Review dan Harga Mimis Superdome (Kotak Kecil, Dus, Kaleng)

Apakah Anda pernah mendengar istilah mimis? Bagaimana dengan peluru? Yup, mimis adalah sebutan lain dari peluru, tepatnya peluru senjata api yang berbentuk bulat. Mimis ini tidak hanya dapat digunakan untuk senjata api, melainkan juga senapan angin. Ada banyak merk dan model mimis yang telah beredar di pasaran dalam negeri, dan salah satu yang diklaim sangat populer di kalangan penembak angin adalah Superdome. Sudah bisa dibeli di berbagai toko perlengkapan senjata maupun lewat situs jual beli online, harga peluru ini mulai puluhan ribu rupiah per dus.

Peluru mimis Superdome (sumber: biggo)
Peluru mimis Superdome (sumber: biggo)

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan senapan angin. Dikutip dari Wikipedia, ini adalah senjata yang menggunakan prinsip pneumatik yang menembakkan peluru dengan menggunakan tenaga udara atau sejenis gas tertentu yang dimampatkan. Senapan ini biasanya digunakan untuk olahraga atau berburu binatang seperti burung, kelinci, , dan babi hutan.

Bacaan Lainnya

Senapan angin ini berbeda dengan senjata api. Senjata api, seperti diartikan Kamus Besar Bahasa Indonesia, adalah segala senjata yang menggunakan mesiu seperti senapan, pistol, dan sebagainya.[1] Sementara itu, berdasarkan UU Senjata Api 1936 Pasal 1 ayat (1), senjata api tidak hanya terbatas pada senapan, melainkan juga meriam dan penyembur api, senjata tekanan udara, pistol penyembelih dan pemberi isyarat, serta senjata api tiruan seperti pistol tanda bahaya, pistol perlombaan, revolver tanda bahaya, dan revolver perlombaan.[2]

Setidaknya, ada dua tipe senapan angin yang banyak digunakan oleh masyarakat. Tipe pertama adalah senapan angin per atau pegas untuk memompa udara yang kemudian mendorong peluru. Senapan angin ini masih dibagi lagi menjadi tipe under lever, tipe side lever, dan tipe patah laras, yang didasarkan pada cara pegas ditekan sehingga senapan dalam keadaan siap tembak.

Sementara itu, tipe kedua adalah senapan angin tipe pompa, yang menggunakan pump action yang terintegrasi untuk memampatkan udara, kemudian dilepas untuk melontarkan peluru. Senapan tipe pompa sendiri terbagi menjadi dua model, yaitu knock open valve dan dumping system. knock open valve menggunakan pemukul seperti senjata api pada bagian dalam serta pelatuk yang mirip pistol colt, sedangkan dumping system memakai klep yang dapat terbuka penuh pada saat trigger dipicu.

Seperti halnya senjata api, senapan angin dapat berfungsi sebagai mestinya jika sudah dilengkapi dengan peluru. Juga dapat disebut sebagai mimis, peluru adalah proyektil padat yang ditembakkan dari senjata api dan senapan angin, yang umumnya terbuat dari material logam, biasanya timbal. Sebuah proyektil peluru merusak target dengan cara menembusnya dengan energi kinetik yang dihasilkan oleh kecepatannya yang sangat tinggi.

Peluru senapan angin memiliki beberapa jenis yang dibedakan dari bentuk kepala peluru.[3] Setidaknya, ada empat bentuk kepala peluru yang paling sering dijumpai di pasaran, yakni point, dome, flat, dan hollow point. Di Indonesia sendiri, bentuk dome lebih populer atau sering digunakan oleh para penembak, yakni peluru dengan kepala berbentuk bulat seperti setengah bola, karena diklaim punya bentuk aerodinamis sehingga akurasinya relatif stabil.

Review Mimis Superdome

Peluru mimis Superdome (sumber: lazada)
Peluru mimis Superdome (sumber: lazada)

Nah, dari sekian banyak peluru dome yang beredar, salah satu yang sangat populer di kalangan penembak adalah Superdome. Ini merupakan mimis senapan angin buatan RWS Jerman, dengan bentuk yang rapi, ringan, serta punya akurasi yang konsisten. Dengan berat cuma 8,3 gram, mimis Superdome diklaim cocok digunakan untuk senapan angin uklik untuk berburu sedang dan juga dapat digunakan untuk target.

Apabila Anda tertarik menggunakan peluru Superdome untuk senapan angin Anda, tidak sulit mendapatkan produk ini. Pasalnya, Anda sudah bisa membelinya di berbagai toko perlengkapan berburu atau memesan lewat situs jual beli online. Biasanya, peluru Superdome dijual dalam kemasan kardus, baik berukuran kecil maupun besar.

Harga Mimis Superdome

Kemasan Mimis Superdome Harga
Mimis Superdome Kotak Kecil Rp5.000 – Rp10.000
Mimis Superdome Dus (10 Kotak Kecil) Rp88.000 – Rp122.065
Mimis Superdome Kaleng Isi 500 butir Rp108.000 – Rp125.000

Informasi harga mimis Superdome di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah situs jual beli online dalam negeri. Untuk mimis Superdome kemasan kaleng, kebanyakan diklaim didatangkan atau diimpor langsung dari Jerman. Perlu Anda catat bahwa harga peluru senapan angin ini tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga di masing-masing pedagang bisa saja berbeda.

[1] Poerwadarminta, W. J. S. 1982, Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, hlm. 917.

[2] Runtukahu, Ernest. 2017. Beberapa Aspek tentang Delik Senjata Api, Munisi dan Bahan Peledak di Indonesia. Lex Crimen, Vol. VI(4): 5-13.

[3] Sugita, I Wayan & Muhammad Al Afif Dzaky. 2017. Analisis Geometri Peluru terhadap Nilai Drag Coefficient pada Kecepatan 304,8 m/s. Jurnal Konversi Energi dan Manufaktur UNJ, Edisi II: 99-107.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *