Info Terkini Harga Mesin Setrika Otomatis di Indonesia

Menyetrika bagi sebagian orang merupakan salah satu pekerjaan yang melelahkan dan membosankan, karena cukup menguras tenaga. Nah, bagi mereka yang malas menyetrika pakaian, saat ini sudah tersedia beberapa mesin yang dikatakan bisa melakukan pekerjaan menyetrika secara otomatis. Karena tergolong canggih, harga mesin setrika otomatis ini memang bisa membuat kantong Anda menipis.

Penggunaan mesin setrika otomatis (sumber: usatoday.com)
Penggunaan mesin setrika otomatis (sumber: usatoday.com)

Dilansir dari Wikipedia, menyetrika bisa dikatakan sebagai cara menghilangkan kerutan dari pakaian dengan sebuah alat yang dipanaskan. Nah, alat yang biasanya digunakan untuk melakukan pekerjaan ini disebut dengan setrika. Biasanya, pakaian yang baru dicuci dan dijemur, akan disetrika agar terlihat kembali mulus. Hal ini terjadi karena ketika molekul-molekul polimer dalam serat pakaian dipanaskan, serat-serat tersebut diluruskan karena dari setrika. Setelah dingin, pakaian mempertahankan bentuk lurus ini. 

Bacaan Lainnya

Setrika kuno dibuat dari besi yang diisi dengan arang yang membara. Biasanya, setrika model lawas ini terbuat seutuhnya dari bahan besi sehingga cukup berat. Sementara, untuk saat ini, kebanyakan setrika dibuat dari bahan aluminium dan baja tahan karat, dengan sumber panas yang berasal dari listrik. Di dalam setrika modern, juga terdapat thermostat untuk mengendalikan suhu, selain beberapa di antaranya juga dapat mengubah air menjadi air untuk membasahi setrika.

Keunggulan lainnya setrika listrik dibandingkan setrika dengan arang adalah banyak di antaranya yang memiliki daya kecil sehingga mampu menghemat penggunaan listrik. Setrika listrik juga ditawarkan dengan harga relatif lebih murah daripada setrika listrik atau setrika uap gas. Di samping itu, setrika listrik memiliki komponen yang jika mudah dicarikan penggantinya, mudah dalam hal perawatan, cocok untuk pemakaian rumahan maupun bisnis laundry, hingga punya beragam desain dan ukuran.

Baca juga  Info Terkini Kisaran Biaya Bangun dan Harga Rumah Type 45

Meski sudah dibekali dengan beragam keunggulan, namun masih banyak yang malas menyetrika menggunakan setrika listrik, karena pekerjaan ini terbilang cukup melelahkan, apalagi jika jumlah cucian sangat banyak. Nah, untuk memfasilitasi masalah ini, sekarang banyak perusahaan yang meluncurkan produk setrika otomatis.

Sesuai namanya, mesin setrika otomatis mampu merapikan setelah dijemur menjadi mulus dan rapi secara otomatis. Bahkan, ada beberapa mesin setrika yang tidak hanya mampu melakukan pekerjaan menyetrika, melainkan juga melipat baju. Hal tersebut tentunya sangat berguna bagi mereka yang memiliki jadwal yang cukup padat.

Jika Anda ingin mengetahui keunggulan mesin setrika otomatis ini, daftarnya bakal sangat panjang. Namun, secara umum, beberapa poin berikut sudah cukup memberikan sedikit gambaran tentang keuntungan yang bisa Anda peroleh ketika menggunakan mesin setrika listrik otomatis, seperti yang kami rangkum dari berbagai sumber.

Kelebihan Mesin Setrika Otomatis

  • Dibandingkan dengan jenis setrika listrik biasa, teknologi bimetal pada setrika otomatis akan menjaga suhu setrikaan agar tidak terlalu tinggi.
  • Suhu setrikaan yang ketika sudah mencapai suhu maksimal, akan secara otomatis diturunkan, merupakan salah satu cara merawat setrika agar lebih awet karena setrika tidak akan kepanasan sehingga tidak cepat rusak.
  • Dengan adanya tombol pengatur suhu, Anda dapat mengatur suhu setrikaan sesuai dengan kebutuhan Anda ketika harus menyetrika pakaian yang terbuat dari bahan tertentu yang membutuhkan suhu tertentu agar tidak merusak bahan pakaian.
  • Jika pengatur suhu setrika rusak, cara mengatasinya pun tidak terlalu sulit bahkan Anda bisa memperbaikinya sendiri di rumah.
Baca juga  Info Terbaru Daftar Harga Menu Flip Burger

Lalu, jika sebuah mesin setrika otomatis memiliki desain yang bisa dilipat, apa saja keunggulannya? 

