Keunggulan dan Update Harga Minyak Barco (1L, 5L, 18L)

Minyak goreng menjadi kebutuhan dapur yang wajib ada. Manfaatnya sangat penting, terkadang tidak hanya dipakai untuk memasak gorengan, karena beberapa masakan berkuah juga membutuhkan minyak goreng. Sementara ada banyak merk minyak goreng di pasaran, banyak yang memilih produk Barco karena harganya memang terjangkau dan diklaim punya rasa yang gurih.

Minyak Barco (sumber: shopee)
Minyak Barco (sumber: shopee)

Keunggulan Minyak Barco

Minyak Barco merupakan salah satu merk minyak goreng yang terbuat dari kelapa, bukan kelapa sawit. Perlu Anda ketahui, minyak kelapa atau minyak goreng seperti Barco, merupakan varian olahan utama yang dihasilkan dari daging buah kelapa. Cocos nucifera L. diolah dengan cara diambil daging buahnya dan dikeringkan sebelum diproses menjadi minyak kelapa murni.

Bacaan Lainnya

Secara umum, pembuatan minyak kelapa dapat dilakukan dengan cara kering dan basah. Cara kering dilakukan dengan mengepres kopra. Pada proses kering tersebut, mutu minyak yang dihasilkan ditentukan oleh mutu daging buah kelapa yang dijemur dan proses pemurniannya. Sementara itu, cara basah dilakukan dengan membuat santan yang kental menggunakan pemanasan secara tradisional. Minyak yang dihasilkan dengan cara ini, biasanya memiliki kualitas rendah, karena kadar airnya lebih tinggi dan menyebabkan minyak mudah basi.

Karena berbahan daging buah kelapa, minyak kelapa tentu memiliki yang berbeda dengan minyak sawit. Minyak kelapa seperti Barco mengandung komposisi kimia, seperti air, lemak, protein, dan karbohidrat. Selain itu, minyak kelapa juga mengandung senyawa trigliserida yang tersusun dari berbagai macam asam lemak. Trigliserida merupakan komponen lipid yang paling banyak terdapat di alam dengan sifat tidak mudah teroksidasi.

Lemak dalam minyak goreng yang berbentuk trigliserida, jika terurai, akan lebih banyak menghasilkan asam lemak bebas. Asam lemak tersebut dapat menentukan kualitas minyak goreng. Jika asam lemak pada minyak goreng melalui proses oksidasi atau penggorengan secara berulang, maka kualitasnya akan semakin menurun. Ini adalah alasan mengapa Anda tidak bisa memakai minyak goreng secara berulang. Biasanya, maksimal minyak goreng bisa dipakai untuk menggoreng dalam tiga kali pakai.[1]

Meskipun kualitas minyak goreng dapat mengalami penurunan, minyak Barco terbilang memiliki daya tahan oksidasi yang tinggi. Anda bahkan bisa memakai minyak tersebut untuk menggoreng secara berulang maksimal 5 kali pemakaian. Minyak Barco juga memiliki banyak keunggulan, seperti rasa yang cenderung lebih gurih dengan aroma buah kelapa yang khas.

Dilansir dari website resminya, minyak Barco merupakan minyak kelapa dengan sejuta manfaat. Anda tidak hanya bisa memakainya untuk menggoreng makanan, tetapi bisa pula menggunakannya untuk membuat kue, memenuhi kebutuhan nutrisi, sebagai asupan pendukung program diet, dan masih banyak lagi.

Selain sangat bermanfaat untuk memasak, minyak kelapa tersebut juga memiliki kegunaan untuk kesehatan. Konon, minyak Barco mampu membantu mengatasi masalah pada saluran pencernaan, mempercepat proses metabolisme, membantu meningkatkan kekebalan tubuh, dan mencegah beberapa ringan.

Tidak hanya dapat digunakan untuk menjaga dan memasak, minyak kelapa murni tersebut juga memiliki peran dalam dunia kecantikan. Anda bahkan bisa membuat produk skincare, seperti sabun dari minyak Barco. Apalagi, minyak Barco juga dilengkapi dengan vitamin E dan mineral yang baik untuk kecantikan kulit.

Beberapa orang pun memanfaatkan minyak Barco untuk membuat produk perawatan rambut dan pelembap kulit. Konon, minyak kelapa bisa menghitamkan rambut, menghaluskan rambut, menguatkan akar rambut, dan menutrisi rambut yang rusak. vitamin E pada minyak kelapa juga berfungsi sebagai antioksidan yang mampu melindungi kulit dari radikal bebas.

Varian kemasan Minyak Barco

Untuk menikmati semua manfaat dan minyak Barco, tentunya Anda harus mengonsumsinya secara rutin. Tidak sulit menemukan minyak ini, Anda bisa membelinya di minimarket terdekat. Sebelum membelinya, pastikan juga Anda mengetahui harga minyak Barco. Sehingga, Anda bisa memperkirakan anggaran belanja dengan mudah.

Harga Minyak Barco

Kemasan Minyak Barco Harga
Minyak Barco Pouch 1 L Rp45.000
Minyak Barco Botol 1 L Rp49.500
Minyak Barco Pouch 2 L Rp74.900
Minyak Barco Botol 2 L Rp79.500
Minyak Barco Jerigen 5 L Rp184.000
Minyak Barco 2 L 1 Dus (Isi 6) Rp405.000
Minyak Barco Jerigen 18 L Rp570.000
Minyak Barco 5 L 1 Dus (isi 4) Rp867.499

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga minyak Barco di pasaran saat ini cenderung naik. Misalnya, minyak Barco kemasan pouch 1 liter yang semula dijual seharga Rp31 ribu, sekarang menjadi Rp45 ribu. Begitu pula harga minyak Barco jerigen 5 liter yang naik dari Rp160 ribu menjadi Rp184 ribu.

Harga minyak Barco di atas telah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs dagang online. Perlu Anda ketahui, harga minyak Barco tersebut tentu tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Sebagai referensi tambahan, minyak Barco juga tersedia di Indomaret kemasan pouch 1 liter yang sekarang dijual seharga Rp36.500, sedikit turun dari penawaran sebelumnya yaitu Rp38.500.

[Update: Ditta]

[1] Nasruddin. 2011. Studi Kualitas Minyak Goreng dari Kelapa (Cocos nucifera L.) Melalui Proses Sterilisasi dan Pengepresan. Jurnal Dinamika Penelitian Industri, Vol. 22(1): 9-18.

Pos terkait