bagi kesehatan. Suhu yang semakin tinggi dan semakin lama pemanasan juga membuat kadar asam lemak jenuh akan semakin naik. Minyak nabati dengan kadar asam lemak jenuh yang tinggi akan mengakibatkan makanan yang digoreng menjadi berbahaya bagi kesehatan.

Minyak goreng atau minyak masak umumnya berasal dari minyak . Minyak kelapa ini dapat digunakan untuk menggoreng karena struktur minyaknya yang memiliki ikatan rangkap, sehingga minyaknya termasuk lemak tak jenuh yang sifatnya stabil. Selain itu, pada minyak kelapa, terdapat asam lemak esensial yang tidak dapat disintesis oleh . Asam lemak tersebut adalah asam palmitat, stearat, oleat, dan linoleat.

Selain dari kelapa sawit, bahan baku minyak masak juga dapat berasal dari biji bunga matahari. Minyak yang umum digunakan di India ini diklaim kaya akan PUFA, terutama asam linoleat. Kemudian, ada juga minyak yang berasal dari kacang tanah yang disebutkan mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, terdapat minyak mustard yang biasanya dijual sebagai minyak sayur. Contoh lain adalah minyak kulit padi, minyak zaitun, dan juga minyak jagung.

Harga Minyak Masak 5 Kg

Istilah minyak masak untuk menggoreng memang lebih populer digunakan di Malaysia. Di negara tetangga tersebut, setempat telah menetapkan harga minyak masak bersubsidi adalah sebesar 2,5 ringgit atau setara Rp8.000 per kilogram (1 ringgit = Rp3.200). Namun, masih ada pedagang yang menjual minyak masak 1 kg dengan harga 2,8 ringgit atau Rp8.960. Sementara, untuk minyak masak 5 kg merek Knife sekarang ditawarkan dengan harga Rp135.000 dan merek Saji dengan yang sama dijual 22,79 ringgit atau Rp72.928.

Baca juga  Harga Terbaru Madurasa Sachet dan Kotak (All Varian) di Pasaran
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Minyak Masak Kemasan 5 Kg di Pasaran"