Info Terbaru Harga Mie Instan Sakura (1 Dus dan Eceran)

Dibandingkan mie basah dan mie kering, mi instan memiliki berbagai keunggulan, terutama dari segi kemudahan dan kepraktisan dalam penggunaannya. Bahkan, belakangan ini mi instan hadir dalam kemasan cup (instant cup noodles) yang lebih praktis karena hanya perlu dituangi air panas.[1] Ada banyak merek dan rasa mi instan dalam kemasan eceran maupun 1 dus yang sudah beredar di Indonesia dengan harga bervariasi, salah satunya Mie Sakura walaupun semakin sulit dicari.

Ilustrasi: sajian mie instan (sumber: dailymeal)
Ilustrasi: sajian mie instan (sumber: dailymeal)

Meski memiliki merek dagang agak Jepang, Mie Sakura merupakan produksi asli Indonesia. Mie Sakura adalah keluaran dari perusahaan raksasa, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) yang cukup laris pada era 1990-an. Sejumlah merek mi instan lain yang diproduksi ICBP adalah Supermi, Sarimi, Pop Mie, Sakura, Pop Bihun, Mi Telur Cap 3 Ayam, hingga Indomie yang saat ini menjadi market leader di Indonesia.

Bacaan Lainnya

Mie legendaris tersebut memiliki sejarah panjang dan dikenal dengan isinya yang terbilang sedikit dibandingkan mie instan di pasaran saat ini. Dikemas dengan berat hanya 60 gr, Mie Sakura ditawarkan dengan harga jual yang begitu terjangkau. Komposisi Mie Sakura terdiri dari 40% lemak, 51% karbohidrat, dan 8% protein dengan total 290 kalori dalam 1 porsi.

Baca juga  Info Terkini Harga Double Din Pioneer Terbaru (Semua Tipe)

Nah, mie Sakura sendiri memiliki dua varian, yakni mie instan goreng dan kuah. Mie Sakura Goreng, ada tiga macam rasa, sedangkan mie instan kuah tersedia lima rasa. Untuk lebih rinci mengenai varian rasa mie Sakura, Anda bisa melihat rincian berikut.

Varian Mie Instan Goreng Sakura

  • Mi Instan Sakura Goreng Ayam.
  • Mi Instan Sakura Ayam Spesial.
  • Mi Instan Sakura Ayam Kecap Pedas.

Varian Mie Instan Kuah Sakura

  • Mi Instan Sakura Kuah Rasa Soto.
  • Mi Instan Sakura Baso Sapi.
  • Mi Instan Sakura Kuah Ayam Bawang.
  • Mi Instan Sakura Ayam.
  • Mi Instan Sakura Sop Ayam Kuah.

Selain punya banyak varian, Mie Sakura juga mudah dimasak. Untuk mie goreng, masukkan mie dalam panci berisi air yang sudah mendidih selama 2 hingga 3 menit atau hingga matang. Setelah itu, tiriskan dan letakkan ke dalam piring. Tuang semua bumbunya di atas mie, lalu aduk hingga rata dan mie siap disantap.

Baca juga  Info Terbaru Harga Gelas Plastik per Lusin

Sementara itu, untuk mie kuah, masaklah mie di dalam panci berisi air yang mendidih. Tuang semua bumbu ke dalam panci dan aduk hingga rata. Biarkan mie matang dan umumnya memakan waktu hingga tiga menit. Tuang mie ke dalam mangkuk dan mie siap untuk dihidangkan selagi hangat.

Mie Sakura (sumber: bukalapak)
Mie Sakura (sumber: bukalapak)

Meski begitu, tak semua varian mie instan Sakura dapat ditemui dengan muda. Hanya beberapa varian yang masih diperjualbelikan di sejumlah situs online. Dua varian rasa mi Sakura yang terkenal adalah rasa ayam dan mie goreng. Berikut referensi harga mie jadul Sakura, baik kemasan eceran maupun 1 dus di pasaran.

Harga Mie Sakura

Varian Mie Sakura Harga
Mie Sakura Goreng Rasa Ayam 60 gr Rp1.500 per pcs
Mie Instan Sakura Rasa Soto 60 gr Rp1.800 per pcs
Mie Instan Sakura Kuah Ayam Rp1.900 per pcs
Paket Mie Goreng Instan Sakura isi 5 pcs Rp8.300 per paket
Paket 10 pcs Mie Instan Sakura Mi Goreng Rp15.000 per paket
Mie Sakura Goreng 60 gr x 40 pcs Rp55.000 per dus
Mie Sakura Ayam 60 gr x 40 pcs Rp55.900 per dus
Baca juga  Info Menu &Harga Tempo Gelato Semua Varian Rasa

Harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online. Harga mie Sakura dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu. Jika dibandingkan dengan tahun lalu, harga Mie Sakura saat ini mengalami penurunan. Sebagai contoh,  paket 10 pcs Sakura Mi Goreng yang semula dibanderol Rp18 ribu, turun menjadi Rp15 ribu.

Menurut review di internet, sejumlah food blogger mengaku bernostalgia dengan cita rasa Mie Sakura yang tampaknya semakin susah didapatkan. Jika dibandingkan dengan mie instan saat ini, kemasan kecap dan minyak pada Mie Sakura tidak terpisah dan tidak dilengkapi dengan tambahan bawang goreng. Hal tersebut tentu berbeda dengan mie sekarang yang memisahkan bumbunya serta menyajikan tambahan sayuran pelengkap. Tekstur mie terbilang tipis dengan rasa original yang cocok disajikan untuk anak-anak. Hal membuat banyak pedagang pinggir jalan menjajakan Mie Sakura matang sebagai jajanan anak SD dengan harga meriah.

[Update: Almas]

[1] Astawan, Made. 2000. Membuat Mi dan Bihun. Jakarta: Niaga Swadaya, hlm. 30.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *