Info Lengkap Manfaat dan Harga Minyak Lavender Berbagai Merek

Lavender telah dikenal lama sebagai salah satu tanaman dengan ribuan . Tak heran, jika tanaman berwarna ungu ini juga kerap diambil minyaknya, bukan hanya sebagai bahan pengharum saja, tapi juga berkhasiat untuk banyak hal. Banyak yang dijual bebas di pasaran dengan beragam.

Tanaman lavender (sumber: vebntos.com)(

Tanaman lavender (sumber: vebntos.com)(

Mungkin Anda sebatas mengetahui minyaknya menjadi wewangian yang dibuat untuk relaksasi saja, faktanya minyak lavender memiliki antibakteri yang dapat membantu memperbaiki sistem tubuh seperti untuk mengobati infeksi. 

Berdasarkan penelitian dari berbagai sumber, dalam 100 gram bunga lavender Lavandula angustifolia) tersusun atas beberapa kandungan, seperti minyak esensial (1-3%), alpha-pinene (0,22%), camphene (0,06%), beta-myrcene (5,33%), cymene (0,3%), limonene (1,06%), cineol (0,51%), linalool (26,12%), borneol (1,21%), terpinene-4-ol (4,64%), linalyl acetate (26,32%), geranyl acetate (2,14%), dan caryophyllene (7,55%). Berikut segudang manfaat yang dimiliki tanaman  yang salah satunya berasal dari wilayah selatan Laut Tengah tersebut.

Manfaat Minyak Lavender dalam Kehidupan Sehari-hari

Minyak lavender sebagai sarana terapi dan relaksasi

Bunga lavender (Lavandula angustifolia) memberikan efek sedatif karena memiliki kandungan aktif utama yaitu linalool. Cara kerjanya dengan merangsang daerah di otak yaitu nucleus raphe yang akan mensekresikan serotonin, sehingga dapat mengantarkan seseorang untuk dapat tidur. Tak jarang jika minyak lavender kerap digunakan di berbagai tempat spa sebab efeknya yang menenangkan pikiran Anda. Hal inilah yang menjadi alasan minyak lavender juga dapat digunakan bagi Anda yang mengalami insomnia, kecemasan tingkat rendah, gelisah, hingga depresi.

Untuk meningkatkan kualitas tidur, Anda dapat menggunakan tiga sampai empat tetes minyak lavender pada tissue dan letakkan di bawah bantal untuk menginduksi tidur yang baik. Anda juga dapat mengganti aromaterapi di kamar Anda dengan bau lavender.

Minyak lavender untuk meredakan saluran pernapasan

Sifat anti-inflamasinya juga dapat membantu memperkuat kemampuan Anda untuk menghindari serangan asma. Sebuah studi 2014 yang diterbitkan di jurnal Biologi juga menemukan bahwa menghirup minyak esensial lavender dapat membantu menekan peradangan saluran napas karena alergi dan dapat membantu dalam pengobatan asma bronkial. Cara penggunaannya yaitu mencampurkan 5 atau 6 tetes minyak lavender dengan 2 sendok minyak seperti minyak jojoba atau minyak zaitun lalu menggosokkannya pada area dada Anda dua kali sehari selama beberapa hari. Anda juga dapat mencoba pengobatan inhalasi dengan minyak esensial lavender.

Minyak lavender (sumber: medicalnewstoday.com)

Minyak lavender (sumber: medicalnewstoday.com)

Minyak lavender untuk kesehatan rambut

Selain lidah buaya, ternyata minyak lavender juga ampuh menyehatkan rambut Anda. Dengan mengoleskan minyak ini secara teratur dapat mengatasi rambut rontok yang banyak dikeluhkan setiap orang. Aromanya juga dapat mengendalikan ketegangan pada otot, sehingga mampu mengurangi kerontokan rambut.

