Harga Mesin Sosis Telur Listrik (1 Lubang, 2 Lubang, 4 Lubang, 10 Lubang)

Olahan telah menjadi salah satu menu yang diincar banyak konsumen, mulai anak-anak hingga orang dewasa. Olahan sendiri beragam, dan salah satu yang sedang hits adalah atau biasa disingkat sostel. Selain membeli, ternyata Anda pun bisa membuat sostel sendiri. Syaratnya, Anda memiliki mesin sostel listrik yang kini dijual dengan berkisar ratusan ribu rupiah.

Pembuatan sosis telur dengan mesin (youtube: Fery Pratondo)

sosis telur dengan mesin (youtube: Fery Pratondo)

Dilansir dari Wikipedia, sosis adalah suatu makanan yang terbuat dari daging cincang, lemak hewan, ternak dan rempah, serta bahan-bahan lain. Sosis umumnya dibungkus dalam suatu pembungkus yang secara tradisional menggunakan usus hewan, tetapi sekarang seringkali menggunakan bahan sintetis, serta diawetkan dengan suatu cara, misalnya dengan pengasapan.

Kata sosis sendiri konon berasal dari bahasa Latin “Salsus”, yang berarti diasinkan atau diawetkan. Menurut catatan sejarah, yaitu dokumen Yunani yang ditulis sekitar tahun 500 SM, sosis pertama kali dibuat oleh orang Sumaria (sekarang Irak) sekitar tahun 300 SM. Saat itu, masyarakat Sumaria akan menghadapi musim paceklik, lalu muncul ide bagaimana caranya agar makanan yang berlebih masih awet dan bisa dimakan dalam keadaan baik. Alhasil, mereka pun menciptakan makanan siap saji dari daging yang dibumbui garam dan dimasukkan dalam selongsong dari usus hewan.

Di banyak negara, sosis dikembangkan dengan ciri khasnya masing-masing, dengan menggunakan bumbu lokal dan dimasak sebagai masakan tradisional. Bahkan, beberapa olahan sosis dinamai dengan nama kota tempat sosis itu berasal, seperti sosis Bologna yang berasal dari salah kota di Italia sebelah utara, sosis Lyon berasal dari Lyon, Perancis, serta sosis Berkshire, Wiltshire, dan Lincolnshire di Inggris.

Berdasarkan tingkat kehalusan, sosis dapat dibedakan menjadi dua , yakni sosis kasar dan sosis emulsi. Pengolahan sosis kasar cukup sederhana, dengan menggiling daging hingga halus, lalu dicampur dengan lemak sampai merata. Sementara, tahap pengolahan sosis emulsi lebih kompleks, mencakup pencampuran, pencacahan, dan emulsi.

Pembagian sosis juga bisa dibedakan berdasarkan proses pengolahannya. Sosis ini dapat dibagi menjadi sosis mentah (fresh sausage) atau sosis yang diolah tanpa pemanasan, sosis yang direbus dan diasap (cooking boiling & smoking), sosis yang direbus tanpa diasap (seperti beer salami, liver sausage), dan sosis kering atau semi-kering (misalnya dry salami).

Untuk bisa membuat sosis, bahan-bahan yang perlu disiapkan antara lain:

  • Daging ternak, misalnya ayam, sapi, atau kambing.
  • Lemak, yang berguna untuk membentuk sosis yang kompak dan empuk serta memperbaiki rasa dan aroma sosis. Penambahan lemak maksimal 30 persen dari berat daging untuk mempertahankan tekstur selama proses pengolahan.
  • Bahan pengikat dan pengisi, yang dibedakan berdasarkan protein yang dikandung. Bahan pengikat mengandung protein yang tinggi, sedangkan bahan pengisi umumnya mengandung karbohidrat. Yang umum digunakan adalah tepung terigu, tepung beras, tepung tapioka, tepung , tepung ubi, tepung kentang, tepung roti, dan susu skim.
  • Air yang ditambahkan, berupa es berbentuk serpihan atau cube, untuk menjaga suhu adonan selama proses pencampuran tetap rendah (0 derajat C). Selain berfungsi sebagai fase dispersi dalam emulsi daging, air juga berperan untuk melarutkan protein sarkoplasma dan garam.
  • Garam, berfungsi memberikan citarasa, mengawetkan, dan melarutkan protein. Garam berpengaruh terhadap pengembangan volume dan daya ikat air dari daging. Garam alkali polifosfat berfungsi untuk mempertahankan warna, mengurangi penyusutan saat proses cooking/pemasakan dan penstabil emulsi.
  • Bumbu, bahan tambahan lain seperti gula, nitrit, dan rempah-rempah.

