Harga Mesin Roasting Kopi 5 Kg (Berbagai Merk)

Sebelum sampai ke tangan konsumen, ternyata untuk menghasilkan segelas kopi yang nikmat membutuhkan sejumlah tahapan, salah satunya roasting. Ini adalah proses memasak kopi agar mencapai cita rasa yang diinginkan. Untuk melakukan tahapan ini, diperlukan sebuah mesin khusus roasting. Hadir dalam berbagai ukuran, mulai 100 gr hingga 5 kg, harga mesin roasting kopi memang dapat dikatakan mahal, bisa mencapai angka puluhan juta rupiah.

Mesin roasting kopi (sumber: ebenica.com)
Mesin roasting kopi (sumber: ebenica.com)

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan kopi. Sekarang, kopi dapat dikatakan sebagai minuman sejuta umat, dinikmati mulai orang tua, dewasa, hingga remaja. Tidak cuma untuk melepas dahaga, minum kopi juga dilakukan untuk menemani aktivitas kehidupan banyak orang, termasuk rapat, pertemuan bisnis, reuni, kencan, dan lain-lain.[1] Seiring waktu, minum kopi telah menjadi gaya hidup, tidak terbatas tuntutan selera.[2]

Bacaan Lainnya

Apa Itu Roasting Kopi?

Untuk menghasilkan cita rasa kopi yang nikmat, ternyata tidak cuma dipengaruhi mutu biji kopi (green bean), tetapi juga proses pengolahannya, termasuk roasting atau sangrai. Proses sangrai satu jenis kopi dengan jenis lainnya menghasilkan cita rasa yang berbeda dan khas. Akibat proses roasting tersebut, akan terbentuk senyawa polimer seperti melanoidin yang dikatakan memiliki sifat antioksidan yang kuat.[3]

Lalu, apa itu proses roasting kopi? Pada dasarnya, roasting adalah proses memasak kopi untuk mengeluarkan air dari biji kopi, mengeringkan dan mengembangkan bijinya, serta mengurangi beratnya untuk memberikan aroma pada kopi tersebut. Seperti namanya, proses roasting kopi ini membutuhkan khusus yang dinamakan roaster.

Dilansir dari situs Nescafe, dalam proses roasting kopi, biji kopi yang awalnya berwarna hijau, perlahan akan berubah menjadi kuning. Setelah kuning, warna biji kopi tersebut menjadi kecokelatan, kemudian menjadi cokelat muda, cokelat tua, cokelat kehitaman, sampai menjadi hitam. Jadi, warna biji kopi bisa dibilang menentukan berapa lama kopi tersebut telah di-roasting.

Masih menurut referensi yang sama, setidaknya ada tiga tingkatan roasting. Light roast merupakan tingkat kematangan terendah dalam proses roasting kopi. Biji kopi ini biasanya tidak menghasilkan minyak, tetapi menghasilkan cita rasa asam dengan kafein yang tinggi. Light roast ini biasanya cocok untuk pencinta kopi dengan hint khas earthy dan buttery.

Tingkatan kedua adalah medium roast, biasanya menghasilkan minyak dengan cita rasa sedikit manis dengan aroma asap yang tajam. Pada ini, suhu biji kopi sekitar 210-220 derajat Celcius, sudah selesai first crack tetapi belum mengalami second crack. Jika light roast mengandung tingkat kafein tinggi, medium roast ini menghasilkan kafein lebih rendah dengan aroma, tingkat keasaman, dan cita rasa yang seimbang.

Terakhir adalah dark roast. Tingkat paling matang ini justru tidak begitu diminati oleh para pencinta kopi. Pasalnya, pada hasil kopi dark roast, biasanya biji kopi mengeluarkan minyak dan juga rasanya cenderung pahit, menghilangkan cita rasa lain dari kopi tersebut. Namun, untuk mereka yang memang suka kopi-kopi pahit, maka tingkatan ini dapat dipilih.

Terlepas dari tingkatan roasting, tentu saja diperlukan khusus untuk melakukan proses tersebut. Sering disebut coffee roaster, mesin ini berguna untuk menyangrai kopi sehingga biji kopi terpisah dari kulitnya. Selain itu, mesin ini juga akan menggiling biji kopi menjadi bubuk kopi yang dan siap untuk dipasarkan guna dinikmati pencinta kopi.

Mesin roasting kopi (sumber: coffeeroastco.com)

Di pasaran, sudah ada banyak perusahaan yang meluncurkan mesin roasting kopi. Diklaim dapat membuat kematangan kopi merata serta menghasilkan bubuk kopi dengan serbuk halus, mesin roasting kopi hadir dalam berbagai kapasitas. Apabila Anda kebetulan mencari mesin roasting kopi berkapasitas 5 kg, berikut informasi harga terbarunya di pasaran.

Harga Mesin Roasting Kopi 5 Kg

Merk/Tipe Mesin Roasting Kopi Harga
Jaya Mesin Industri Rosko PH 5 kg Rp25.000.000
NOR Coffee N5000i Rp65.000.000
NOR Coffee A5000i Rp90.000.000
NOR Coffee A5 Prime Rp180.000.000

Informasi harga mesin roasting kopi kapasitas 5 kg di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs merk yang bersangkutan. Selain produk-produk tersebut, tersedia pula mesin roasting kopi 5 kg tanpa merk atau no-brand yang dijual dengan harga lebih terjangkau, mulai Rp7 juta hingga Rp18 jutaan, tergantung spesifikasi mesin. Perlu Anda catat bahwa harga coffee roaster tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

[1] Suisa, Kelvianto dan Veronica Febrilia. 2014. Gaya Hidup Minum Kopi Konsumen di The Coffee Bean & Tea Leaf Plasa Tunjungan Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa Universitas Petra, Vol. 2(2): 326-343.

[2] Solikatun, Drajat Tri Kartono, Argyo Demartoto. 2014. Perilaku Konsumsi Kopi Sebagai Budaya Masyarakat Konsumsi: Studi Fenomenologi pada Peminum Kopi di Kedai Kopi Kota Semarang. Jurnal Analisa Sosiologi Program Studi Sosiologi PPS Universitas Sebelas Maret, Vol. 4(1): 60-74.

[3] Fadri, Rince Alfa, dkk. 2019. Review Proses Penyangraian Kopi dan Terbentuknya Akrilamida yang Berhubungan dengan Kesehatan. Journal of Applied Agricultural Science and Technology, Vol. 3(1): 129-145.

Pos terkait