Indikasi, Dosis dan Harga Methycobal

No comment145 views

Jika sering pusing atau merasa mudah lelah, bisa jadi Anda mengalami gejala anemia parah. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi obat atau multivitamin seperti Methycobal yang termasuk golongan obat Methylcobalamin dan dapat Anda beli di apotek terdekat dengan harga relatif terjangkau. Obat ini tersedia dalam bentuk kapsul 250 mcg dan 500 mcg. Ada juga varian inject yang dikemas dalam ampul dosis 500 mg.

Methycobal 500mg (sumber: blibli)

Methycobal 500mg (sumber: blibli)

Indikasi Methycobal

Methycobal yang termasuk merek obat Methylcobalamin merupakan multivitamin dan termasuk analog cobalamin atau biasa dikenal dengan vitamin B12. Mecobalamin juga dikenal sebagai sejenis koenzim B12 endogen yang memegang peranan penting dalam proses methylation.[1] Sebagai koenzim methionine synthase, produk ini berperan dalam proses sintesis metionin dari sel dan berperan dalam sintesis nucleic acid serta protein.

Sediaan ini juga dapat meningkatkan axonal transport dan regenerasi akson serta memulihkan perlambatan transmisi sinapsis dengan meningkatkan aksesibilitas saraf dan memperbaiki berkurangnya neurotransmiter asetilkolin. Selain itu, dilansir dari HelloSehat, Methycobal memiliki indikasi untuk mengobati atau terapi pada pasien yang mengalami neuropati perifer, anemia pernicious, diabetes, dan kekurangan vitamin B12.

Pasien defisiensi vitamin B12 biasanya mengalami gejala kelainan hematologis, di antaranya anemia megaloblastik, pansitopenia, dan hipersegmentasi neutrofil. Gejala lain yang bisa muncul kapan saja pada penderita defisiensi vitamin B12, antara lain kelainan neurologis, gangguan psikiatri, gangguan jantung (kardiomiopati), kelainan sumsum tulang, dan gangguan sistem reproduksi.

Baca juga  Info Harga Salep Kortikosteroid di Apotik

Sementara itu, manfaat vitamin B12 untuk kesehatan tubuh, di antaranya untuk membantu tubuh memproduksi , menjaga fungsi sistem saraf, memproduksi material genetik DNA dan RNA, produksi asetilkolin, berperan dalam kesehatan , dan membantu memperlambat penurunan kognitif. Diketahui, vitamin B12 juga berkhasiat untuk membantu sintesis sel darah merah dan menjaga kesehatan kardiovaskular dengan cara bekerja sama dengan asam folat untuk mengendalikan kadar homosistein.

Aturan Pemakaian Methycobal

Ilustrasi: minum kapsul obat (sumber: yahoo)

Ilustrasi: minum kapsul obat (sumber: yahoo)

  • Methycobal termasuk golongan obat keras yang tidak bisa didapatkan tanpa resep dokter. Setiap pasien dengan kondisi kesehatan atau penyakit yang berbeda akan mendapatkan dosis yang berbeda, sehingga Anda tidak bisa meminumnya secara sembarangan. Setiap pasien juga akan mendapatkan jenis obat yang berbeda, tergantung pada kebutuhannya.
  • Secara umum, sediaan farmasi ini bisa dikonsumsi sebelum, saat, atau setelah makan. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menanyakan pada dokter kapan waktu terbaik untuk minum obat. Biasanya, jika Anda memiliki penyakit lambung atau gangguan pencernaan, dokter akan menyarankan Anda mengonsumsinya sesudah makan.
  • Obat yang berbentuk kapsul atau tablet selaput tidak boleh dihancurkan dengan cara digerus atau dikunyah saat dikonsumsi. Anda harus membiarkannya secara utuh masuk ke dalam tubuh atau membiarkannya larut dengan sendirinya di mulut.
  • Jangan mengonsumsi obat tanpa berdasarkan pada resep. Sebagai contoh, Anda dilarang mengonsumsi Methycobal kurang atau melebihi dosis. Dikhawatirkan, ini akan menjadi racun di tubuh Anda dan obat yang dikonsumsi tidak dapat bekerja secara optimal.
  • Untuk jenis inject atau suntikan, Anda bisa meminta bantuan pihak medis untuk memasukkannya ke dalam tubuh. Obat keras seperti ini sangat berisiko jika Anda salah menyuntikkan ke dalam tubuh, sehingga memerlukan bantuan orang yang sudah ahli.
  • Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, pastikan Anda mengonsumsinya secara rutin dengan catatan di waktu yang sama. Sebagai contoh, jika Anda mengambil dosis pertama di jam 07.00 WIB, maka seterusnya Anda harus minum obat pada pukul 07.00 WIB. Usahakan Anda tidak telat mengonsumsi obat dan untuk mempermudahnya, Anda bisa menyalakan alarm khusus.
Baca juga  Info Dosis dan Harga Obat Fasidol Forte (Tablet dan Sirup)

Selain cara pemakaian Methycobal yang tepat, Anda juga perlu mengetahui dosis yang diberikan secara umum kepada pasien. Dilansir dari K24 Klik, secara umum dosis Methycobal dibedakan berdasarkan jenisnya, seperti berikut.

Dosis Methycobal

Kapsul Methycobal (sumber: tokopedia)

Kapsul Methycobal (sumber: tokopedia)

  • Untuk Methycobal 500 mcg sediaan kapsul, Anda bisa mengonsumsinya sebanyak satu kapsul dalam tiga kali sehari. Ini adalah dosis yang diberikan pada pasien dewasa untuk menyembuhkan penyakit.
  • Untuk Methycobal 250 mcg sediaan kapsul, Anda bisa mengonsumsinya selama tiga kali sehari dengan maksimal 500 mcg atau dua kapul. Dosis ini digunakan untuk mengobati atau terapi pada pasien yang mengidap neuropati perifer atau penyakit saraf tepi pada orang dewasa.
  • Dilansir dari klikdokter, Methycobal injeksi diberikan sebanyak satu ampul dengan dosis tiga kali seminggu melalui injeksi intravena atau pembuluh darah. Obat ini juga bisa disuntikkan melalui intramuskular atau melalui otot.
Baca juga  Update Daftar Harga Krim Walet Gold, Super Gold 24K, & Super Gold Premium

Bagi Anda yang membutuhkan Methycobal, pastikan Anda mengetahui harganya sebelum membelinya. Sebagai referensi harga Methycobal, Anda bisa melihat tabel berikut.

Harga Methycobal

Varian MethycobalHarga
Methycobal 500 mcg KapsulRp5.263 per kapsul
Methycobal 250 mcg KapsulRp4.708 per kapsul
Methycobal 500 mcg InjeksiRp44.603 per ampul

Harga Methycobal di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber. Harga obat ini tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[1] Suryamiharja, Andradi. . Peranan Vitamin B12 Methylcobalamin dalam Neurologi. MEDICINUS Spesialis Neurologi RS Grha Kedoya Jakarta, Vol. 29(1): 3-5.

author

Leave a reply "Indikasi, Dosis dan Harga Methycobal"