Resep Sosis Telur

Sajian sosis telur (sumber: Tribunnews.com)

Sajian sosis telur (sumber: Tribunnews.com)

Selain disantap biasa, sosis juga sudah sering diolah menjadi menu yang berbeda. Nah, salah satu olahan sosis yang sedang hits di media sosial adalah sosis telur. Sering disingkat sostel, ini adalah menu yang terinspirasi dari telur gulung, terbuat dari sosis yang dibalut dengan telur, kemudian dimasak dengan peralatan khusus. Tampilan sostel mirip dengan es krim, dengan sosis yang ditusuk menggunakan tusukan kayu, kemudian dicelupkan ke dalam telur dan digoreng hingga matang.

Meski terinspirasi dari telur gulung, namun sosis telur memiliki kulit yang lebih tebal. Selain itu, proses pemasakan kudapan ini juga berbeda. Jika telur gulung dapat dimasak menggunakan wajan biasa, maka sosis telur harus dimasak di sebuah alat khusus yang berbentuk silinder, sehingga ukuran hidangan ini lebih besar bila dibandingkan dengan telur gulung.

Untuk membuat sosis telur, bahan-bahan yang disiapkan sangat simpel. Anda cukup menyediakan 3 butir telur ayam, 6 buah sosis, 1 batang daun bawang yang dicincang hingga halus, garam secukupnya, lada bubuk secukupnya, penyedap rasa secukupnya, dan 6 buah plastik es lilin. Nah, setelah bahan tersedia, langkah untuk membuat sosis telur ini adalah:

  • Kocok telur hingga rata, tambahkan garam, lada, dan penyedap rasa sesuai selera. Sisihkan.
  • Masukkan sosis ke dalam plastik es lilin, lalu tambahkan daun bawang yang sudah dicincang. Masukkan telur yang sudah dikocok ke dalam plastik hingga merendam seluruh permukaan sosis. Ikat ujung plastik.
  • Rebus campuran telur dan sosis hingga mengapung atau kukus hingga matang, lalu angkat. Setelahnya, rendam di dalam air dingin.
  • Panaskan minyak di atas wajan, lalu keluarkan sosis telur dari dalam plastik. Goreng dengan api sedang sampai kecokelatan, kemudian tiriskan.
  • Potong ujung sosis yang sudah digoreng agar lebih cantik. 
  • Tusuk sosis dengan tusukan kayu atau sajikan langsung di atas piring. Santap bersama saus sambal atau mayonaise. 

Nah, seperti diutarakan di atas, membuat sosis telur ini perlu menggunakan sebuah alat khusus. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena alat yang bersangkutan sudah dijual bebas di pasaran. Anda bisa membelinya di berbagai toko peralatan rumah tangga atau situs jual beli online. Berikut kami sajikan informasi harga mesin sosis telur bertenaga listrik.

Harga Mesin Sosis Telur Listrik

Mesin sosis telur isi 12 (sumber: Tokopedia)

Mesin sosis telur isi 12 (sumber: Tokopedia)

Merk/Tipe MesinHarga
YUNDAI Egg Roll Maker RM-01Rp98.000
Q2 Mesin Sosis TelurRp140.000
MAKSINDO Egg Roll 1 lubangRp184.500
TON Egg Roll ET-DC02 2 lubangRp250.750
GOTO Egg Roll 4 lubangRp538.000 – Rp550.000
GRILLO Mesin Sosis Telur 4 lubangRp661.500
WILLMAN Egg Roll ET-EC10 10 bulangRp1.150.000
JQ1001 Sosis Telur 10 lubangRp1.250.000
Maestro Mesin Sosis Telur 10 lubangRp1.300.000
MAKSINDO Mesin Sosis Telur 10 lubangRp1.365.000
MAKSINDO Egg Roll 10 lubang 4-in-1Rp2.093.000
GRILLO Egg Roll 10 lubang Rp2.800.000

Harga mesin sosis telur bertenaga listrik di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko alat elektronik dan situs jual beli online. Banderol mesin sosis telur listrik tersebut tidak mengikat dan dapat berbeda-beda di masing-masing tempat. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa datang langsung ke toko elektronik terdekat di kota Anda. 

Baca juga  Info Komposisi dan Harga Kecap Bango Semua Varian
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Mesin Sosis Telur Listrik (1 Lubang, 2 Lubang, 4 Lubang, 10 Lubang)"