Bakteri dan jamur pada kulit kepala juga akan hilang dengan penggunaan minyak lavender di rambut Anda. Ketombe yang dihasilkan sebum (minyak) berlebih ini membuat keadaan kulit kepala dan rambut juga berminyak. Dengan menggunakan minyak lavender akan membantu menyeimbangkan produksi sebum pada kulit kepala sehingga ketombe lebih mudah diatasi. Jika Anda juga ingin membasmi kutu rambut, kombinasikan penggunaan minyak lavender dengan tea tree oil (minyak pohon teh).

Setelah menekan kerontokan dan ketombe rambut Anda, minyak lavender dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dengan merangsang jumlah folikel rambut. Sejumlah penelitian pun membenarkan perawatan menggunakan minyak lavender akan mampu membuat rambut lebih lebat dan harum serta mencegah kebotakan.

Minyak lavender untuk kesehatan kulit

Sifat antiseptik pada bunga lavender membuat minyaknya pun dapat menjaga kesehatan kulit jika digunakan secara rutin. Minyak ini efektif mengatasi iritasi kulit ringan misalnya luka sayatan, jerawat, hingga luka bakar, sebab mampu mencegah bakteri masuk dan membantu luka Anda sembuh lebih cepat. 

Untuk pencegah infeksi, Anda dapat mencampurkan beberapa tetes minyak esensial lavender dan 1 sendok teh minyak zaitun. Gunakan bola kapas untuk menerapkan solusi pada daerah yang terinfeksi. Setelah itu, diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan secara menyeluruh. Berbeda lagi untuk kecantikan, Anda dapat menggunakannya dengan garam mandi untuk memperoleh khasiat lebih baik.

Minyak lavender sebagai penolak gigitan serangga

Jika Anda membeli obat semprot nyamuk, sebagian merek pasti menggunakan ekstrak wangi lavender. Hal ini ternyata bukan hanya sekadar mengurangi bau obat nyamuk yang menyengat saja, tetapi karena lavender juga dikenal sebagai penolak gigitan nyamuk dengan aromanya. Terlebih kembali pada sifatnya yang antibakteri, sehingga mampu mengusir nyamuk.

Minyak lavender pereda nyeri sendi dan otot

Aroma minyak lavender yang menenangkan indera penciuman ternyata dapat menenangkan saraf lainnya. Minyak lavender juga akan masuk ke otot dan melakukan relaksasi meningkatkan sirkulasi dan merangsangnya. Jika dipijatkan ke bagian kulit Anda, minyak lavender dapat meredakan nyeri otot atau nyeri sendi, dan umumnya menghilangkan stres dari tubuh Anda.

Minyak lavender (sumber: draxe.com)

Minyak lavender (sumber: draxe.com)

Dari deretan manfaat minyak lavender, Anda juga harus memperhatikan panduan menggunakan minyak ini dengan tepat. Anda harus mencampurkannya dengan produk minyak alami lainnya seperti minyak jojoba dan kelapa serta air untuk mengurangi konsentrasinya. Selama penggunaan, hindari kontak dengan mata. Apabila terjadi, bilas mata menggunakan air bersih yang mengalir sampai bersih dan untuk mencegah hal buruk terjadi segera periksakan diri ke dokter.

Harga Minyak Lavender di Pasaran

Merek Minyak LavenderHarga (Rp)
Neusense Essential Oil 10 ml50.000
Happy Green Lavender Essential Oil56.000 (10 ml)

166.000 (30 ml)

Lavender Essential Oil (Minyak Atsiri)75.000 (10 ml)

165.000 (30 ml)

Nusaroma Essential Oil 211.750 (10 ml)

470.300 (50 ml)

Informasi di atas kami rangkum dari berbagai sumber. Harga tersebut tidak mengikat karena dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan. Anda dapat membeli minyak lavender di apotek terdekat atau memesan langsung secara online karena tersedia di berbagai marketplace terpercaya. 

Baca juga  Harga Terbaru Kuaci Rebo Semua Rasa (8 gr, 70 gr, 150 gr, Dus)
loading...
author

Leave a reply "Info Lengkap Manfaat dan Harga Minyak Lavender Berbagai Merek"