Info Lengkap Harga Mie Samyang Green di Pasaran

No comment223 views

atau menjadi salah satu makanan favorit semua kalangan. Mulai dari anak-anak hingga dewasa kerap mengonsumsinya dengan modifikasi dan tambahan topping lainnya. Terlebih instan yang begitu mudah diolah, kini menjadikannya terus berkembang dengan kekinian. Seperti Samyang Green yang begitu hits dengan bumbu ekstra pedas dan dapat ditemui di minimarket dengan harga terjangkau.

Mengonsumsi mi

Mengonsumsi mi

Sebelum mengulas Mie Samyang Green, ada baiknya untuk memahami sejarah mie yang berkembang di . Mie kini menjadi salah satu makanan paling populer di Asia, khususnya di Asia Timur dan Asia Tenggara. Makanan yang memiliki tekstur kenyal dan berbentuk panjang ini seiring waktu tersaji secara praktis sebagai mie instan, hanya dengan merebus dan mencampurkannya dengan bumbu pelengkap.

Sejarah Mie

Mie pertama kali dibuat di daratan China sekitar tahun 25-200 pada masa pemerintahan dinasti Han. Hal ini terbukti pada tahun 2005 ditemukan mie tertua yang berumur 4000 tahun di daratan China. Mie tersebut ditemukan di dalam sebuah mangkuk terbalik disegel terkubur sedalam 3 meter. Penduduk China modern kemudian dikenal sebagai pembuat mie pertama.

Seiring waktu, mie menyebar ke Jepang, Korea, Taiwan, dan negara-negara di Asia Tenggara bahkan meluas hingga ke Benua Eropa. Di Benua Eropa, mie sudah dikenal setelah Marco Polo berkunjung ke Cina dan membawa oleh-oleh mie. Namun pada perkembangannya, mie berubah bentuk menjadi pasta yang telah banyak dikenal masyarakat saat ini.

Baca juga  Update Harga Nutella 1 Kg di Pasaran

Awal mula, mie diproduksi secara manual hingga tercipta mesin pembuat mie berukuran kecil dengan menggunakan alat mekanik. Evolusi pembuatan mie berkembang secara besar-besaran seperti di China yang memproduksi mie instan yang dikenal dengan nama Chicken Ramen dan di Jepang Saparo Ramen pada 1962. Mie zaman dulu dibuat menggunakan bahan-bahan alami tanpa pengawet makanan, tetapi saat ini sudah banyak ditambahkan bahan pengawet makanan agar lebih tahan lama.

Dalam budaya China mie dikenal sebagai simbol kehidupan yang panjang. Tak heran jika mie kerap dihidangkan saat perayaan tradisional, ulang tahun, hingga tahun baru sebagai lambang umur panjang. Tak jauh berbeda di Jepang juga menyuguhkan mie ke dalam upacara minum teh.[1]

Terdapat dua jenis mie, yakni mie kering dan basah. Keduanya biasanya dikemas dalam polietilen maupun polysteren yang dikenal juga sebagai styrofoam. Perbedaan mie kering dan basah yaitu pada kandungan airnya. Mie basah memiliki kandungan air yang yang cukup tinggi, sehingga terbilang cepat basi dan hanya mampu bertahan hanya dalam waktu sehari. Berbeda dengan mie kering seperti ramen dan soba serta berbagai mie instan lainnya yang terbuat dari bahan dasar tepung mulai dari tepung terigu, tepung tang mien, tepung beras, tepung kanji, hingga tepung kacang hijau.

Baca juga  Update Harga Menu Paket Big Box Value KFC

Komposisi dan Kandungan Gizi Mie

Komposisi MieKandungan Gizi Mie Kering dalam 100 gr
Tepung terigu, air, telur, garam dapur dan air abu atau air ki untuk pengenyal.338 Kal, protein 7,6 gr, lemak 11,8 gr, karbohidrat 50 gr, mineral 1,7 mg, dan kalsium 49 mg.

Proses pembuatan mie melalui beberapa tahap. Tahap pertama yakni pencampuran, semua bahan sesuai dicampur sampai terbentuk adonan. Kemudian tahap pengulian adonan yakni diuleni sampai terbentuk adonan kalis, licin, dan transparan. Terakhir, adonan dibentuk atau dipotong sesuai jenis mie yang akan dibuat.

Tentang Mie Samyang Green

Varian Mie Samyang Green (sumber: spoonuniversity.com)

Varian Mie Samyang Green (sumber: spoonuniversity.com)

Mie Samyang telah beredar luas di pasaran Indonesia sejak maraknya Samyang challenge di media sosial. Mie Samyang sendiri merupakan produk mi instan asal Korea Selatan dari perusahaan Samyang Foods Inc. Sesuai sumber di internet, dalam sehari Mie Samyang dapat terjual hingga 9.210 bungkus mi dalam sehari.

Berdasarkan situs resminya, Samyang Foods memperoleh sertifikat halal internasional (KOLAS, ISO22000, HALAL) pada 2014.  Namun, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) baru-baru ini mengumumkan hasil temuan bahwa dua produk mi Samyang mengandung babi, yaitu mi Samyang rasa U-Dong dan rasa kimchi. Kedua produk ini diimpor oleh PT Koin Bumi.

Baca juga  Harga Macaroon (per Biji dan Semua Kemasan)

Di Indonesia sendiri ada tiga varian Samyang yang resmi beredar dan berlisensi halal meliputi Samyang Hot Chicken Ramen, Samyang 2x Spicy Hot Chicken Flavour, dan Samyang Hot Chicken Ramen Cheese Flavour. Terbaru, Samyang juga mengeluarkan varian Green yang bersertifikat halal MUI. Green Samyang terdiri dari tiga varian rasa berbeda yakni original, cheese, dan ice.

Harga Mie Samyang Green

Varian Mie Samyang GreenHarga (Rp)
Green Samyang Mie Instant Pedas 140G18.200
Green Samyang Mie Instant Goreng Extreme 140G20.500
Green Samyang Cheese (Cheese Buldak Bokkeum Myeon)21.900
Green Samyang Mie Instant Goreng Pedas Ayam 105G22.900

Harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet dan dapat berubah sewaktu-waktu. Kini Anda dapat dengan mudah memperoleh Mie Samyang Green di supermarket maupun minimarket terdekat seperti Indomaret dan Alfamart.

[1] Pangestu Herman, Sukses Wirausaha Gerobak Terlaris dan Tercepat Balik Modal (Bukittinggi : Lembar Langit Indonesia, 2014), hlm. 50

loading...
author

Leave a reply "Info Lengkap Harga Mie Samyang Green di Pasaran"