Harga Minyak Kelapa 1 Liter untuk Memasak

No comment257 views

Makanan yang digoreng masih menjadi salah satu favorit banyak orang di Indonesia. Untuk menghasilkan masakan ini, tentunya Anda memerlukan minyak untuk menggoreng. Untungnya, sudah ada banyak varian minyak yang dapat Anda gunakan, salah satunya minyak . Dijual dalam berbagai kemasan, termasuk 1 liter, harga minyak ini bisa dikatakan masih dalam kisaran yang wajar.

Ilustrasi: minyak kelapa (sumber: telegraph.co.uk)

Ilustrasi: minyak kelapa (sumber: telegraph.co.uk)

Dikutip dari Hello Sehat, minyak kelapa atau coconut oil merupakan minyak yang memang ideal untuk memasak. Pasalnya, 90 persen dari minyak kelapa adalah minyak jenuh, yang artinya minyak jenis ini akan memiliki bentuk atau struktur yang stabil meski dipanaskan. Berbeda dengan minyak tidak jenuh, minyak kelapa diklaim tidak menghasilkan radikal bebas yang membahayakan ketika terkena suhu panas ketika dimasak.

Hampir senada, menurut keterangan Mother and Baby, minyak kelapa didominasi lemak jenuh alami, yang akan memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan, seperti meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan tiroid, meningkatkan metabolisme, dapat menurunkan berat badan, dan mendukung sistem kekebalan . Selain itu, dalam 50 persen lemak yang ada dalam minyak kelapa, ditemukan asam yang ditemukan dengan asam laurat. Perlu diketahui, asam laurat di dalam tubuh akan diubah menjadi monolarium yang memiliki antivirus, antibakteri, dan antiprotozoa.

Baca juga  Harga Squishy ibloomTerbaru di Pasaran (Semua Varian)

Meski memiliki aroma yang nikmat dan tahan lama pada suhu ruang, berdasarkan ulasan Alodokter, minyak kelapa yang mengandung sekitar 90 persen lemak jenuh, berisiko meningkatkan kadar Low Density Lipoprotein atau LDL, atau yang lebih dikenal sebagai kolesterol jahat. Akibatnya, risiko terkena penyakit jantung juga dapat meningkat.

Lalu, bagaimana solusi untuk lebih sehat? Anda dapat menggunakan minyak kelapa murni atau virgin coconut oil (biasa disingkat VCO). VCO adalah minyak kelapa murni yang dihasilkan dari daging buah kelapa tua yang segar, dengan metode seperti pemanasan (bersuhu kurang dari 95 derajat Celcius), fermentasi, pancingan, dan pengadukan.[1] Keunggulan minyak kelapa murni adalah jernih, tidak berwarna, dan tidak mudah tengik.[2]

VCO dikatakan mengandung asam lemak rantai sedang yang mudah dicerna dan dioksidasi oleh tubuh sehingga dapat mencegah penimbunan di dalam tubuh.[3] Di samping itu, ternyata kandungan antioksidan di dalam VCO pun dikatakan sangat tinggi, termasuk tokoferol dan betakaroten. Antioksidan ini berfungsi untuk mencegah penuaan dini dan menjaga vitalitas tubuh.

Cara Menggunakan Minyak Kelapa untuk Memasak

  • Jika Anda ingin menumis, gunakan sekitar satu sampai dua sendok makan minyak kelapa untuk menumis sayuran, menggoreng telur dengan minyak sedikit, atau menumis daging dan ikan.
  • Apabila Anda ingin memanggang, lumuri daging ayam atau sapi sebelum dipanggang dengan minyak kelapa dan bumbu lainnya.
  • Minyak dari kelapa juga bisa dijadikan sebagai pengganti mentega atau butter. Jika dalam resep Anda terdapat mentega, Anda bisa memilih pilihan lain dengan minyak kelapa. Namun, jika Anda ingin menambahkan langsung minyak kelapa dalam makanan, pastikan makanan Anda sudah dingin dalam suhu ruang, agar tidak merusak tekstur dan rasa makanan tersebut.
Ilustrasi: minyak kelapa untuk memasak (sumber: herbeauty.co)

Ilustrasi: minyak kelapa untuk memasak (sumber: herbeauty.co)

Saat ini, tidak sulit menemukan minyak kelapa untuk memasak karena produk ini sudah dijual bebas di pasaran. Anda bisa membelinya di berbagai minimarket, modern, pasar tradisional, hingga lewat platform jual beli online. Harga yang dipatok bervariasi, tergantung merk dan kemasan. Berikut kami sajikan informasi kisaran harga minyak kelapa untuk memasak kemasan 1 liter.

Baca juga  Cara Memelihara dan Harga Ferret Terkini di Pasaran

Harga Minyak Kelapa 1 Liter

Merk Minyak KelapaHarga
Sania RoyaleRp15.900
Kara Coconut Oil 1 LRp33.900
Tropicoco Coconut Oil 1 LRp35.000
Barco Coconut Cooking Oil 1 LRp36.900
Lingkar Organik Minyak Kelapa 1 LRp46.000
Lemonilo Minyak Kelapa 1 LRp48.900
Javara Coconut Cooking Oil 900 mlRp50.000
HIP SSIH Minyak Kelapa 1 LRp50.000
Kainara Biovirgin Minyak Kelapa 1 LRp50.000
Kainara Nafisa Minyak Kelapa 1 LRp52.000
Santan Abbas Minyak Kelapa 1 LRp60.000
Trukajaya Minyak Kelapa 1 LRp60.900
Green Coco Organik 1 LRp80.000
ABBAS VCO 1 LRp85.000
Vico Bagoes Extra Virgin Coconut Oil 1 LRp155.000
Coco Milagro Extra Virgin Coconut Oil 1 LRp195.000
Ecozest Extra Virgin Coconut Oil 1 LRp289.000

Harga minyak kelapa kemasan 1 liter untuk memasak di atas kami kutip dari berbagai sumber, termasuk supermarket dan situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga minyak kelapa tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga minyak kelapa di masing-masing toko kemungkinan juga bisa berbeda, walaupun produk yang ditawarkan sama.

Baca juga  Info Terbaru Harga Popcorn dan Snack di Cinemaxx

[1] Maradesa, Riliani P., Feti Fatimah, Meiske S. Sangi. 2014. Kualitas Virgin Coconut Oil (VCO) sebagai Minyak Goreng yang Dibuat dengan Metode Pengadukan dengan Adanya Penambahan Kemangi (Ocimum sanctum L.). Jurnal MIPA UNSRAT Online, Vol. 3(1): 44-48.

[2] Anwar, F. 2011. Analisis Komponen Tidak Tersabunkan dalam Virgin Coconut Oil (VCO) yang Dibuat dengan Metode Mixing (Skripsi). FMIPA UNSRAT.

[3] Ngatemin, Nurrahman, Joko Teguh Isworo. 2013. Pengaruh Lama Fermentasi pada Produksi Minyak Kelapa Murni (Virgin Coconut Oil) terhadap Sifat Fisik, , dan Organoleptik. Jurnal Pangan dan Gizi, Vol. 4(8): 9-18.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Minyak Kelapa 1 Liter untuk Memasak"