Mesin setrika otomatis lipat (sumber: digital trends)
Mesin setrika otomatis lipat (sumber: digital trends)

Keunggulan Mesin Setrika Otomatis Lipat

  • Bisa digunakan saat traveling. Jika Anda bepergian untuk sekadar jalan-jalan, maka Anda bisa memilih jenis pakaian yang tidak mudah kusut untuk dibawa. Tetapi, ketika Anda harus bepergian karena urusan pekerjaan, tentunya kemeja, celana kerja ataupun jas kerja adalah kebutuhan wajib yang harus dibawa. Sayangnya, jenis-jenis pakaian tersebut sangat mudah kusut, dan setrika lipat bisa menjadi solusi sebagai setrika untuk traveling. Anda pun bisa menyetrika di kamar hotel dan karena bisa dilipat, setrikaan yang Anda bawa tidak akan membebani bagasi Anda.
  • Memiliki daya yang kecil. Biasanya setrika lipat didesain dengan ukuran yang relatif lebih kecil dari setrika pada umumnya. Biasanya juga, setrika berukuran lebih kecil juga membutuhkan daya atau Watt yang relatif lebih kecil. Karena itu, setrika jenis ini sangat cocok digunakan oleh remaja putri yang tinggal di kamar kos dan hanya mendapat jatah listrik dengan daya terbatas di setiap kamar.
  • Tidak memakan banyak tempat. Menyimpan setrika yang bisa dilipat juga dapat menghemat banyak tempat. Hanya dengan melipat alat ini, Anda dapat menyimpannya di lemari atau rak dengan rapi. Tidak seperti setrika pada umumnya yang berukuran cukup besar sehingga kadang suka merusak pemandangan rumah Anda yang rapi jika tidak disimpan dengan baik.

Saat ini, ada beragam merek setrika otomatis yang telah dijual di pasaran. FoldiMate misalnya, dilengkapi dengan mesin steam yang bisa menghilangkan kusut pada pakaian dan bahkan melipat pakaian. Mesin yang dihasilkan oleh salah satu perusahaan startup asal San Francisco, AS ini diklaim hanya membutuhkan waktu 20-30 detik untuk menyetrika pakaian dan 10 detik untuk melipat setiap helai pakaian.

Baca juga  Update Harga Soda Api Bubuk dan Cair

Merek lainnya adalah Effie, yang bekerja dengan cara menekan pakaian dengan teknik khusus sehingga kerutan dapat dihilangkan. Mesin ini juga dilengkapi dengan fitur air, dengan air yang bisa diisi ulang melalui wadah di bagian bawah. Dalam sekali masukan, Effie diklaim bisa menghaluskan 12 pakaian dalam hitungan menit, hanya dengan menekan tombol untuk memulai pengerjaan.

Pada 2019, tercatat setrika otomatis merk Singer ESP 2 dibanderol mulai harga Rp3.250.000 – Rp7.110.000, FoldiMate seharga Rp10.000.000 – Rp13.500.000, dan Effie seharga Rp13.240.000.000. Memasuki 2020, ketiga produk tersebut mengalami perubahan harga, untuk Singer ESP 2 menjadi Rp3.803.000 – Rp5.297.500, FoldiMate seharga Rp1.500.000 – Rp2.799.000, dan Effie seharga Rp13.240.000. Berikut kami sajikan info perbandingan harga setrika otomatis berbagai merek antara tahun 2020 dan di pasaran.

Harga Setrika Otomatis

Merk Setrika Otomatis Harga Sebelumnya Harga Sekarang
Setrika Tanpa Kabel Philips GC1418 Rp600.000 – Rp1.000.000 Rp600.000 – Rp1.000.000
FoldiMate Rp1.500.000 – Rp2.799.000 Rp1.500.000 – Rp2.799.000
Cordless Iron Panasonic Ni-Wl41 Rp1.600.000 Rp1.665.000
Singer ESP 2 Rp3.803.000 – Rp5.297.500 Rp8.100.000 – Rp11.668.700
Effie Rp13.240.000 Rp13.064.200

Daftar harga mesin setrika otomatis di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah situs jual beli online. Dibandingkan tahun sebelumnya, harga mesin tersebut memang mengalami kenaikan yang cukup drastis. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lengkap, bisa datang ke perabotan rumah tangga terdekat.

[Update: Ditta]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.